SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Rabu, 21 November 2018

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Jus Buah


Kelebihan dan Kekurangan Usaha Jus Buah – sekarang ini banyak sekali pelaku usaha yang membuka bisnis minuman, salah satunya adalah dengan membuka usaha jus buah. Memang usaha ini memiliki potensi sebuah usaha yang ramai pembeli, ya.... jika sudah berhasil tentunya. Namun usaha ini bisa jadi sepi pembeli dan akhirnya menjadi kegagalan. Setiap usaha pasti ada untung ruginya, tinggal bagaimana mempelajari dan menguasai ilmunya agar dapat mengantisipasi faktor faktor yang menjadi penyebab kerugiannya.

Semua bisnis usaha memiliki kelebihan dan kekurangannya, termasuk juga usaha jus buah. Kali ini siapabisnis.com akan mengulasnya untuk para pembaca.


Kelebihan dan Kekurangan Usaha Jus Buah

Kelebihan usaha jus buah           
              
a. alternatif nutrisi bagi tubuh
kelebihan pertama adalah jus buah merupakan salah satu alternatif bagi mereka yang ingin mengkonsumsi bermacam macam nutrisi yang ada pada buah. Memang ada beberapa ahli nutrisi berpendapat jika jus buah yang dicampur dengan susu atau gula dan es maka akan mengurangi manfaat dari nutrisinya tersebut dan lebih baik apabila membuat jus tanpa menambah gula dan es agar khasiatnya lebih maksimal. Namun beberapa masyarakat tidak suka khususnya anak kecil. yah... lebih baik minum es jus buah dengan nutrisi yang minim dari pada tidak sama sekali.

b. cocok untuk semua umur dan semua kalangan
selanjutnya adalah mengenai segmentasi pasar. usaha ini sangat cocok bagi segmen segala umur mulai dari anak kecil sampai orang tua dan semua kalangan termasuk kalangan menengah atas dan menengah bawah. Semakin besar segmentasi pasar (ruang lingkup /cakupan konsumen) maka semakin besar pula potensi terjadinya pembelian.

c. cuaca panas bertambah ramai
jika kita mengamati usaha ini selalu ramai pada saat musim kemarau dan dengan cuaca yang panas. Setiap tubuh manusia jika merasakan panas maka pasti ingin mencari minuman untuk melepaskan dahaga. “pelaku usaha bisa jadi berharap agar tetap musim panas terus karena akan menguntungkan buat usaha mereka.

Kekurangan / kelemahan usaha jus buah

a. buah cepat busuk
kekurangan pertama usaha yaitu dengan berkaitan dengan produknya. Produk utamanya adalah buah. Buah pastinya jika disimpan terlalu lama maka akan membusuk. Maka dari itu susahnya menjual jus buah apabila sepi pembeli sehingga buah masih tersisa banyak dan akhirnya membusuk. Yang paling dihawatirkan oelh pelaku usaha jus buah adalah mereka akan rugi besar jika buahnya membusuk. Ada alternatif lain misalnya melakukan pembelian untuk stok buah lebih sedikit. Ini juga ada dampak negatifnya. Biasanya masyarakat sering kali mengamati lebih dahulu jika ingin membeli jus buah. Mereka mengamati berapa jumlah stok buah banyak atau sedikit. Mereka mengamati lengkap tidaknya jenis jenis buah yang dijual. jika stoknya sedikit dan jenis buah yang dijual juga sedikit maka calon pembeli akan pikir pikir.

b. membutuhkan listrik yang besar
kelemahan lainnya adalah bisnis ini membutuhkan listrik yang besar. karena untuk membuat jus buah membutuhkan blender. Jika jumlah pembeli hanya sedikit mungkin hanya membutuhkan 1 blender saja. namun jika pembeli banyak. Bisa membutuhkan 4 sampai 5 blender. Dan untuk menghidupkan itu membutuhkan daya dan biaya listrik yang besar perbulannya.

c.  pasokan buah
kelemahan lainnya adalah seringkali pasokan buah tersendat karena ada beberapa buah yang merupakan buah musiman. jika tidak ada stok buah maka sangat memungkinkan anda akan kehilangan pelanggan dan mereka mencari ke tempat lain.

d. cuaca dingin dan hujan sepi pembeli
pada musim hujan atau cuaca sedang dingin bisnis ini lebih sepi dari biasanya, namun pada saat cuaca panas lebih banyak pembeli.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon