SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Jumat, 09 November 2018

Kajian Bisnis Home Industry Sabun Cair

Tags

Kajian Bisnis Home Industry Sabun Cair - Pembaca sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan coba menuliskan tentang cara atau tips dan trik berbisnis yang berbeda dari sebelumnya. Yup, selain dengan bagaimana berbisnis dengan menggunakan strategi promosi untuk menarik pelanggan, sekarang ini saya akan coba menjelaskan strategi lain agar bisnis pembaca sekalian berjalan secara lancar dan cepat berkembang. Bukan hanya bagaimana strategi berbisnis yang manjur, saya juga akan mengulas peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk pembaca sekalian coba. Apa sih peluang bisnis yang menjanjikan tersebut? Salah satunya adalah usaha sabun cuci. Mengapa memilih sabun cuci sebagai bisnis yang cukup menjanjikan? Sebelum lebih jauh membahas tentang usaha sabun cuci, maka saya akan coba jelaskan terlebih dahulu mengapa harus berbisnis dan bagaimana prospek kedepannya. 

Kenapa perlu berbisnis? Ini adalah pertanyaan mendasar bagaimana pembaca sekalian ingin membangun sebuah bisnis tanpa ada dasar yang kuat untuk berbisnis?. Yang paling utama adalah dengan memulai berbisnis dapat menjadi penghidupan bagi kita sehari-hari, memenuhi kebutuhan hidup sekaligus menjadi modal serta investasi di masa depan. Tentunya orientasi bisnis tidak melulu soal pendapatan atau penghasilan yang di hasilkan, tetapi juga banyak hal mengapa pembaca sekalian perlu membangun bisnis. Dengan berbisnis secara tidak langsung dapat belajar bagaimana mengelola waktu lebih baik. Saat memulai bisnis dan melihat peluang bisnis tersebut merupakan sebuah kesempatan yang tepat, maka kita akan berusaha untuk bagaimana mengatur waktu antara aktifitas penting kita sehari-hari, serta melakukan pekerjaan bisnis yang sedang kita geluti. Berbisnis juga tidak melulu soal uang, modal, dan investasi, tetapi juga dengan berbisnis, kita dapat belajar bagaimana untuk mengelola kondisi keuangan. Dengan berbisnis secara tidak langsung merupakan salah satu cara yang dapat membantu untuk mengontrol keaadan ekonomi yang kita miliki.  

Peluang usaha sabun cair cukup menjanjikan. Dapat dibilang bahwa kebutuhan produk sabun cair semakin lama semakin meningkat sehingga banyak berbagai produk sabun cair yang pembaca sekalian dapat temukan di pasaran. Sabun cuci berupa sabun cair sangat di cari oleh banyak konsumen karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan sabun cuci cair. Sabun cuci cair sudah jelas, bersifat praktis saat di gunakan untuk membersihkan peralatan-peralatan rumah tangga. Selain itu, sifat sabun cair yang mudah larut didalam air dan aroma produk yang khas menjadikan cairan pencuci piring memiliki nilai lebih dibanding produk pencuci piring lainnya. Keuntungan lain yang didapatkan ketika menggunakan sabun cuci cair yaitu lebih higienis. 

Salah satu pebisnis sabun cair yang sedang berkembang salah satunya adalah Pak Widodo yang mengembangkan usaha sabunnya di daerah Surakarta, Jawa Tengah. Pak Widodo memberikan nama brand dengan nama Sabun King Queenclong dan sudah memiliki cukup banyak pelanggan loh, pembaca sekalian. Pak Widodo merupakan penyandang difabilitas dengan bantuan beberapa alat bantu untuk berbisnis, berjualan sabun cair yang Ia buat sendiri, Pak Widodo berhasil mengembangkan bisnisnya secara bertahap sampai dengan sudah memiliki cukup banyak pelanggan setia. Sabun cuci cair nya di buat sendiri oleh Pak Widodo dengan konsep bisnis Home Industry atau proses produksinya dilakukan sendiri di rumah Pak Widodo yang dibantu satu orang pegawai. Usaha produksi sabun ini telah ditekuni oleh Pak Widodo selama kurang lebih 3 tahun. Produk Sabun yang dihasilkan yaitu sabun herbal yang mempunyai beberapa variasi seperti sabun mandi, sabun cuci, dan sabun detergen yang semuanya berbentuk liquid. Selain memproduksi sendiri, Pak Widodo juga menjual sendiri produk sabun tersebut. 

Bagi pembaca sekalian, tentunya perlu memikirkan hal yang unik dan langka dalam menciptakan produk usaha. Hal ini dilakukan juga oleh Pak Widodo dengan bisnis Sabun King Queenclong nya ini. Usaha produksi sabun herbal yang ditekuni oleh Pak Widodo ini mempunyai kelebihan yaitu diproduksi tanpa soda api, tanpa menggunakan pewarna makanan dan minyak nabati. Omzet yang dihasilkan setiap harinya yaitu sekitar Rp. 400.000,00 dengan keuntungan kurang lebih Rp.50.000 sampai Rp. 100.000,00 setiap harinya, menarik bukan?. Bagi penyandang difabel, motivasi usaha yang besar lah yang dapat menjadikan seseorang untuk keluar dari zona nyamannya dan mencoba hal baru yang menguntungkan tidak hanya bagi dirinya, melainkan juga bagi orang banyak.

Menarik melihat semangat usaha yang ditekuni Pak Widodo bukan? Bayangkan saja, untuk setiap harinya Pak Widodo menggunakan sepeda motor roda tiga yang dimodifikasi khusus bagi penyandang difabel yang juga Ia gunakan sebagai stand display produk atau tempat untuk memamerkan produk untuk berjualan. Setiap harinya Pak Widodo melakukan pemasaran produk sabun dengan cara door to door atau melakukan pemasaran secara keliling dari tempat satu ke tempat yang lain. Area pemsaran produk yang dilewati Pak Widodo yaitu daerah Gawok, Sukoharjo hingga Pasar Kliwon, Solo. Meskipun dalam menjalankan bisnisnya banyak kendala yang dirasakan oleh Pak Widodo, akan tetapi Pak Widodo tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya tersebut.  

Kisah lainnya yang akan saya ceritakan, tidak jauh juga dari daerah Solo. Usaha sabun cair yang tengah berkembang adalah kisah Pak Ruswinarto yang sudah menjalani usaha produksi sabun selama kurang lebih 2 tahun. Produksi dilakukan di rumah Pak Ruswinarto di daerah Luwang, Gatak, Sukoharjo. Setiap harinya Pak Ruswinarto memproduksi sabun herbal dengan nama Star Sabun Herbal. Produk sabun herbal tersebut berupa sabun mandi, sabun mencuci peralatan makan dan sabun mencuci baju. Pak Ruswinarto memasarkan produk sabun herbal hasil produksinya dengan menggunakan sepeda motor yang sekaligus difungsikan sebagai stand tempat memamerkan produknya. Omzet yang di hasilkan setiap harinya kurang lebih Rp.300.000,00 dengan keuntungan Rp.80.000,00. Pemasaran saat ini dilakukan sendiri oleh Pak Ruswinarto dengan cara berkeliling. 

Dua kisah yang sudah saya jelaskan setidaknya memberikan penggambaran sedikit mengenai peluang usaha sekaligus mekanisme berjalannya usaha sabun, khususnya sabun cair. Lantas, bagaimana strategi berbisnis agar menarik pembeli dan mendapatkan banyak pelanggan? tips dan trik yang paling utama menurut saya adalah melalui pemilihan desain kemasan yang menarik. Kenapa demikian? Menurut saya, salah satu hal yang cukup penting dari proses bisnis adalah desain kemasan. Pembaca sekalian perlu tau dong, kalau pemberian kemasan pada produk memiliki beberapa tujuan, seperti sebagai pelindung isi (protection), memberikan kemudahan dalam penggunaan (operation), bermanfaat dalam pemakaian ulang (reusable), memberi daya tarik (promotion) berupa aspek artistik, warna, bentuk, dan desain, sebagai salah satu identitas produk (image), memudahkan proses distribusi (shipping), dan dapat memberikan informasi (labelling) yang menyangkut isi, pemakaian, kualitas, dan sebagai cermin dalam inovasi produk. Membuat desain kemasan menjadi penting agar konsumen memiliki kesan baik terhadap produk yang kita tawarkan. Kemasan dapat dibuat atau dicari, seperti halnya mencari atau membuat sendiri kemasan berupa botol yang dapat digunkan untuk mengemas sabun cair yang anda tawarkan pada konsumen.

Lantas, mengapa sih kemasan sangat penting untuk diperhatikan? Kemasan tidak hanya dituntut untuk dapat memberikan aspek fungsional bagi konsumen. Kemasan (packaging) memiliki nilai komersial yang tinggi dan memiliki peran pen konsumen yang akan membeli atau memilih suatu produk untuk dibeli, 38% konsumen akan memilih produk melihat packagingnya, 45% konsumen memilih karena harga, dan 17% konsumen meilih produk karena terdapat promosi yang sedang berlangsung. Dengan data tersebut, dapat dikatakan bahwa packaging atau kemasan merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap keutusan konsumen untuk membeli suatu produk dari pelaku usaha dalam proses pemasaran  dan sebagai identitas dari suatu produk. Konsumen membuat pilihan pembelian berdasarkan persepsi mereka dimulai dari daya tarik tampilan visual dan nilai yang melekat pada suatu produk yang ditawarkan. Dengan demikian, pemilihan dan perancangan konsep desai suatu kemasan produk harus dilakukan secara seksama dimulai dari penentuan proses pengemasan, bahan dan bentuk pengemasan, warna, bentuk, logo, dan gambar-gambar yang akan digunakan.

Respons konsumen sebanyak 73% tertarik membeli suatu produk karena desain kemasannya sehingga dari pengambilan keputusan pembelian dilakukan pada point of sale.  Dengan demikian, timbul dugaan bahwa desain kemasan (packaging) juga dapat menimbulkan impulsive buying. Impulsive buying didefinisikan sebagai pembelian yang tidak terencana. Desain kemasan, utamanya tampilan kemasan suatu produk harus dibuat semenarik mungkin dengan branding yang dapat memikat para konsumen. Hal ini penting karena sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, seorang konsumen tentunya memiliki berbagai macam alternatif untuk memilih produk mana yang akan mereka beli, alternatif muncul berdasarkan merk-merk yang ada pada sebuah produk yang salah satunya berdasarkan dari citra positif yang diberikan oleh merk sebuah produk.

Pembaca sekalian perlu memberikan label pada desain kemasan, pembaca sekalian perlu juga memperhatikan bentuk kemasan dari produk yang di tawarkan pada konsumen. Umumnya pada produk sabun cair, saya sarankan untuk menggunakan botol flip top. Penggunaan botol flip top ini juga dinilai lebih praktis, hemat dan higienis karena dalam penggunaannya, cairan sabun yang akan keluar tidak akan sebanyak bila menggunakan kemasan botol yang sebelumnya. Penggunaan botol flip-top dengan cara menekan bagian botol (bukan tutup). Isi cairan akan keluar hanya ketika botol ditekan. Jadi, ketika botol tersebut dalam keadaan terbalik dan tutup atas terbuka, isinya tidak akan keluar karena tutupnya sudah didesain sebaik mungkin dan memiliki sistem pengunci sehingga cairan tidak mudah tumpah. Warna botol yang transparan ini akan membuat isi sabun cair akan terlihat secara nyata. Konten dari kemasan botol ini sudah cukup mewakili apa yang diinginkan responden. Selain botol flip top, pembaca sekalian juga dapat menggunakan botol yang menarik, yaitu botol pump. Penggunaan botol pump adalah dengan menekan bagian tutup atas botol yang memiliki bentuk seperti selang. Dengan demikian, cairan yang ada di dalam botol sangat aman dan tidak akan mudah tumpah. Untuk sabun cuci tangan, dipilih bentuk kemasan botol pump ini agar mudah digunakan oleh para pengguna sabun. Informasi seperti merk, keterangan kegunaan, volume, dan alamat.

Agar pembaca sekalian memiliki gambaran bagaimana bentuk dari botol sebgai kemasan yang menarik, saya akan coba berikan contoh bentuk botol dan desain kemasan sebagai bentuk brand produk dagang. 


Gambar tersebut merupakan desain prototipe dari kemasan untuk sabun cuci piring. Desain kemasan sebagai pelabelan harus dibuat semenarik mungkin. Konten dari kemasan botol ini sudah cukup mewakili apa yang diinginkan responden. Informasi seperti merk, keterangan kegunaan, volume, dan alamat pelaku usaha sudah tertera dalam desain kemasan botol yang baru ini. Informasi tersebut sudah tertera pada label yang dilengkapi dengan gambar sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Dalam hal ini adalah sabun cuci piring, sehingga gambar yang tertera yaitu peralatan rumah tangga seperti piring dan gelas. Label kemasan memadukan warna hijau sebagai warna dominan dan putih sebagai warna pendukung. Warna tulisan pada merk Star Sabun adalah warna merah, dan King Queenclong warna biru. Hal ini menambah keserasian warna pada kemasan sabun cair pencuci piring ini.


Gambar tersebut adalah gambaran dari desain kemasan dan bentuk botol yang sesuai untuk di gunakan mengemas produk sabun cuci tangan atau hand wash senitizer, keren bukan? Dan mengapa sih perlu di buat dengan desain label kemasan seperti gambar diatas?. Sederhananya, agar label yang di cantumkan dalam label konten dapat memberi informasi menyeluruh bagi pembaca sekalian dan calon konsumen. Informasi seperti merek, keterangan kegunaan, volume, dan alamat pelaku usaha juga tertera dalam desain kemasan botol cuci tangan ini. Label kemasan untuk sabun cuci tangan King Queenclong memadukan warna ungu dengan tulisan warna putih. Sedangkan untuk sabun cuci tangan Star Sabun memadukan warna tulisan merah dan biru, warna latar belakang memadukan warna hijau dan putih. Dengan bentuk kemasan, fungsi, dan perpaduan warna pada label akan menambah daya tarik para calon pelanggan untuk membeli sabun cuci tangan ini. 

Sudah banyak mengerti kah mengapa perlu membut desain kemasan menarik dan contoh desain kemasan yang saya anggap menarik? Lebih lanjut, tips dan trik yang tidak kalah pentingnya adalah lakukanlah pemasaran melalui e-commerce. Globalisasi secara pesat perkembangannya tak dapat terbendung lagi. Sebagaimana teknologi memang harus dimanfaatkan dengan baik dan semaksimal mungkin, fasilitas jual-beli online melalui internet juga harus dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat menguntungkan bagi produsen online dan konsumen. Hal ini penting agar produk dapat sampai kepada para calon konsumen. Aktivitas jual-beli online memang di satu segi memiliki banyak kelebihan. Antara produsen dan konsumen bisa lebih menghemat waktu karena dengan menggunakan e-commerce, tidak harus membuang waktu ke toko fisik yang ada di Mall atau pun pusat perbelanjaan lain. Ada banyak situs belanja online yang bisa anda sekalian manfaatkan seperti halnya Olx, Bukalapak, pasarmaret.com, JD.id, tokopedia.com, dan banyak website jual beli online yang bisa manfaatkan. Dengan membuat toko online tersebut, maka dapat memudahkan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya karena toko online mempunyai cakupan yang sangat luas. Berikanlah foto terbaik dan deskripsi yang meyakinkan mengenai produk sabun anda dalam toko online untuk menarik pembeli.

Semoga artikel ini dapat membantu anda sekalian medapatkan banyak jalan terang untuk memulai bisnis, bisnis apa yang memiliki banyak peluang, prospek yang menguntungkan, bagaimana membuat kemasan agar menarik banyak konsumen dan mendapatkan banyak pelanggan, serta bagaimana tips agar produk dapat di kenal. Selebihnya, anda harus mulai mencoba dan semoga pembaca sekalian berhasil.  

Penulis: 
1. Nadia Sigi Prameswari, S.Sn, M.Sn.
2. Drs. M.Suharto, M.Sn.
3. Esty Wulandari, S. Sos., M. Si.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon