SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Rabu, 13 Maret 2019

12 Ide Peluang Usaha Baru Yang Menjanjikan dan Sangat Menguntungkan


12 Ide Peluang Usaha Baru Yang Menjanjikan dan Sangat Menguntungkan – kali ini siapabisnis.com akan mengulas ide ide peluang usaha yang bisa anda coba. Mungkin saja dengan membaca artikel ini dapat menginspirasi anda untuk membuka bisnis yang cocok dan yang anda inginkan. Berikut ulasannya: 

1. Peluang Usaha Les Private
Saat ini masyarakat mulai sadar mengenai pentingnya pendidikan. Banyak sekali ibu-ibu yang menomer satukan pendidikan bagi anak-anaknya. Oleh karena itu usaha les private mempunyai prospek yang bagus dimanapun. Di kota maupun di desa, usaha ini pasti banyak dicari. Bagi anda yang mempunyai kemampuan di bidang pendidikan, usaha ini sangat cocok untuk dicoba. Selanjutnya akan dijelaskan mengenai peluang usaha les private.


Bergerak dibidang pendidikan, yang merupakan kebutuhan utama setiap orang
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan membuat usaha ini mempunyai peluang yang besar. Setiap orang tua pasti menginginkan yan terbaik bagi anaknya, termasuk dalam hal pendidikan, segala cara pasti ditempuh untuk meningkatkan prestasi akademik anak. Usaha les private adalah salah satu cara yang banyak dipilih oleh para orang tua untuk membantu anak belajar.

Kebutuhan Belajar Siswa
Banyak sekali siswa yang merasa kesulitan ketika belajar atau mengerjakan PR dari sekolah. Banyak sekali faktor yang mengakibatkan itu, bisa karena mereka belum paham atau memang tidak mengerti sama sekali. Les private menjadi salah satu solusi untuk hal ini. Dengan sistem belajar secara langsung antara siswa dan guru, dapat membuat siswa mudah mengungkapkan kesulitan belajar yang dialami. Siswa yang pasif dan malu bertanya di depan umum dapat dengan leluasa bertanya dengan guru les private sampai siswa benar-benar paham. Hal ini lah yang membuat les privat banyak dicari dari pada les secara berkelompok

Melatih Untuk Fokus
Banyak sekali siswa terutama siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan untuk fokus pada satu hal seperti belajar. Jika belajar sendiri atau belajar dengan orang tua, anak sering kesulitan fokus karena merasa belum ada rasa tanggung jawab. Berbeda jika anak belajar dengan guru, baik guru di sekolah maupun guru les. Anak akan merasa ada tanggung jawab untuk menyelesaikan apa yang diperintahkan oleh guru. Hal ini sangat berguna untuk melatih fokus siswa terhadap apa yang dia kerjakan. Selain itu banyak sekali para orang tua yang memanfaatkan jasa les private untuk mengenalkan cara belajar yang baik dan benas kepada anak. Oleh karena itu, buatlah les private bagi semua kelas.

Kesibukan Orang Tua
Di era ini, menjadi wanita karier merupakan hal yang biasa, akan tetapi karena kesibukan orang tua ini terdapat beberapa dampak yang ditimbulkan, seperti kurangnya waktu orang tua untuk belajar dengan anak. Hal ini membuat banyak orang tua yang kemudian mencari jasa les private. Selain karena kesibukan, dengan diajar oleh orang yang berpengalaman dalam bidang ini, orang tua percaya dapat merubah hasil belajar siswa. 

Modal yang Minim

Modal untuk usaha ini dapat ditekan seminim mungkin dengan keuntungan sebesar mungkin. Hal utama yang perlua disiapakan adalah tempat dan tenaga pengajar. Untuk tempat anda dapat menggunakan rumah anda sebagai kantor. Pasanglah spanduk yang dapat memperlihatkan usaha anda. Untuk tenaga pengajar, anda tidak perlu khawatir, banyak anak muda yang mau menerima tawaran pekerjaan ini, seperti mahasiswa. Carilah SDM yang berkualitas, dari segi pengetahuan dan komunikasi. Komunikasi yang baik sangat berguna bagi kelangsungan usaha anda, karena komunikasi akan membangun kepercayaan konsumen yang secara tidak langsung menjadi sarana promosi anda. Promosi dari mulut kemulut merupakan salah satu promosi yang efektif.  

les private

Cara Membuka Usaha Les Private
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan utama bagi setiap orang. Usaha dalam bidang ini juga sangat diminati karena tidak membutuhkan modal yang banyak tetapi keuntungan yang di dapat sangat besar. Selain itu usaha ini sangatlah dicari baik di kota maupun di pedesaan. Setiap orang pasti menginginkan peningkatan prestasi akademik anak, oleh karena prospek usaha les privat masih sangat bagus, terlebih bagi anda yang mempunyai hobi mengajar, usaha ini sangatlah cocok. Untuk itu dibawah ini akan dijelaskan cara membuka usaha les privat.

Menentukan Konsep Usaha Les Private
Tentukan konsep usaha anda, apakah anda akan membuka usaha secara mandiri atau anda ingin membuat secara waralaba. Jika anda memilih konsep waralaba, kelebihannya adalah pemasaran usaha anda semakin mudah dan semakin dikenal, sedangkan jika mandiri, anda harus berusaha keras untuk memasarkannya.

Mempersiapkan modal usaha
Sebelum anda membuka suatu usaha, terlebih dulu anda harus memperhitungkan modal yang harus dikeluarkan untuk menjalankan usaha anda. Untuk usaha les private, modal yang dikeluarkan yaitu untuk menyewa tempat, biaya promosi dan gaji tentor.

Persiapkan Tempat Usaha
Memilih tempat yang akan digunakan untuk usaha, hal utama yang harus di perhitungkan adalah letak. Usahakan untuk memilih letak yang strategis, jika rumah anda memiliki letak yang strategis seperti dekat jalan raya, sekolah atau pusat pendidikan, maka ada baiknya jika anda menjadikan rumah anda sebagai tempat usaha anda. Hal ini sangat berguna untuk menekan modal yang harus anda keluarkan.

Memperluas pangsa pasar
Jika anda berhasil menjalankan usaha les privat maka jangan cepat berpuas diri. Anda dapat meningkatkan omset usaha les privat dengan cara memperluas pangsa pasar. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka usaha les privat di daerah lain atau membuka cabang baru. Rekrut saja tenaga pengajar yang tertarik mengajar dari kalangan teman-teman anda untuk membantu mengembangkan bisnis les privat yang telah anda jalankan secara menguntungkan. Tawarkan kepada mereka gaji bulanan yang sangat menarik atau sistem kerja sama bagi hasil.

Siapkan Kurikulum yang Sesuai dengan Jenjang Pendidikan dari Peserta Didik
Materi ini harus disesuaikan dengan tingkatan dari para calon siswa dan pastikan bahwa kurikulum yang anda ajarkan adalah kurikulum terbaru atau bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan dari siswa itu sendiri. Diskusikanlah hal ini dengan calon siswa dan orang tuanya untuk mendapatkan kesepakatan mengenai kebutuhan pengajaran yang ditawarkan. Siapkan SDM yang berkualitas dan kompeten dalam mendidik, hal ini sangat berguna bagi kelangsungan usaha les private anda. Selain itu perlu juga diperhatikan kemampuan komunikasi. Hal ini berguna agar penyampaian materi dapat dilakukan dengan jelas dan mudah dipahami.

Manajemen Waktu
Pekerjaan apapun pasti mebutuhkan manajemen waktu. Kelebihan dari usaha les private adalah karena siswa dapat mengatur jadwalnya sendiri, oleh karena tugas anda adalah mengatur waktu yang pas agar jadwal siswa tidak bentrok dengan siswa yang lain.

Tentukanlah Tarif Anda
Langkah terakhir adalah tentukanlah tarif yang sesuai. Dalam menentukan tarif, pastikan tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah dalam. Anda bisa melakukan survei mengenai tarif standar yang berlaku umum di area anda. Anda juga dapat menentukan tarif yang sesuai dengan kemampuan atau pasar anda. Atau bisa jadi Anda bisa memberikan tarif yang lebih terjangkau namun tetap dengan kualitas yang memuaskan.

Memenangkan persaingan dan manajemen les privat
Melihat persaingan usaha les private yang sangat ketat saat ini membuat anda harus benar-benar kreatif dalam memenangkan persaingan usaha. Ada banyak kompetitor dalam bisnis bimbel les privat baik waralaba maupun brand mandiri oleh karena itu salah satu cara memenangkan persaingan bisnis les privat adalah pelayanan yang baik dan gencar melakukan promosi serta melakukan manajemen les privat secara baik dan efektif.


2. Tips Sukses Usaha Penjahit
Tips Sukses Usaha Penjahit - Menjadi penjahit merupakan pilihan berbisnis yang cukup populer saat ini. Baik menjadi penjahit rumahan maupun membuka usaha koneksi, sekarang sudah semakin di cari seiring berkembangnya zaman. Anda dapat mengambil beberapa contoh dari kisah – kisah sukses penjahit rumahan yang dapat menjadi kiat sukses usaha menjahit anda. Dengan banyak belajar anda akan tahu cara mengembangkan usaha jahit dan cara menjadi penjahit profesional. Banyak yang di dapatkan terkait keuntungan menjadi penjahit, baik membuka usaha jahit kerudung maupun usaha jahit baju anak. Dalam kesempatan kali ini, saya akan coba menjelaskan mengenai tips – tips apa saja sih agar anda bisa sukses membuka usaha jahit?

Latihan menjahit
Yang utama dan yang paling utama anda sebaiknya punya kemampuan menjahit karena akan menjadi modal utama dan yang paling berharga dari keberlangsungan usaha anda. Anda perlu kursus menjahit karena ilmu yang anda dpatkan akan lebih baik daripada anda belajar secara otodidak atau latihan mandiri. Setidaknya anda memiliki bekal yang mendasar dalam hal jahit – menjahit.

Memberikan kepuasan kepada konsumen
Usahakan usaha yang anda bangun selalu berorientasi kepada kepuasan konsumen atau pelanggan. Upayakan permintaan yang di inginkan oleh pelanggan dapat sesuai dengan hasil jahitan anda sehingga akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. 

Mengetahui perkembangan dunia fashion
Sebagai penjahit atau sebagai perancang desain baju yang anda jaahit, anda perlu berkaca pada perembangan informasi transformasi terkait dunia fashion karena anda bekerja di bidang fashion. Semakin baik hasil jahitan anda dengan jahitan yang selalu fresh tentunya akan menarik lebih banyak pelanggan lagi.

Alokasi waktu
Hal  penting  lain yang harus dipikirkan di awal saat membuka usaha adalah adanya alokasi waktu yang harus anda sisihkan untuk memulai bisnis jahit. Anda tidak selalu harus melakukan semua pekerjaan seorang diri dan full time. Putuskan saja ingin memulai usaha jahit seperti apa. Jika dilakukan secara full time atau waktu penuh (seharian), maka Anda hanya harus berfokus pada usaha jahit Anda agar usha anda dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Mencari tempat usaha yang strategis
Dalam membangun usaha, pastikan anda agar dapat menentukan lokasi usaha. Lokasi usaha usahakan agar strategis dan dapat di jangkau banyak orang. Usahakan membuka usaha jahit yang tidak terlalu jauh dari keramaian agar akses menuju kesana pun mudah di lakukan.

menjahit

Lakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial
Promosikan usaha anda dengan gencar dan se – masif mungkin. Lebih giat anda ber promosi maka akan semakin dikenal juga usaha yang anda miliki. Promosikan hal – hal yang unik dan menarik dari usaha anda, baik segala ebentuk produk maupun testimoni kepuasan pelanggan agar usaha anda dapat di percaya. Promosikan usaha anda lewat media sosial yang sedang marak beberapa dekade terakhir. Melalui akun instagram, facebook, maupun twitter anda dapat melakukan promosi karena media – media sosial tersebut sedang banyak di gemari sehingga berpotensi untuk memperkenalkan usha jahit anda.

Pembukuan
Anda harus pastikan selalu membuat pembukuan dan rekap pemasukan dan pengeluaran yang Anda terima. Hal ini akan semakin memperjelas berapa pendapatan, keuntungan, hingga mempermudah penghitungan pajak, tagihan, ataupun gaji karyawan jika Anda memilikinya.

Demikian artikel mengenai tips – tips membuka usaha menjahit. Selamat mencoba dan semoga sukses.

3. Tips Membuka Usaha Servis Laptop
Membuka usaha merupakakan salah satu gagasan bagi banyak orang dan pada kenyataannya membuka usaha dan menjalankannya masih menjadi hal yang cukup berat di lakukan. Sejatinya, membuka usaha dapat anda lakukan sembari anda belajar. Banyak jenis dan peluang usaha yang bisa anda lakukan demi eraup keuntungan kolektif. Seperti halnya membuka usaha servis laptop/PC. Apabila anda memiliki kegemaran dalam memperbaiki atau merakit PC, sebaiknya anda coba usaha yang satu ini. Peluang kerja nya cukup menarik dan profitnya juga cukup menggiurkan dengan modal yang dikeluarkan yang tidak terlalu besar. Banyak artikel yang sudah mengulas mengenai modal usaha service laptop, analisa usaha servis komputer, proposal usaha service komputer, peluang usaha service laptop, cara memulai usaha servis komputer, usaha service komputer panggilan, peralatan service komputer, proposal usaha service komputer dan laptop. Apakah anda berminat membuka usaha servis / rakit PC / laptop? Dalam hal ini, penulis dalam artikel ini akan mencoba memaparkan untuk anda tips seputar membuka usaha servis laptop agar sukses dan cepat berkembang.

Selalu Belajar dalam Mereparasi dan/ atau Merakit PC atau Laptop
Apakah anda punya keahlian dalam mereparasi atau memperbaiki PC / laptop? Atau hanya sekadar gemar dan meminati merakit atau/ dan memperbaiki PC / laptop? Konsumen dari usaha reparasi computer dan laptop ini tentu saja para pemilik dan pengguna Komputer / PC dan laptop. Hal ini dikarenakan tidak semua pemilik pemilik komputer dan laptop, bisa memperbaiki kerusakan pada komputer atau pun laptop mereka. Hal ini dapat anda manfaatkkan untuk menjadi ladang usaha anda. Apabila anda sudah memiliki kemampuan dari segi mereparasi Laptop, anda perlu belajar juga mengenai cara merakit PC atau Laptop, karena beberapa konsumen kadang menginginkan kapabilitas laptop atau PC yang lebih tinggi lagi sehingga ingin merakit PC atau laptopnya. Dalam hal ini anda perlu banyak belajar dan belajar.
service laptop

Kelebihan dari usaha Service Komputer dan Laptop
Lebih jauh lagi, anda perlu juga mengetahui prospek usaha yang akan anda geluti. Hal ini perlu agar dapat memberikan wawasan anda dan menjadikan motivasi bagi diri anda sendiri. Usaha ini cukup menjanjikan, tentu saja dengan kurangnya pengetahuan dan keahlian para pemilik komputer dan laptop sehingga ini bisa menjadi lahan bisnis bagi penyedia jasa reparasi komputer dan laptop. Jika konsumen yang tidak bisa memperbaiki sendiri komputer dan laptop-nya semakin banyak maka semakin besar pula permintaan pasar untuk menggunakan jasa reparasinya. Disamping itu peluang pasar bisnis reparasi juga semakin luas karena saat ini jumlah pengguna computer dan laptop semakin meningkat.

Diperlukan pengetahuan yang baik
Seperti penjelasan di atas, anda perlu meningkatkan kapasitas diri anda dalam memperbaiki atau mereparasi PC atau laptop konsumen. Lebih dari itu, anda juga harus mempelajari banyak istilah mengenai PC atau laptop, apabila anda cakap dalam menjawab pertanyaan dari konsumen, maka akan menambah kepercayaan konsumen anda.

Memberikan kepuasan pada pelanggan
Menjawab keresahan pelanggan dan memberikan pelayanan yang berkualitas dapat meningkatkan kadar kepuasan pelanggan. Semakin puas pelanggan maka akan semakin luas informasi tentang usaha anda, karena pelanggan yang puas dengan pelayanan anda akan menjadi alat promosi bagi usaha anda, sehingga tidak ada salahnya untuk memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas.

4. Tips Membuka Usaha Jasa Desain Grafis
Tips Membuka Usaha Jasa Desain Grafis - Seni dan desain terus berkembang saat ini, tak jarang orang berbondong – bondong membuat desain kesukaannya bahkan bagi usaha yang sedang mereka geluti. Saat ini, kebutuhan akan desain memberikan kesan modern dan menarik. Terutama dalam hal bisnis, desain kemasan maupun logo memberikan citra dan ingatan bagi konsumen dalam mengenali suatu produk maupun bidang usaha yang mereka jajal. Pentingnya desain grafis juga tentunya mendorong para usahawan untuk membuka jasa sebagai pendesain grafis. Lantas, apakah anda tahu apa saja tips usaha desain grafis? Jika belum, dalam artikel ini saya akan mengulas tips sukses membuka usaha desain grafis.

Belajar desain grafis
Untuk memulai usaha anda, anda perlu menyiapkan kualitas SDM pendesain grafis yang mumpuni di bidang perdesainan. Terutama anda sendiri sebagai desinernya. Kualitas desain sangat menentukan dalam berjalannya usaha. Usaha anda akan di acungi jempol bila mampu memberikan hasil desain grafis yang kaya makna dan sesuai selera pelanggan. Hal ini harus di dukung dari kemampuan anda sendiri. Anda perlu belajar dan banyak berlatih dalam menggeluti usaha desain grafis.

Buka tempat desain grafis
Tips dari saya adalah buka tempat kerja untuk anda mendesain semua kebutuhan pelanggan. Dengan adanya tempat kerja, anda diharapkan dapat bekerja dengan nyaman dan kondusif tanpa gangguan berarti. Dengan tempat kerja juga pelanggan dapat bertemu dan meminta keinginan desain dengan nyaman. 

Bangun tim
Usaha desain grafis sebenarnya cukup sulit jika di lakukan sendirian. Agar usaha anda dapat berkembang dengan baik dan dapat memenuhi pesanan desain grafis pelanggan yang membludak, anda dapat memanfaatkan tim. Anda perlu mencari orang – orang terpercaya dengan tanggung jawab dan kreatifitas yang luas sehingga memudahkan anda dalam menjalankan usaha desain grafis.

Manage team
Setelah berhasil membangun tim, anda perlu memenej tim desain anda. Setiap orang di dalam tim harus memiliki job desk masing – masing. Seperti halnya menjadi kasir dan mengaudit keuangan perusahaan. Sebagai pendesain poster, undangan dan stiker. Pendesain Spanduk dan baliho. Masing – masing perlu di berikan tanggung jawab sesuai keahlian, yang mahir adobe ilustrator, adobe photoshop, corel draw dan lain sebagainya. Dengan menejemen tim, di harapkan usaha anda berjalan dengan lancar dan efektif.
desain grafis

Saran prasarana dan fasilitas mumpuni
Setelah membangun kinerja tim yang efektif, pastinya usaha desain grafis perlu juga di tunjang dengan sarana prasarana yang baik dan mendukung segala aktifitas pendesain. Mulai dari perlengkapan PC ataupun Laptop yang memiliki daya desain yang baik dan sarana lain seperti kipas angin atau AC, kamar mandi, dan semua sarana yang memberikan kenyamanan bagi orang yang bekerja dengan anda.

Ikuti perkembangan zaman
Perkembangan desain grafis semakin terus berkembang, begitu juga dengan software desain grafis yang terus di perbaharui dan semakin canggih tentunya menuntut anda dan tim untuk mengikuti perkembangan tersebut. Anda perlu melakukan pelatihan – pelatihan agar anda dan tim maapu berkembang sesuai perkembangan zaman.

Inovasi desain
Meskipun anda mengikuti perkembangan zaman, anda juga perlu memperhatikan keinginan pelanggan. Dalam hal desain, banyak usaha desain grafis yang memiliki desain khas namun masih terbilang standar. Upayakan anda memberikan inovasi terus menerus agar pelanggan tidak jenuh dan tertarik untuk mendesain kebutuhannya di tempat anda.

5. Tips Membuka Usaha Latihan Stir Mobil
Usaha yang satu ini sudah tidak asing dan dapat anda jumpai di jalanan. Yup, usaha latihan mengemudi mobil. Banyak mobil yang sedang latihan yang dapat anda jumpai di jalanan menandakan bahwa jasa belajar mengemudi masih sangat di butuhkan oleh banyak orang. Artikel – artikel terkait banyak membahas mengenai franchise kursus stir mobil, analisa usaha kursus mengemudi, modifikasi mobil untuk kursus mengemudi, izin mendirikan kursus mengemudi, contoh iklan kursus mengemudi, gaji instruktur mengemudi, izin kursus mengemudi, keuntungan kursus mengemudi. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan beberapa tips membuka usaha latihan stir mobil, apakah anda tertarik membuka usaha ini?

Persiapkan mobil
Satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah, anda harus mempersiapkan mobil yang baik dengan kualitas yang baik untuk menjadi sarana belajar pelanggan / siswa mengemudi anda. Dengan begitu, pelanggan akan semakin terbantu dan akan menambah kredibilitas usaha latihan mengemudi milik anda.

Be a Good Instructure
Kunci utama dalam bisnis ini adalah kualitas dari guru pengemudi. Anda harus menjadi guru yang profesional yang mahir, ajari murid anda dengan sebaik mungkin. Semakin baik anda mengajari, maka semakin banyak yang tertarik belajar mengemudi kepada anda. Selain anda sendiri yang menjadi guru mengemudi, anda juga bisa mencari orang lain. Namun tetap carilah guru pengemudi yang profesional yang mahir, berpengalaman dan tersertifikasi. Anda harus membekali murid anda dengan teori dasar mengemudi terlebih dahulu termasuk rambu-rambu lalu lintas, setelah mengerti barulah di lanjutkan dengan praktek langsung yang di mulai di lapangan atau jalanan sepi. Nantinya jika dirasa sudah lancar, bisa membawa murid ke jalan raya. Anda harus mendampingi dan memberikan intruksi dengan sabar dan benar
stir mobil

Promosi
Anda dapat berpromosi di media - media sosial atau membuat sebuah situs tersendiri di Internet yang memaparkan program serta promo-promo yang Anda tawarkan. Anda harus menonjolkan yang menjadi keistimewaan lembaga mengemudi Anda agar para calon murid tertarik. Anda dapat melakukannya secara masif dan aktif agar informasi seputar usaha anda cepat tersebar secara luas.

Asuransikan mobil
Pesiapkan asuransi mobil anda. Mobil pribadi yang dikemudikan sehari-hari oleh pengemudi mahir saja harus dimasukkan ke asuransi. Demikian juga dengan mobil yang akan anda gunakan untuk latihan. Anda harus membeli asuransi tipe All Risk dengan perluasan perlindungan penumpang, sebab Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi di jalanan. Terlebih kemudi lebih banyak dipegang oleh pengemudi amatiran yang masih belajar. Jadi, bila mobil belajar Anda belum ada asuransi segera asuransikanlah.

Tentukan Tarif
Tarif kursus bisa anda sesuaikan dengan jenis mobil. Biasanya mobil dengan transmisi matik biaya kursusnya sedikit lebih mahal ketimbang yang manual. Selain itu merk mobil juga biasanya menentukan harga. Biaya kursus bisa anda atur dengan menggunakan paket-paket. Bingung menentukan harganya? Anda bisa kok iseng jalan-jalan ke tempat kursus mengemudi yang sudah ada lebih dulu. Dari sana anda bisa mengadopsi cara-cara mereka sekaligus melihat harga jasa kompetitor anda

Diskusikan Jadwal Belajar
Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda begitu pula dengan kesempatannya. Untuk itu anda perlu membuat pilihan jadwal belajar agar siswa anda bisa menyesuaikan. Misalnya Jadwal I Senin-Kamis-Sabtu (Pagi/ Sore) Jadwal II Selasa-Rabu-Jum’at (Pagi / Sore).

6. Cara Membuka Studi Fotografi
Cara Membuka Studi Fotografi  - Sebuah momen tidak akan datang untuk kedua kalinya, oleh karena itu setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk mengabadikan setiap momen yang sedang dilewati, seperti momen pernikahan, momen wisuda, momen ulang tahun dan lain-lain. Banyak tersedia sarana untuk mengabadikan momen tersebut seperti dengan kamera baik ponsel atau kamera digital. Akan tetapi banyak orang yang merasa tidak puas dengan hasil jepretan dari orang yang tidak mempunyai latar belakang fotografi. Hal inilah yang kemudian menjadikan banyak orang memilih untuk pergi ke studio foto untuk kemudian berfoto atau menyewa fotografi untuk mengabadikan momen yang akan kita laksanakan. Semakin banyaknya orang yang membutuhkan jasa ini, menjadikan peluang usaha fotogarfi menjadi salah satu bisnis yang kemungkinan akan terus berkembang, dilihat dari semakin modernnya pola pikir manusia. Bagi anda yang mempunyai hobi fotografi, tidak ada salahnya jika anda mengembangkannya menjadi bisnis untuk meraih banyak keuntungan. Lalu bagaimana cara meristis bisnis studio fotografi?

Belajar Fotografi
Hal pertama yang harus anda lakukan dan akan sangat mempengaruhi usaha anda kedepannya adalah belajar fotografi. Bagi anda yang merasa bisa karena hobi, tidak ada salahnya jika anda pelajari lebih dalam tentang teknik fotografi. Banyak orang yang bisa melakukan fotografi tetapi tidak semua orang dapat menghasilkan foto yang berkualitas. Kualitas foto inilah yang dicari oleh penggunan jasa fotografi. Untuk itu pelajari teknik fotografi untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas sehingga konsumen tidak kecewa. Itu adalah salah satu kunci sukses bisnis fotografi. 

Menetukan Jenis Produk dan Layanan Studio Foto
Selanjutnya tentukan jenis produk dan layanan studio foto anda. Untuk menetukan hal tersebut anda dapat melakukan riset pasar untuk melihat keinginan pasar saat ini. Beberapa contoh layanan jasa dalam bisnis studio foto misalnya jasa cetak foto, pemotretan pas foto untuk dokumen resmi, foto dokumentasi event, dokumentasi pernikahan, jasa foto prewedding, pembuatan foto produk, foto model, retouch foto, digital imaging, dan lain sebagainya

Lokasi Studio
Lokasi studio fotografi dapat dengan menyewa kios atau membuat rumah anda menjadi studio foto. Lokasi studio haruslah ditempat yang ramai, seperti pinggir jalan, area industri, area kampus, dan lain-lain. Hal ini adalah satu satu strategi promosi karena keberadaan studio foto kita akan banyak dilihat oleh orang yang lewat. Desain studio fotografi haruslah yang unik dan menarik. Sediakan banyak pilihan background unik untuk menarik konsumen. Pilihlah beberapa tema yang cocok dijadikan background foto. Jangan melulu hanya menggunakan kain polos sebagai background karena hal tersebut kurang menarik. Beberapa ruang yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha studio foto ini misalanya ruang pemotretan (studio), ruang penyimpanan peralatan, ruang layanan, ruang pajang berbagai barang yang dijual, dan lain sebagainya
fotografi

Peralatan dan Perlengakapan Fotografi
Banyak sekali peralatan studio fotografi yang harus disediakan jika anda ingin memulai usaha ini, seperti kamera, lampu, properti foto, eksternal flash, tripod, background foto, reflektor payung, dan satu unit komputer untuk mengolah hasil pemotretan. Sedangkan untuk mencetak foto, anda dapat menggunakan printer.

Menetapkan Harga
Penetapan harga dapat dilakukan dengan melihat biaya-biaya yang dikeluarkan, bisa berdasar besarnya kebutuhan atau permintaan konsumen, dan penentapan harga bisa dilakukan berdasar kuatnya persaingan usaha studio foto yang telah ada. Setelah harga-harga produk telah ditetapkan anda dapat memajang daftar harga secara lengkap dan rinci

Pemasaran
Pemasaran dapat dilakukan melalui media cetak atau dengan sosial media, selain itu anda dapat bekerja sama dengan event organizer atau wedding organizer. Buatlah iklan semenarik mungkin untuk menarik pelanggan.

7. Cara Membuka Usaha Servis AC
Cara Membuka Usaha Servis AC  - Global warming memberikan efek yang besar terhadap kehidupan di bumi. Cuaca panas yang hampir di seluruh wilayah Indonesia menjadikan banyak orang tidak nyaman dan akhirnya memilih untuk memasang AC di rumah. Dahulu AC masih sedikit digunakan karena mahal, baik biaya ketika membeli dan pajak listrik bulanan yang harus dikeluarkan. Akan tetapi karena merasa sangat membutuhkan, saat ini banyak orang yang sudah mencoba untuk menggunakan AC baik di kantor, sekolah, kampus maupun rumah. Akan tetapi, yang namanya elektronik pasti akan mengalami kerusakan dan tidak semua orang dapat melakukan servis. Oleh karena itu usaha servis AC mempunyai peluang yang besar saat ini. Lalu bagaimana cara membuka usaha servis AC?

Mempelajari Cara Servis AC
Pertama yang harus anda lakukan adalah mempelajari tentang cara servis AC. Cara servis AC dapat dikatakan susah susah gampang. Mungkin akan gampang jika dilakukan oleh yang sudah ahli, tp pasti akan sudah jika dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman. Oleh karena itu pelajarilah cara servis AC, jika anda kesusahan maka anda dapat berkerja sama dengan orang yang sudah ahli melakukan ini. 

service ac

Lokasi Usaha
Lokasi usaha dapat anda dapatkan dengan menyewa atau membeli tempat. Usahakan untuk memilih lokasi yang letaknya di dekat jalan raya agar orang dapat dengan mudah menemukan kios anda. Anda dapat memilih lokasi di area pemukiman atau area perkotaan. Saat ini AC tidak hanya digunakan oleh orang kota, tetapi juga digunakan oleh orang di desa. Oleh karena itu, anda tidak harus terpaku memilih tempat di kota. Selain itu juga di area perkantoran karena banyak sekali kantor-kantor yang menggunakan AC.

Siapkan Peralatan dan Perlengkapan yang dibutuhkan
Tentu saja alat yang di butuhkan untuk servis AC banyak macamnya. Bagi anda yang ingin memulai usaha ini, siapkan perlatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, seperti motor steam komplit dengan selang, plastik, dan bak atau ember, peralatan standart: obeng, kunci inggris, manifold, clamp meter ( tang ampere ), dan gas refrigerant / freon serta kendaraan paling tidak satu sepeda motor untuk memudahkan tranportasi anda dari satu tempat ke tempat yang lain.

Siapkan Nomor Kontak
Nomor kontak sangatlah penting bagi jalannya sebuah usaha. Dengan adanya nomor kontak dapat memudahlan bagi konsumen yang ingin menggunakan jasa anda. Untuk itu siapkan nomor kontak yang dapat dihubungi 24 jam. Banyak orang yang ketika tidur kemudian merasa panas karena AC rusak dan menjadi tidak bisa tidur, maka mereka kemudian akan menghubungi servis AC. Jadi persiapkan diri anda jika konsumen membutuhkan jasa anda di waktu-waktu seperti itu.

Mencari Toko Sparepart
Ketika kita sedang melakukan servis AC pasti akan menemukan kendala seperti ada komponen-komponen yang rusak. Oleh karena itu anda pasti akan membutuhkan toko sparepart untuk menemukan komponen yang anda butuhkan. Untuk itu carilah toko sparepart terpercaya untuk memudahkan usaha anda.

Promosi
Promosi adalah satu bagian penting dari jalannya suatu usaha. Ini menentukan produk jasa yang anda tawarkan bisa sampai pada calon pelanggan anda atau tidak. Anda dapat melakukan promosi dengan media cetak seperti spanduk dan brosur. Tetapi Karena sekarang semua sudah era digital, sehingga anda harus bisa promosi melalui online. Anda bisa memanfaatkan sosial media dan blog yang gratis. Atau jika anda mempunyai cukup uang bisa mengiklankan usaha anda di facebook ads, atau periklanan google AdWords.

8. Tips memulai usaha travel
Pariwisata sudah sedemikian berkembang di Indonesia. Banyak tempat – tempat wisata baru pun mulai bermunculan. Beberapa artikel sudah banyak membahas mengenai memulai bisnis travel wisata, cara membuat travel agent sendiri, cara membuka usaha travel tiket pesawat, mendirikan tour and travel, bisnis tour and travel bagi pemula, usaha travel agent tanpa modal, usaha travel mobil, bongkar rahasia sukses bisnis tour dan travel. Dalam artikel ini, saya akan coba menjelaskan mengenai Tips memulai usaha travel yang secara garis besarnya saya tuangkan dalam poin – poin di bawah ini.

Buatlah Profil Usaha Anda
Profil perusahaan travel menurut pengamatan saya selaku penulis sangatlah penting dan menjadi hal yang pokok. Perusahaan travel anda memerlukan profil sebagai nilai tambah sekaligus menambah kredibilitas kepercayaan pelanggan yang ingin menggunakan jasa tour and travel anda. Buatlah profil travel yang menarik dengan slogan – slogan yang mudah di dengar dan membekas di ingatan pelanggan sehingga dapat menjadi salah satu media promosi usaha travel anda.

Memahami Tentang Tiket, Hotel, Kereta
Memperluas daya jelajah anda untuk dapat mengetahui perihal transportasi dan tempat tinggal adalah hal yang utama. Anda perlu membangun pula relasi dengan baik dengan pihak kereta atau bus, serta hotel agar dapat menekan harga dan meraih cukup keuntungan. Dengan memperluas jaringan relasi, anda juga memiliki banyak opsi dan pilihan berbagai alternative yang dapat di gunakan. 

travel

Menguasai Wawasan Kepariwisataan
Selain membangun relasi dan memperluas informasi terkait aneka transportasi dan tempat menginap, tidak ada salahnya anda juga banyak mencari informasi mengenai tempat – tempat pariwisata yang bagus untuk dapat di kunjungi. Sebagai penyedia fasilitas, anda juga dapat menyesuaikan waktu dan fasilitas yang baik dan sesuai dengan pariwisata yang pada intinya anda perlu memiliki wawasan tentang pariwisata. Selain itu, anda juga perlu update selalu jalan – jalan menuju tempat wisata sebagai bagian dari opsi perjalanan sekaligus alternatif anda apabila menemui kendala selama perjalanan. Anda dapat menghindari kemacetan, kerusakan jalan, bencana alam dan lain sebagainya.

Giat promosi
Hal yang wajib anda tekuni adalah mempromosikan travel yang anda miliki dengan membuat beberapa media berupa brosur, kartu nama, atau mempromosikan melalui media online seperti melalui Facebook, Twitter, Google Plus dan lain - lain, bisa juga melalui media pemasaran gratis di Internet. Anda harus pandai-pandai mengkombinasikan antara promosi secara online dan offline. Anda harus rajin juga membentang spanduk dan menyebar brosur sehingga dapat di kenal masyarakat luas.

Jangan kecewakan konsumen
Harga mahal yang tidak bisa di beli adalah kepuasan pelanggan. Sebaiknya anda dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, jangan pernah mengecewakan pelanggan. Dengan pelayanan yang baik dan optimal kepada pelanggan karena dengan memberikan pelayanan yang terbaik efek yang anda dapatkan akan lebih baik juga, satu konsumen yang puas dengan pelayanan travel anda akan merekomendasikan kepada teman, saudara, kerabat atau orang yang dikenalnya. Dengan begitu juga kerabat, teman, atau saudara konsumen yang tadi akan merekomendasikan kepada yang lain, begitu seterusnya. Pelajari juga kebiasaan konsumen agar anda bisa memberikan pelayanan yang terbaik.

Demikian beberapa poin terkait tips dan trik dalam memulai usaha travel and tour atau biro perjalanan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi anda.

9. Tips Jitu Jualan Pulsa Dengan Modal Kecil
Usaha pulsa dari hari ke hari tidak pernah ada matinya. Pulsa telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Semakin mudahnya penggunaan handphone membuat pulsa selalu bertambah peminatnya.  Bagi anda yang ingin membuka usaha dengan modal yang kecil tetapi dengan untung yang lumayan, maka anda dapat mencoba berjualan pulsa. Usaha ini dapat anda lakukan dengan santai, tetapi harus ada target yang anda tetapkan. Disini akan dijelaskan bagaimana cara berjualan pulsa dengan modal kecil.

Siapkan modal
Saat ini jika anda ingin menjadi penjual pulsa, anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Anda dapat menggunakan handphone anda tanpa harus membeli yang baru. Jika anda tidak mempunyai modal yang besar, anda dapat mencadi reseller pulsa. Membuka bisnis dengan cara reseller selain bisa mengurangi modal usaha juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. 

jual pulsa

Siapkan tempat untuk menjadi konter
Bagi anda yang mempunyai modal pas-pasan, maka anda dapat menggunakan rumah anda sebagai konter, jadi anda tidak perlu membeli atau menyewa ruko. Anda dapat memanfaatkan halaman yang kosong dan disulap menjadi konter. 

Memilih Distributor Penyedia Server Pulsa
Langkah penting berikutnya yaitu memilih distributor penyedia server pulsa. Anda dapat mencari disekitar tempat tinggal anda. Saat ini telah banyak konter penyedia server pulsa. Lakukanlah survei terlebih dahulu dengan bertanya-tanya kepada penjual konter untuk mendapatkan informasi mengenai harga pulsa setiap provider. Pilihlah penyedia pulsa yang dapat dipercaya dan dengan harga yang murah. Hal ini berkaitan dengan laba yang akan anda terima. 

Harga Bersaing
Penetapan harga bisa menjadi salah satu faktor atau hal yang bisa menentukan kelancaran dalam berbisnis. Melihat modal awal usaha konter pulsa yang bisa dikurangi dengan cara menjadi seorang reseller, menentukan harga jual juga bisa disesuaikan dengan harga pasaran. Para pengusaha pulsa pemula biasanya berpikir bahwa usaha pulsa merupakan usaha yang sangat menjanjikan sehingga harus meraup keuntungan semaksimal mungkin dengan cara menaikkan harga hingga melebihi harga pasaran. Hal tersebut bisa menjadi salah satu kendala yang akan mempersulit adanya pelanggan yang akan membeli di konter anda. Janganlah bersaing harga tapi bersainglah layanan.

Lakukan Survei Harga Kecil-kecilan
Cara ini berguna untuk menentukan harga saing anda. Anda dapat melakukannya dengan cara membandingkan harga ketika anda membeli pulsa di konter lain. Jangan menentukan harga yang lebih tinggi dari konter disekitar anda, karena hal ini dapat membuat pulsa anda menjadi sulit laku. 

Lakukan Promosi
Ketika anda membuka usaha tetapi anda tidak melakukan promosi hal ini sangatlah tidak benar, bagaimana orang lain tahu tentang usaha anda, begitu juga dengan usaha ini. Lakukanlah promosi dimanapun, baik secara ofline maupun online. Anda dapat melakukan promosi offline dengan memasang spanduk, membuat brosur dll, sedangkan untuk promosi online, anda dapat memanfaatkan media sosial seperti instagram, facebook, twitter dll.

Buatlah postingan tentang bisnis pulsa anda agar teman-teman sejawat anda mengetahui jika anda jualan pulsa. Sehingga mereka tahu jika anda menjual pulsa. Anda juga bisa melakukan share di grub-grub jualan yang ada banyak di facebook. Efek viral dari jejaring social sangat bagus untuk promosi anda apalagi jika anda mempunyai teman / follower yang lumayan. Cara ini terbukti sangat baik untuk dilakukan dalam usaha apapun. Berikanlah promosi yang menarik agar pembeli tertarik. 

10. Tips memulai usaha souvenir pernikahan
Bisnis sudah menjadi istilah kita di kehidupan sehari – hari dan pastinya setiap orang selalu punya kesempatan buat jadi bisnisman, bukankah begitu?

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips yang bisa di bilang cukup ampuh buat membangun bisnis yang satu ini. Yup, bisnis souvenir sudah menjadi bisnis yang tidak asing lagi di telinga kita bukan? Mulai dari bisnis kecil – kecilan atau home industry, sampai dengan perusahaan souvenir bisa kita temukan di sekitar kita. Tapi jangan salah, souvenir pernikahan bisa jadi salah satu opsi loh buat anda coba di rumah. Ya, tidak perlu modal besar terlebih dahulu sehingga anda bisa kapan saja memulainya.

Lalu, tips apa saja kah yang bisa anda coba?

Kesiapan mental
Mental dalam bisnis menurut saya merupakan modal utama dan yang paling di butuhkan dalam keberlangsungan bisnis anda nanti. Mental bisnisman adalah pondasi yang sebenarnya dalam memulai bisnis karena dari mental maka akan muncul motivasi yang membuat anda tetap semangat dan konsisten dalam menjalani bisnis.

souvenir pernikahan

Modal bisnis
Modal bisnis adalah perihal yang tak kalah penting. Mental dan keberanian dalam berbisnis membuat anda semakin berani berspekulasi dalam berbisnis. Mencari modal demi kelangsungan bisnis anda apabila di bekali dengan mental dan keberanian maka anda juga akan semakin mudah mendapatkan bekal modal bagi bisnis anda.

Ide dan gagasan
Ide dan gagasan merupakan kunci bagi permulaan dan proses dalam merintis bisnis souvenir. Bisnis souvenir adalah bisnis yang membutuhkan daya kreativitas yang cukup tinggi agar produk souvenir yang dihasilkan dapat di nikmati karena bentuknya yang unik, menarik dan enak di pandang. Selain itu, gagasan yang tidak boleh dilupakan adalah iddentitas produk yang dapat anda hasilkan, harus memiliki ke khasan dari yang lain dan secara tidak langsung akan menjadi identitas (brand) bisnis anda.

Tentukan pasar
Jangan di pandang sebelah mata hal yang satu ini. Untuk membangun usaha souvenir pernikahan, anda perlu menentukan tempat yang strategis dengan menset pasar yang potensial bagi perkembangan bisnis anda. Pasar dapat di tentukan pula melalui media pemasarannya.

Manajemen media pemasaran
Media pemasaran yang ideal dan menjanjikan yang bisa anda lakukan adalah melalui peranan teknologi informasi, khususnya media sosial. Media sosial diantaranya facebook, instagram, maupun twitter. Anda dapat membuat akun dan menset pangsa pasar yang akan di tuju. Media pemasaran menjadi penentu di kenal atau tidaknya bisnis yang anda rintis. Kreatifitas di perlukan agar anda bisa melihat celah dalam mengambil pasaran melalui media pemasaran ini. Seperti halnya menggunakan iklan layanan di facebook. Anda bisa menentukan siapa saja yang dapat melihat produk anda dengan mengatur pasaran produk anda. Biasanya target souvenir pernikahan di tujukan bagi para remaja hingga orang dewasa. Tapi anda juga perlu membayar jasa iklan layanan facebook sesuai iklan yang ingin anda tayangkan. Coba saja, sudah banyak yang membuktikan keefektifan layanan iklan facebook ini mengingat banyaknya pengguna facebook saat ini.

Pengetahuan dan kesabaran
Hal yang menjadi penyeimbang dalam menjalankan bisnis adalah dua hal ini. Ya, pengetahuan dan kesabaran. Dengan pengetahuan maka anda akan dapat memprediksikan kemana arah fluktuatif bisnis anda sehingga akan muncul kesiapan dan yang di butuhkan selanjutnya adalah rasa sabar demi kelangsungan bisnis souvenir anda. 

11. Tips dan Trik Membuka Usaha Cuci Motor dan Mobil
Pelayanan jasa sudah cukup menjanjikan di bidang usaha dalam menghasilkan keuntungan. Banyak jenis usaha yang bisa anda pilih sebagai opsi menarik banyak keuntungan. Salah satu bisnis yang bisa di bilang cukup potensial adalah jasa mencuci motor dan mobil. Apakah usaha jenis ini sulit di lakukan? Apakah butuh modal yang banyak dalam membangun usaha cuci mobil dan motor? Saya akan coba paparkan tips dan trik apa saja yang bisa anda coba setelah membaca pemaparan ini.

Bahan – bahan penting
Bahan bahan yang penting dan itu perlu di siapkan sebaiknya sudah anda package kan agar anda mudah untuk melakukan mobilitas dalam mencuci mobil dan motor satu persatu. Bahan – bahan yang bisa anda penuhi biasanya berupa spons pencuci kendaraan, lap basah, shampoo kendaran, dan ember. Menurut saya bahan – bahan itu merupakan dasar dari kegiatan usaha layanan jasa mencuci kendaraan.

Tempat cuci
Sedari awal sebaiknya anda dapat bisa menentukan cara kerja usaha anda. Anda bisa jalankan usaha mencuci anda di tempat yang sudah anda persiapkan, namun di lain sisi anda juga bisa menjadi tukang cuci panggilan yang tidak membutuhkan tempat khusus. Itu bisa menjadi pilihan anda.

Media pemasaran
Penting, satu kata yang mewakili jalannya seseorang bisa mengenal usaha yang sedang anda rintis. Fungsi pemasaran sebaiknya bisa anda manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan banyak pelanggan. Media yang dapat di manfaatkan tentunya bisa menggunakan media teknologi dan informasi basis online, utamanya media – media sosial yang paling sering di gunakan seperti facebook, instagram, twitter ataupun yang lainnya. Selain itu, anda juga bisa mencoba pemasaran melalui media ceta seperti selebaran maupun pamflet. Apabila anda memiliki lapak atau tempat, anda juga bisa gunakan spanduk yang menggambarkan usaha anda.

cuci mobil

Motivasi usaha
Motivasi usaha menentukan arah bisnis dan usaha anda. Apa motivasi anda membangun usaha cuci motor dan mobil? Hal itu perlu anda tentukan agar usaha anda tak salah arah. Apakah hanya sekedar hobi? Ataukah motivasi membantu dan memberikan pelayanan jasa bagi masyarakat dengan ganjaran upah? Atau hanya berorientasi pada materi dan keuntungan yang di dapat? Anda yang bisa tentukan motivasi usaha anda karena tentunya akan berimplikasi juga pada usaha anda.

Tetapkan target dan sasaran
Bussiness plan sebaiknya sudah ada susun jauh sebelum usaha anda mulai rintis. Pangsa pasar menjadi hal mendasar dalam mendapatkan pelanggan bagi usaha anda. Apabila tidak ada target pasar yang anda tuju, maka akan mengakibatkan anda sulit berspekulasi dan membuat usaha anda kesulitan mendapat pelanggan. Biasanya usaha cuci motor dan mobil banyak di cari, tapi carilah target pekerja yang tidak cukup punya waktu untuk membersihkan kendaraannya, maka usaha cucian anda akan di cari.

Semangat dan pantang menyerah
Ini adalah motivasi dari saya selaku penulis artikel. Kekuatan dari suatu bisnis ataupun usaha di tentukan oleh keuatan tekat pelaku usahanya. Akan banyak tantangan dan ujian dalam suatu proses menuju kesuksesan anda, maka setidaknya anda harus yakin bahwa anda akan sukses dengan semangat dan pantang menyerah sebagai kuncinya.

Semoga beberapa tips dan trik ini dapat membantu anda mendapatkan ilham untuk memulai usaha. Selamat mencoba dan semoga sukses!

12. Cara Memulai Usaha Token Listrik PLN
Cara Memulai Usaha Token Listrik PLN - Listrik, hampir di pelosok negeri bisa menikmatinya baik dari Sabang hingga Merauke, namun meskipun sampai saat ini bahkan ada pula yang belum dapat mendapatkan listrik. Di satu sisi, listrik sudah mulai menjadi kebutuhan primer dala kehidupan modern ini sehingga wajar saja apabila seseorang harus rela mengeluarkan uang demi dapat merasakan manfaat listrik. 

Saat ini, PLN menjadi perusahaan listrik milik negara dan sudah tersebar hampir di berbagai daerah di Indonesia. Meski begitu, di beberapa titik masih membutuhkan agen untuk pembayaran pajak listrik karena terkendala jarak yang mungkin cukup jauh untuk di tempuh. Hal ini, dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi anda yang berminat membangun bisnis token listrik resmi.

 Beberapa artikel sudah banyak membahas mengenai bisnis token listrik resmi, bisnis token listrik termurah, agen pulsa listrik resmi pln, cara jual pulsa listrik lewat hp, distributor token listrik murah, keuntungan jual pulsa listrik, distributor pulsa token listrik, jual pulsa listrik paling murah. Lantas, bagaimana kah tips trik untuk memulai membuka usaha token listrik resmi dari PLN? Untuk artikel kali ini, saya akan membahas secara jelas mengenai memulai usaha token listrik PLN.

Menyetorkan Deposit
Dalam memulai, anda sebaiknya mempersiapkan untuk melakukan penyetoran deposit, saya sarankan minimal 1 juta rupiah. Setoran deposit digunakan untuk transaksi jual beli token listrik. Selanjutnya, Arindo memberikan pin untuk akses bertransaksi. Deposit tersebut bisa digunakan untuk beberapa transaksi, tak cuma token listrik. Misalnya, untuk transaksi voucer isi ulang TelkomVision, Speedy, pembayaran rekening PDAM, dan yang lain.

Persiapan alat
Dalam mempersiapkan alat, anda sebaiknya menyiapkan telepon Selular / handphone. Alaat ini merupakan yang wajib dan yang utama dalam memulai usaha token listrik resmi PLN. Cara paling mudah untuk jual pulsa pln ke pelanggan bisa dilakukan dengan hanya bermodalkan SMS (cara jual pulsa pln lewat hp), anda juga bisa menghubungi operator resmi PLN yang menyediakan transaksi pulsa listrik via internet seperti Gtalk, Nimbuzz, Jabber, maupun Telegram (diakses melalui komputer / hp), Anda bisa pilih untuk menggunakan salah satu cara jual pulsa pln diatas, atau bahkan semuanya bisa anda gunakan silahkan di pilih saja mana yang disukai.

alat lain yang bisa anda siapkan adalah Komputer dan printer, alat ini merupakan alat pilihan apabila anda membuka usaha Token listrik menggunakan outlet. Hal ini digunakan apabila ada beberapa pembeli pulsa listrik tidak memerlukan struk saat membeli, maka komputer dan printer tidak dibutuhkan tetapi jika user Anda menginginkannya maka komputer dan printer ini jadi sangat di butuhkan.

token listrik

Modal usaha pulsa pun otomatis jadi satu dengan saldo deposit anda, beberapa operator juga biasanya menawarkan kemudahan dalam menjalankan usaha anda, jadi anda tidak perlu khawatir dan bingung saldo pulsa elektrik berbeda dengan saldo pulsa listrik, arena saldo tersebut akan jadi satu.

Keuntungan lain yang bisa anda rasakan adalah anda dapat merasakan balik modal bisnis dengan sangat cepat. Umumnya, di bulan pertama menjadi agen ritel, modal awalnya sudah kembali. dalam beberapa bulan setelah memulai bisnis, modal awal sebagai agen server token ini sudah kembali. Semuanya tertutup dari komisi member yang mendaftar. Jadi, anda tidak perlu khawatir untuk menjadi agen token listrik.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon