SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Selasa, 13 November 2018

Tips Agar Lamaran Kerja Via Email Dibaca Oleh HRD


Tips Agar Lamaran Kerja Via Email Dibaca Oleh HRD – sekarang ini untuk melamar kerja ke suatu perusahaan lebih banyak dilakukan melalui email. Jika dahulu melalui pos, namun dengan perubahan akan teknologi membuat banyak perusahaan yang memakai email untuk memproses lamaran pekerjaan.

Perusahaan perusahaan banyak yang lebih memakai email sebagai media untuk memproses lamaran kerja karena dapat menghemat biaya dan menghemat waktu. Bagi suatu perusahaan, efisiensi sangat diperlukan agar dapat memaksimalkan kerja. Melalui email sangat efektif dibandingkan mengirim secara pos.

Sekarang ini banyak masyarakat yang juga menggunakan email untuk mendukung aktifitas baik kerja maupun aktifitas sosial lainnya.

Dengan email membuat yang tadinya lewat pos, membuat berkas berkas di perusahaan menjadi tidak menumpuk.

Dengan email membuat kapanpun kita bisa memproses lamaran kerja baik di kantor maupun diluar kantor.

Tips Agar Lamaran Kerja Via Email Dibaca Oleh HRD

Berikut adalah tips agar anda dapat mengirim lamaran kerja agar di baca HRD

Akun email yahoo atau gmail?
Yang pertama adalah menggunakan akun yahoo atau akun gmail. Mungkin waktu dulu banyak masyarakat lebih banyak menggunakan akun yahoo. Namun sekarang ini masyarakat beralih menggunakan akun gmail. Mungkin karena gmail merupakan satu bagian dari google dan dari akun tersebut dapat dimanfaatkan untuk hal hal lain.

Akun gmail
Langkah pertama adalah buka akun gmail anda. jika anda belum ada akun gmail. Anda bisa membuatnya. Sangat mudah untuk membuat akun gmail. Pastikan dalam pembuatan akum gmail username dan pasword tidak boleh lupa.

Untuk membuat email anda harus perhatikan bahwa nama email sesuai dengan nama anda dan jangan membuat nama email yang bukan nama asli karena membuat anda tidak terlihat profesional.

Tips Agar Lamaran Kerja Via Email Dibaca Oleh HRD

1. Klik tulis
Jika ingin memulai membuat pesan baru, pada bagian kiri atas terdapat tulisan “Tulis”. Klik tulis maka akan muncul layar kecil baru yang muncul pada bagian bawah akun gmail.

2. Minimaze / maximize
Rubah tampilan “pesan baru” dari tampilan kecil menjadi tampilan penuh. Itu sangat berpengaruh karena dengan tampilan kecil akan membuat anda kesulitan dalam membaca, tampilan penuh akan membuat anda lebih jelas dalam membaca. Hal itu untuk meminimalisir kesalahan menulis kalimat atau kata.

Tips Agar Lamaran Kerja Via Email Dibaca Oleh HRD

3. Kepada
Setelah itu, terdapat tulisan “Kepada”. Itu artinya adalah kepada siapa pesan yang akan anda kirim. Isilah alamat email perusahaan yang akan anda lamar. Pastikan bahwa alamat email yang anda tuju merupakan alamat email yang benar. Jika terdapat satu saja kesalahan huruf atau tanda baca lainnya, maka email tersebut tidak dapat terkirim.

4. Subjek
Subjek merupakan judul sebuah pesan. Beberapa contoh terdapat pelamar yang hanya menulis subjek “ lamaran kerja” tanpa disebutkan keterangan lainnya. Itu akan membuat pihak HRD perusahaan kesulitan karena memang terdapat ribuan email lamaran yang masuk. Bahkan sering kali jika HRD merasa jenuh, email dengan subjek yang tidak jelas tersebut tidak akan dibaca bahkan di hapus.

Buatlah nama subjek pada email yang jelas namun singkat. Bahkan pada perusahaan membuat kode posisi yang akan dilamar. Pada umumnya subjek yang terlihat menarik adalah sebagai berikut:

Lamaran kerja – nama – posisi yang dituju
Lamaran – nama – posisi yang dituju
Lamaran – posisi yang dituju

Jika perusahaan tidak menentukan subjek format, maka ini adalah subjek format yang bisa anda pilih agar memudahkan pihak HRD untuk memproses surat lamaran anda.

5. Isi Pesan
Isi pesan pada email sebaiknya secara singkat saja. yang terpenting isi dan informasi sudah tersampaikan. Dan lebih lengkapnya bisa dilihat pada lampiran file.

Biasanya informasi pada isi pesan harus memuat hal hal berikut

a. tanggal lamaran
b. lamaran ditujukan ke siapa (nama, hrd)
c. alamat tujuan
d. memperkenalkan diri
e. maksud dari mengirim pesan email
f. posisi yang dituju
g. ucapan terimakasih dan harapan

dengan isi pesan yang jelas dan singkat akan membuat hrd lebih mudah untuk membaca dan tidak jenuh dalam membaca. 

6. Lampirkan File 
Umumnya lampiran file berupa

a. surat lamaran
b. curriculum vitae
c. ijazah 

bentuk filenya berupa format pdf

alternatif lainnya adalah 3 file dijadikan satu (di ekstrak / kompress)
pastikan bahwa ukuran dari attachment tidak lebih dari 2MB, karena pada umumnya perusahaan beberapa yang tidak kuat untuk menampung file yang ribuan dan besar. jika filenya terlalu besar, ada kemungkinan email yang anda kirim akan ter –bounce balik.

Demikian tips dari siapabisnis.com semoga bermanfaat. Terimakasih.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon