SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Senin, 20 Mei 2019

Kekurangan dan Kelebihan Usaha Percetakan


Kekurangan dan Kelebihan Usaha Percetakan - Usaha percetakan terdiri dari berbagai macam percetakan, mulai dari percetakan undangan, percetakan buku, percetakan poster dan lain sebagainya. Usaha percetakan sudah sejak lama menjadi kebutuhan bagi masyarakat dunia demi memenuhi kebutuhan acara – acara maupun kegiatan – kegiatan. Dalam artikel ini saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai apa itu usaha percetakan? Yang akan saya jelaskan disini adalah plus minusnya atau kelebihan dan kekurangan membuka usaha percetakan. 


Kekurangan dan Kelebihan Usaha Percetakan

Kelebihan

1. Kebutuhan informasi cetak
Tempat percetakan menjadi sasaran utama bagi seseorang yang akan memberikan informasi dalam bentuk cetak. Informasi cetak dapat berupa undangan, brosur, hingga spanduk maupun baliho. Semua kebutuhan itu hanya bisa di wujudkan oleh usaha percetakan.

2. Lebih efisien
Usaha percetakan di buat untuk menyederhanakan pekerjaan rumah masyarakat yang serba manual. Menghemat waktu serta tenaga adalah tujuan utamanya mendirikan usaha percetakan. Dengan memanfaatkan efisiensi dari percetakan maka usaha percetakan akan selalu di cari dan di butuhkan.  

3. Dibutuhkan saat event – event atau acara tertentu
Percetakan akan semakin urgent atau penting juga akan di cari pada saat event – event tertentu maupun perayaan suatu kegiatan atau acara. Percetakan tidak akan sepi pengunjung karena sudah pasti sangat di butuhkan dalam hal – hal event atau acara tertentu. Media percetakan akan membuat informasi lebih efisien media informasi cetak tersampaikan kepada sasaran.

Kekurangan

1. Modal usaha besar
Dalam membangun usaha percetakan, selain ada kelebihan pasti juga ada kekurangan. Salah satu resiko jika anda ingin sukses dalam membuka usaha percetakan maka anda harus menyiapkan modal awal yang tidak sedikit. Peralatan cetak yang besar dan berat juga memberikan manfaat yang banyak bagi keberlangsungan usaha anda meskipun harus di bayar dengan harga yang mahal. Dalam hal ini anda hanya perlu mempersiapkan segalanya demi kelancaran usaha percetakan anda. Selengkap – lengkapnya fasilitas anda maka akan semakin memudahkan usaha anda untuk terus berkembang.

2. Kesulitan pasar di daerah tertentu
Meskipun banyak di butuhkan , kenyataannya di beberapa daerah bahkan percetakan bisa jadi sepi pelanggan. Sebaiknya anda perlu mempertimbangkan di mana lokasi yang strategis untuk membuka usaha percetakan. Di beberapa daerah terpencil tentunya tidak begitu membutuhkan percetakan terutama karena minimnya juga pendapatan per kapita masyarakatnya yang mungkin sangat mempengaruhi. 

3. Rawan kerusakan alat
Apabila anda bersinggungan dengan peralatan yang besar dan canggih, maka anda juga harus siap menanggung resikonya. Apabila mesin cetak terlalu terforsir kerjanya maka sangat rawan mengalami kerusakan. Kerusakan media cetak bahkan peralatan usaha lain dalam menjalankan bisnis memang sudah wajar sehingga anda harus siap menerima kekurangan tersebut dengan mengantisipasi dan menjaga sebaik mungkin peralatan usaha anda agar terhindar dari kerusakan.

4. Biaya perawatan alat mahal
Selain rawan kerusakan, anda juga perlu menjaga dan merawat peralatan cetak anda. Tentunya bukan hanya mendiamkan mesin cetak anda agar tidak terlalu lelah bekerja. Anda juga perlu melakukan kontrol dan servis peralatan usaha anda. Pastinya biaya servis dan pembersihan alat cetak anda tidak murah dan anda harus sudah mempersiapkan segala kebutuhannya sebelum anda memulai usaha percetakan. Ini bisa menjadi tantangan bagi keberlangsungan usaha anda tetapi juga menjadi pengalaman anda sendiri.

Demikian artikel mengenai kelebihan dan kekurangan usaha percetakan, selamat mencoba dan semoga sukses!

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon