Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Selasa, 25 Februari 2020

Cara Beternak Bebek


Cara Beternak Bebek - Beternak bebek menjadi pilihan yang tepat menurut saya. Selain omzet yang potensial, ternak bebek juga gak susah – susah banget kok, asalkan peternak sudah cukup wawasan dan sabar dalam merintis usaha ternak bebek. Masakan bebek sudah menjadi primadona di lidah orang – orang Indonesia. Bebek goreng, bebek bakar dan berbagai macam jenis masakan bebek akan selalu di cari oleh para penggemarnya jadi sudah pasti bebek akan selalu di cari dan diminati. Berbicara seputar kebutuhan, ada berbagai macam bebek dan jenis usaha yang bisa anda geluti, seperti halnya cara beternak bebek petelur, cara beternak bebek pedaging, cara beternak bebek peking, cara beternak bebek ras, cara ternak bebek petelur kering hingga cara ternak bebek petelur modern. Bagaimana cara beternak bebek secara umum? Yup, kali ini saya akan coba jeaskan mengenai cara beternak bebek yang baik dan benar.


Cara Beternak Bebek

1.Selektif memilih bibit

Bagi anda yang berminat merintis usaha bebek petelur, sebaiknya anda melakukan seleksi awal untuk menentukan bibit ternak bebek petelur. Anda dapat membeli telur tetas dari induk itik yang dijamin keunggulannya. Selain itu anda juga dapat memelihara induk itik yaitu pejantan dan betina unggul untuk mendapatkan telur tetas kemudian meletakannya pada mentok, ayam atau mesin tetas. Anda juga bisa membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yang sudah dikenal mutunya maupun yang telah mendapat rekomendasi dari Dinas Peternakan setempat. Dengan memilih bibit secara selektif, diperkirakan usaha anda akan dapat berkembang dengan baik.

2. Lokasi yang tepat

Dalam merintis usaha bebek, jangan lupakan pemilihan lokasi kandang. Usahakan lokasi kandang jauh dari pemukiman agar bebek tidak bising kendaraan. Selain itu, bertujuan agar penduduk setempat tidak terganggu dengan aktivitas bebek – bebek anda. 

3. Pakan yang baik

Berikan pakan bebek dengan dedak, jagung, padi, bungkil, dan kedelai. Anda juga dapat membuat sendiri dedak agar dapat menghemat pengeluaran. Klasifikasikan pakan bebek saat berumur 1 – 2 minggu 60 gram/ ekor/ hari, maupun setelah bebek berumur 10 minggu 100 – 150 gram/ hari/ ekor. Hal ini dilakukan agar bebek anda tumbuh secara baik dan optimal serta terjamin perkembangbiakannya.

4. Suhu kandang

Saat membuat kandang, anda perlu mengatur suhunya. Biasanya bebek petelur dapat berkembang biak secara baik di suhu sekitar 39o celcius.

5. Bahan Baku kandang

Untuk membuat kandang, anda dapat membuatnya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Material yang di butuhkan umumnya seperti kayu, kawat, besi. Semakin baik kandang yang anda buat maka akan semakin memberikan kenyamanan bagi bebek anda.

6. Antisipasi penyakit

Pada saat itik atau bebek sakit, biasanya akan menampakkan ciri-ciri seperti nafus makan hilang, tidak bersuara, gerakannya lamban atau pasif. Berikut ini beberapa penyakit yang mungkin saja bisa muncul dan penanganan yang bisa anda lakukan.

7. Panen ternak


Setelah proses itik betina dibuahi maka itik akan bertelur. Itik bisa bertelur 200-250 butir pertahun. Waktu memanen yang tepata adalah pada pukul 06.00 – 07.00. Wadah telur berupa keranjang atau wadah lain yang cekung. Hendaknya telur segera dipasarkan. Unuk meningkatkan nilai tambah, telur bisa diasinkan terlebih dahulu untuk dijual sebagai telur asin. Telur tidak boleh disimpan lebih dari lima hari.

- Telur bisa dijual /dikonsumsi
- Kotoran bisa menjadi pupuk kandag
- Bulu bebek bisa jadi kerajinan tangan

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon