SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Minggu, 04 Agustus 2019

Cara Beternak Ayam Petelur


Cara Beternak Ayam Petelur- Mungkin banyak yang bertanya bagaimana cara membuat kandang ayam petelur, harga ayam petelur siap telur, cara beternak ayam petelur bagi pemula, bibit ayam petelur, analisa usaha ayam petelur, ternak ayam petelur rumahan, pakan ayam petelur, modal ternak ayam petelur. Yup, anda hanya perlu sabar menunggu,karena pada tulisan saya kali ini, saya akan coba menjelaskan mengenai cara beternak ayam petelur. Untuk hal lebih jelasnya akan saya paparkan di bawah ini.

Pemilihan Lokasi Ternak
Dalam pemilihan lokasi kandang, anda perlu upayakan dalam pemilihan lokasi agar jauh dari pemukiman warga. Selain karena baunya yang menyengat, alasan lain mengapa harus memilih lokasi kandang yang jauh dari permukiman warga adalah karena karakteristik ayam petelur yang mudah sekali stress. Pada umumnya, ayam petelur sangat sensitif dengan suara keributan.

Cara Beternak Ayam Petelur

Persiapan pembuatan kandang
Kandang yang digunakan untuk beternak ayam petelur disiapkan terlebih dahulu. Kandang dibuat jauh dari pemukiman dan mudah dijangkau kendaraan. Ada 2 bentuk kandang yang biasanya digunakan untuk beternak ayam petelur yaitu kandang koloni, yaitu kandang yang dibuat sangat besar sehingga dalam satu kandang terdiri dari ribuan ekor ayam petelur dan kandang individual atau batere, yaitu kandang yang diisi oleh satu ekor ayam saja, biasanya kandang ini memiliki bentuk persegi. Kandang ini  banyak digunakan peternakan ayam petelur secara komersial.

Pembuatan kandang ayam
Membuat konsep desain kandang ayam, sebaiknya anda membuat kandang berbentuk panggung dengan tujuan agar mempermudah saat pemanenan atau pengambilan telur agar telurnya gak akan tercecer kemana - mana. Kandang batere dibuat dengan lantai yang melandai dengan sedikit kemiringan kearah depan dan berujung pada bagian depan (luar) kandang. Ini membuat telur ayam akan menggelinding dan berkumpul di depan dan memudahkan pemilik untuk memungutnya.

Perawatan ayam petelur
Agar ayam tidak terserang penyakit, maka anda harus secara rutin melakukan pembersihan kandang dengan melakukan vaksinasi dan juga menyuntikan antibiotik kepada ternak anda agar kekebalan tubuh ayam lebih kuat. Apabila sudah ada ayam yang terserang penyakit, pisahkan dari kawanan agar tidak segera menyebar.

Pakan yang bergizi
Pilihan pakan untuk ternak ayam petelur di antaranya adalah sentrat, jagung yang sudah digiling, atau tepung ikan. Variasi pakan perlu dilakukan agar nutrisi yang dibuthukan ayam petelur bisa terpenuhi semuanya.

Untuk pemberian pakannya, setiap harinya ayam petelur harus diberikan makanan dengan intensitas tiga kali sehari. Selain pakan, jangan lupa untuk memberikan minum juga. Untuk masalah pakan ini, orang yang memutuskan ternak ayam petelur juga harus mengetahui porsi makan ayam yang pas. Pakan yang diberikan tidak boleh kurang atau berlebihan.

Panen ayam petelur (5-9 Minggu)
Pakan yang diberikan untuk ayam pada fase ini yaitu pakan yang memiliki kandungan gizi sebagai berikut: protein 18%-21%, serat kasar 4,5%, lemak 2,5%, kalsium 1%, energi 2900-3400 kcal dan phospos 0,7-0,9%. Berikut adalag takaran atau diosis pemberian pakan pada fase ini:

-Minggu kelima (30-36 hari) setiap hari diberi pakan sebanyak 111 gram/ekor.
-Minggu keenam (37-43 hari) setiap hari diberi pakan sebanyak 129 gram/ekor.
-Minggu ketujuh (44-50 hari) setiap hari diberi pakan sebanyak 146 gram/ekor.
-Minggu kedelapan (51-57 hari)setiap hari diberi pakan sebanyak 161 gram/ekor.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selamat mencoba dan semoga sukses.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon