Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Senin, 13 Juli 2020

Cara Beternak Lele


Siapabisnis.com - Cara Beternak Lele - Usaha beternak lele sangatlah menjanjikan. Jumlah konsumen ikan lele dengan berbagai jenis bakaran, gorengan, hingga kremes tidak sedikit jumlahnya. Lele sudah menjadi makanan yang paling umum dan menjadi usaha menjanjikan baik sebagai peternak lele maupun penyedia aneka jajanan khas ikan lele. Ikan lele merupakan ikan yang susah – susah gampang di dalam perawatannya. Dalam hal beternak apapun, anda sebagai calon peternak harus memiliki cukup wawasan dan kesabaran dalam merintis usaha ternak lele. Apakah anda berminat merintis usaha ternak lele? Baiklah, saya akan coba tuliskan beberapa tips agar anda dapat beternak lele dengan baik dan usaha anda dapat berjalan dengan lancar. 


cara beternak lele

Mencari bibit
Anda harus selektif di awal dalam memastikan bibit unggul bagi ternak anda. Ikan lele adalah salah satu ternak yang cukup bisa di andalkan karena agak sedikit mudah dalam menumbuh kembangkannya, namun semua itu tergantung pada pemilihan bibit yang anda lakukan saat awal.

Menentukan lokasi kolam
Kolam lele adalah nyawa dari usaha anda sehingga anda di tuntut kreatif dalam menentukan lokasi kolam. Dalam penentuan lokasi sebenarnya tidak terlalu sulit, tergantung pada anda sebagai peternak. Usahakan juga kolam agar mendapatkan sedikit sinar matahari dan tidak dekat dengan lokasi industri karena akan membahayakan bagi ternak lele anda.

Persiapan menebar benih
Setelah membuat kolam , anda perlu mempersiapkan kondisi kolam agar dapat menampung benih – benih lele. Anda bisa mengisi air kolam kurang lebih 60 cm dan memberikan pupuk kandang. Anda bisa gunakan karung yang berisi kotoran kambing sebagai pupuk kandang. Letakan karung selama kurang lebih seminggu, dan setelah karung berisi pupuk kandang sudah di angkat, maka benih ikan lele sudah siap di sebar.

Pakan ikan lele
Pakan ikan lele sudah banyak di temui di pasaran dan harganya juga yang cukup terjangkau. Anda tinggal selektif dalam memilih dan memilah pakan lele anda. Usahakan diberi kosentrat dan asupan vitamin agar pertumbuhan lele bisa dengan cepat terlihat.

Suhu kolam
Ikan lele merupakan ternak yang bisa di bilang tidak begitu rewel sehingga mampu hidup dalam kondisi apapun. Tapi anda sebagai peternak sebaiknya dapat memperkirakan kondisi suhu kolam yang anda buat sehingga ternak lele tidak gagal. Umumnya lele dapat hidup dan berkembang biak dengan baik di suhu 26 hingga 32 derajat celcius. Hal itu perlu dipertimbangkan karena jika kolam berada dalam suhu yang lebih rendah dari itu akan mengakibatkan proses pencernaan makan lele akan terganggu. Bahkan sebaliknya, jika dalam kondisi hangat maka akan membantu lele dalam mencerna makanan dalam tubuh sehingga perkembangan nya optimal.

Panen ikan lele
Dalam hal budidaya ikan lele, pertumbuhan nya dapat anda saksikan skitar 2 – 3 bulan sehingga sudah cukup umur untuk panen. Saat tiba waktu panen , takaran ikan lele 1 kg sudah berjumlah 7 – 8 ekor. Gunakanlah bahan untuk memanen yang licin agar tidak membuat tubuh lele lecet dan luka. Untuk cara memanen, anda perlu menyurutkan air kolam terlebih dahulu , lalu kemudian anda dapat menggunakan serokan untuk menangkap semua ternak dan setelah itu anda dapat masukkan ikan lele ke dalam wadah berbahan plastik. Anda juga dapat menggunakan jaring apabila air di kolam terlalu banyak untuk di surutkan.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon