SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Sabtu, 10 November 2018

Strategi Pemasaran Produk 4P dan Pengertiannya


Strategi Pemasaran Produk 4P dan Pengertiannya – kali ini siapabisnis.com akan mengulas mengenai strategi pemasaran antara lain product, promotion, dan place yang mana ke kempat hal tersebut sangat penting dan juga saling berkaitan disebut juga dengan marketing mix. Suatu usaha atau perusahaan jika ingin mengembangkan bisnisnya harus menguasai hal tersebut.

Pengertian Pemasaran
Menurut Kotler, pemasaran adalah suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai secara bebar dengan pihak lain. Pemasaran ini memprioritaskan pada pengetahuan kebutuhan konsumen dan melakukan upaya upaya melalui atribut produk yang ditawarkannya.


Strategi Pemasaran Produk 4P dan Pengertiannya

Menurut Basu Swastha dan Irawan, pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik pada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Menurut Buchari Alma, Pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh yang apa yang mereka butuhkan dan inginkan melali penciptaan dan pertukaran produk.

Menurut Sofyan Assauri, pemasaran adalah suatu kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

Menurut Fajar Laksana, pemasaran adalah segala kegiatan yang menawarkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Menurut Doyle, pemasaran sebagai rangkaian tugas dan kegiatan, termasuk perencanaan dan pembuatan keputusan. Perencanaan dan pembuatan keputusan pemasaran berpijak pada empat hal yaitu:

Segmentasi pasar. yang merupakan upaya pemasaran untuk mengenali dan membagi kelompok kelompok pasar berdasarkan kriteria tertentu. Sedangkan segmen pasar adalah kelompok pembeli dalam pasar yang mempunyai ciri ciri khusus dan berperan penting bagi penetapa strategi pemasaran. Dengan segmentasi, perusahaan dapat menawarkan produk yang lebih sesuai dan menetapkan harga, distribusi, serta saluran komunikasi dengan tepat.

1. Menentukan target pasar. penentuan target pasar didasarkan pada tingkat kemenarikan suatu segmen pasar untuk dikelola, sesuai dengan kemampuan perusahaan. Target pasar berfungsi untuk lebih memfokuskan upaya perusahaan dalam memebuhi kebutuhan potensial konsumen.

2. Market positioning. Positioning merupakan tindakan merancang tawaran dan citra perusahaan sehingga membedakan perusahaan dari pesaing di dalam benak target pasar.

3. Perencanaan pemasaran. Manajemen perusahaan perlu mengembangkan rrencana untuk menerapkan positioning perusahaan dan mengembangkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan potensil dan target pasar.

Pengertian Manajemen pemasaran

Menutur Kotler, manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi.

Menurut Fajar Laksana, manajemen pemasaran adalah pertukaran produk yang dilakukan melalui aktivitas dari bauran pemasaran, yaitu Product, Prisce, Promotion dan Place.

Menurut Freddy Rangkuti, manajemen pemasaran adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan kegiatan penting yang menyesuaikan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, melalui pertukaran dengan pihak lain untuk mengembangkan pertukaran.

Manajemen pemasaran memiliki empat tugas yaitu

a. mengenali target pasar, dalam menentukan target pasar perlu disesuaikan dengan kemampuan perusahaan untuk melayani.

b. riset pemasaran, pengumpulan informasi terbaru mengenai kebutuhan pelangga, bagaimana pelangga membeli dan apa yang ditawarkan oleh pesaing pada target pasar yang sama.

c. Pengembangan produk, sangat penting untuk menarik target pelanggan agar melakukan pembelian dengan menawarkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan target pelanggan.

d. mengawasi, perusahaan perlu melakukan pengawasan atas produkdan program bauran pemasaran yang ditetapkan perusahaan. Bauran pemasaran yaitu seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemsaran di pasar sasaran.

Pada dasarnya yang ingin mempraktekkan orientasi konsumen harus

a. menentukan kebutuhan pokok pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.
b. memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan.
c. memilih produk dan program pemasarannya.
d. mengadakan produk pada konsumen, untuk mengukur, menilai dan menafsirkan, keinginan, sikap, dan perilaku konsumen.
e. menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik.

Konsep Product, Price, Promotion, dan Place (marketing mix)

Menurut Kotler, bauran pemasaran (marketing mix) adalah alat pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran yang meliputi item alat pemasaran yaitu Product, Price, Promotion, dan Place (4P).

a. Product yaitu terdiri dari keragaman produk, kualitas, design, ciri, nama merek, kemasan, ukuran, pelayanan, garanci/jaminan dan imbalan

b. Price terdiri dari daftar harga, rabat/diskon, potongan harga khusus, periode pembayaran dan syarat kredit.

c. Promotion terdiri dari promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan , publik relation, dan pemasaran langsung.

d. Place terdiri dari saluran pemasaran, cakupan pasar, pengelompokan, lokasi, persediaan dan transportasi.

Menurut Fandi Tjiptono, marketing mix adalah dari empat macam hal yaitu product, price, promotion dan place yang digunakan sebagai senjata perusahaan dalam memasarkan produknya atau melayani konsumen.

Menurut Basu Swastha, marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yakni product, prmotion, dan place.

Produk

Produk adalah segala sesuatu baik yang berusifat fisik maupun nonfisik yang dapat ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya

Yang termasuk ke dalam produk antara lain

a. goods : barang fisik

b. service : jasa / pelayanan yang bersifat non fisik

c. experinces : pengalaman kegiatan atau seseorang yang dapat dinikmati oleh orang lain.

d. event : kegiatan atau peristiwa yang dibutuhkan oleh orang banyak

e. persons : keahlian atau ketenaran seseorang

f. places : tempat atau kota yang memiliki keunggulan

g. properties : hak kepemilikan bisa berupa benda nyata atau finansial

h. information : informasi yang dapat diproduksi dan dipasarkan

i. Ideas : gagasan yang menghasilkan produk yang diminati oleh konsumen

Harga

Pengertian Harga adalah jumlah uang yang diperlukan sebagai penukar berbagai kombinasi produk dan jasa, dengan demikian maka suatu barang haruslah dihubungkan dengan bermacam macam barang dan aau pelayanan yang akhirnya akan sama dengan sesuatu yaitu produk dan jasa.

Dalam menetapkan harga suatu produk yang dilakukan perusahaan dapat ditentukan dengan tiga bentuk strategi harga yaitu

1. strategi harga produk baru
Strategi ini dibagi lagi menjadi dua yaitu market skimming pricing dan market penetration pricing

2. strategi harga bauran produk
Strategi ini dibagi menjadi lima yaitu product line pricing, optimal product pricing, captive product pricing, by product pricing, product bundle pricing.

3. strategi penyesuaian harga
Strategi ini dibagi menjadi enam yaitu, discount and allowance pricing, segmented pricing, psychological pricing, promotional pricing, geographical pricing, international pricing

Promosi

Promosi adalah suatu komunikasi dari penjual dan pembeli yang berasal dari infomasi yang tepat yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk itu.

Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong lima sarana promosi sebagai berikut

1. periklanan : semua bentuk terbayar presentasi nonpribadi dan promosi ide, barang atau jasa dengan sponsor tertentu.

2. Promosi penjualan : insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualn produk atau jasa.

3. hubungan masyarakat : membangun hubungan baik dengan berbagai kalangan untuk mendapatkan publisitas yang diinginkan, membangun citra perusahaam yang baik, dan mengani atau menghadapi rumor, berita dan kejadian tidak menyenangkan.

4. penjualan personal : presentasi probagi oleh wiraniaga perusahaan untuk tujuan menghasilkan penjualan dan membangun hubungan pelanggan.

Pemasaran langsung : hubungan langsung dengan konsumen individu yang ditargetkan secara cermat untuk memperoleh respon segera dan membangun hubungan pelangga yang langgeng-penggunaan surat langsung, telepon, televisi respon langsung, email, internet dan sarana lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen tertentu.

Distribusi (Place)

Distribusi adalah serangkaian organisasi yang terkait dalam semua kegiatan yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen ke konsumen.

Ada delapan saluran distribusi utama yaitu

1. direct distribution of consumer products
Perusahaan mengirimkan produknya ke konsumen akhir tanpa melalui perantara

2. retail distribution of consumer products
Perusahaan mendistribusikan produknya melalui penjual eceran

3. wholesale distribution of consumer products
Perusahaan mendistribusikan produknya melalui toko grosir untuk dijual kembali kepada konsumen akhir.

4. distribution trough sales agen or broker
Perusahaan mendistribusikan produknya melalui agen penjualan atau broker

5. distribution by agent to consumers and businesses
Perusahaan mendistribusikan produknya melalui agen penjualan sebagai perantara penjualan yang mendistribusikan kepada konsumen dan konsumen bisnis.

6. Direct distribusi of business pruducts
Perusahaan mendistribusikan produknya secara langsung dari pabrik kepada pembeli industri

7. whole distribution of industrial products
Toko grosir berfungsi sebagai perantara antara pabrik dan konsumen akhir

8. whole distribution to business retailers
Toko grosir berfungsi menjual produk kepada konsumen retail dan perusahaan kecil sampai perusahaan menengah.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon