Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Kamis, 17 September 2020

Cara Beternak Sapi Perah

 

Cara beternak sapi perah - Sapi perah semakin diminati di beberapa event seperti saat iedul adha contohnya. Harga sapi perah bisa menaik drastis di banding hari – hari biasanya. Budidaya sapi perah menjadi primadona terutama ternak sapi perah modern. Banyak keuntungan dalam budidaya sapi perah sehingga usaha ternak ini bisa dikatakan sangat potensial untuk mendatangkan banyak keuntungan. Apakah anda tertarik beternak sapi perah? Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara beternak sapi perah.

Selektif bakalan sapi perah

Dalam memilih dan memilah bibit sapi perah, upayakan untuk mencari sapi yang sehuat, tidak cacat, kulit mulus, dan bebas parasit. Usahakan anda mengetahui riwayat bibit sapi perah anda, lengkap dengan silsilahnya. Sapi sehat setidaknya memiliki mata bening cerah dan tidak terdapat kotoran di bagian mata. Umumnya memiliki kuku-kuku bagus, bentuknya sempurna, dan tidak memiliki tanda-tanda berair di sekitar duburnya.

 

ternak sapi perah

Penentuan lokasi kandang

Dalam membuat kandang, kandang dapat dibuat dalam bentuk ganda atau tunggal, tergantung dari jumlah sapi yang dimiliki. Pada kandang tipe tunggal, penempatan sapi dilakukan pada satu baris atau satu jajaran, sementara kandang yang bertipe ganda penempatannya dilakukan pada dua jajaran yang saling berhadapan atau saling bertolak belakang. Diantara kedua jajaran tersebut biasanya dibuat jalur untuk jalan. Agar ternak anda dapat berkembangbiak secara optimal, anda perlu membuat lokasi kandang se – strategis mungkin seperti halnya kandang berada dekat dengan sumber air atau sumur, terdapat gudang makanan atau rumput atau hijauan dan berada jauh dari daerah hunian masyarakat.

Mengawinkan sapi perah

Umumnya birahi pada sapi betina relatif pendek, kisaran 16-19 jam dan dapat diperkirakan akan birahi lagi setelah sekira – kiranya sebulan. Jadi, apabila anda sebagai peternak tidak segera mengetahui masa birahi ternak anda, maka resikonya anda harus menunggu masa birahi selanjutnya. Ciri – ciri birahi sapi betina dapat dilihat melalui nafsu makan yang semakin menurun, tampak gelisah, sering melengguh dan mendekati sapi jantan, sering menaiki sapi lain begitupun saat dinaiki sapi pejantan tidak memberontak dan vulvanya tampak merah dan mengeluarkan cairan.

Pemberian pakan sapi perah

Pemberian pakan pada sapi perah dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu sistem penggembalaan, sistem perkandangan atau intensif dan sistem kombinasi keduanya. Pemberian jumlah pakan berdasarkan periode sapi seperti anak sapi sampai sapi dara, periode bunting, periode kering kandang dan laktasi. Anda dapat memperhatikan klasifikasi pembagian dalam pemberian makan, pada anak sapi pemberian konsentrat lebih tinggi daripada rumput. Pakan berupa rumput bagi sapi dewasa umumnya diberikan sebanyak 10% dari bobot badan (BB) dan pakan tambahan sebanyak 1-2% dari BB. Sapi yang sedang menyusui (laktasi) memerlukan makanan tambahan sebesar 25% hijauan dan konsentrat dalam ransumnya. Hijauan yang berupa rumput segar sebaiknya ditambah dengan jenis kacang-kacangan.

Efektivitas ternak sapi perah

Dalam hal beternak, anda juga perlu melakukan inovasi seperti perubahan desain kandang yang dilakukan meliputi penurunan tempat pakan, membuat instalasi air minum sehingga ternak memperoleh pasokan minum tak terbatas, hingga menambah ventilasi dari sebelumnya tertutup hal ini bertujuan agar kandang yang dibuat bermanfaat dan efektif. Selain itu, anda juga perlu menerapkan keseimbangan pakan dengan memberikan konsentrat, jerami, dan hijauan.

Semoga artikel siapabisnis.com ini dapat bermanfaat bagi anda, selamat mencoba dan semoga sukses.

This Is The Newest Post

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon