SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Minggu, 21 Oktober 2018

Ternyata Ini Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Wirausaha


Ternyata Ini Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Wirausaha – baru baru ini, terdapat lowongan kerja CPNS tahun 2018. Pemerintah membuka CPNS 2018 dengan jumlah posisi yang dilamar ribuan. Namun pelamarnya mencapai jutaan orang. Memang lowongan untuk kerja di instansi pemerintah dan BMUN masih menjadi primadona dengan kelebihan bahwa PNS mendapatkan uang pensiun. Masih banyak masyarakat Indonesia yang berfikir untuk hidup sukses dan nyaman melewati masa hari tua adalah bekerja menjadi seorang PNS. 

Banyak juga yang sadar bahwa untuk hidup seperti yang di impikan tersebut bukan hanya menjadi PNS  ( pegawai negeri sipil). Menjadi pengusaha atau wirausaha juga dapat membuat hidup semakin mudah dan dapat menjalani hari tua dengan menikmati kesuksesan dari usaha yang dirintisnya.


Ternyata Ini Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Wirausaha

Jika ada pertanyaan, caranya menjadi kaya bagaimana??? Ya... dengan menjadi pengusaha / entrepreneur. Namun untuk menjadi wirausaha sukses butuh kerja keras, konsistensi, disiplin waktu dan pengorbanan. Tidak semua wirausaha bisa sukses namun semua orang sukses banyak dari pengusaha.

Kali ini siapabisnis.com akan mengulas apa kelebihan dan kekurangan menjadi wirausaha...

Kelebihan mejadi wirausaha

1. tidak terikat dengan jam kerja ( waktu)
Jika pada umumnya anda bekerja di perusahaan atau tempat usaha milik orang lain, akan ada yang namanya jam kerja. Waktu kerja bisa sampai seharian full tanpa henti dan bahkan sampai dirumahpun atasan anda memberi tugas. 

Jika anda menjadi wirausaha, maka anda akan menjadi seorang bos. Waktu kerja anda dapat anda atur sendiri dan tidak ada yang memarahi saat anda tidak kerja. Bahkan mungkin waktu kerja anda di selipkan dengan interaksi dengan istri dan anak anak (bekerja sambil bersaintai dengan kelurga).

2. menghasilkan uang yang sesuai anda inginkan.
Jika anda berkeja di perusahaan lain, pastinya anda akan menerima gaji tetap, dengan nominal tiap bulan sama. Jika mendapat bonuspun itu harus memenuhi target dan bonus yang diberikan tidak seberapa dengan apa yang anda kerjakan. 

Anda sebagai wirausaha dapat menghasilkan uang yang anda inginkan dan nominal uang yang tidak dibatasi. Yahh... walaupun memang penghasilan ada naik turum perbulan, namun suatu saat jika tekad anda sangat besar maka anda dapat mewujudkan target perhasilan yang yang inginkan.

3. dapat membuka lapangan kerja baru
Salah satu manfaat dari menjadi wirausaha adalah dapat membuka lapangan kerja baru. Usaha anda dapat bermanfaat bagi orang lain dan juga karyawan karyawan anda dapat menhidupi keluarga mereka. secara sederhananya “itung itung dapat pahala karena dapat menolong orang dengan memberi mereka pekerjaan. 

Selain bermanfaat bagi orang lain, juga dapat mengurangi beban negara. Bagaimana tidak, jika anda sebagai wirausaha pastinya akan membayar pajak dan digunakan untuk kemaslahatan masyarakat. anda juga mengurangi beban negara dengan membantu masyarakat memberi mereka pekerjaan.

4. bertambahnya pengalaman dan ilmu
Terdapat istilah “ walaupun sudah tua, walaupun sudah sukses jangan pernah berhenti belajar” 

Ungkapan tersebut sangat tepat mengingat menjadi wirausaha merupakan suatu hal yang penuh tantangan yang harus dilewati untuk menuju kesuksesan. Menjalankan kegiatan usaha pasti suatu saat akan mengalami masalah atau rintangan, namun bagaimana anda harus mengatasi hal tersebut. dan dari pengalaman tersebut anda akan lebih memiliki wawasan dan pengalaman.

Contoh sederhana, pada suatu saat usaha yang anda jalankan mengalami kerugian sebesar 100 juta dan saat ini sudah melewati masa krisis tersebut dan malah dapat keuntungan sampai 500 juta. Anggap saja anda sedang belajar untuk untung 500 juta dengan membayar uang spp 100 juta.

5. menambah pertemanan (jaringan)
Menjadi pengusaha berarti aktivitas kegiatan sehari hari anda bertemu dengan banyak orang. Mungkinsuatu saat dengan banyaknya pertemanan akan membuat kerjasama bisnis dan malah akan mengembangkan usaha anda menjadi lebih bagus.

6. pekerjaan sesuai dengan hobby
Ini menjadi salah satu keuntungan berwirausaha. Anda bisa menjual apapun sesuai dengan minat atau hobby yang anda miliki saat ini. dengan begitu anda bisa mengerjakan pekerjaan dengan riang gembira, enjoy dan tetap menghasilkan banyak uang.

Kekurangan menjadi wirausaha

1.  pendapatan tidak tetap.
Kekurangan pertaman adalah pendapatan yang anda peroleh tidak tetap (naik turun). Yang namanya sebuah bisnis pasti ada kalanya barang yang kita jual laku / laris dan juga ada kalanya sepi. Apalagi pada saat awal memulai usaha. namun jika manajemen yang anda terapkan sangat baik. Perlahan tapi pasti pendapatan yang dimiliki pasti akan bertambah sampai tidak terbatas.

2. waktu kerja tidak tentu
Pada awal memulai usaha, biasanya meraka bekerja ekstra keras dan bahkan jam kerjanya lebih lama dibandingkan dengan orang yang menjadi pegawai /karyawan. Namun dengan berjalannya waktu, usaha yang dirintis lama kelamaan akan semakin teratur dan bahkan bisa mengembangkan lagi dengan merekrut karyawan dan anda hanya perlu mengontrol.

3. risiko rugi sangat besar
Yang namanya usaha, ada ungtung dan ada rugi. Semua perusahaan, semua usaha pasti akan mengalaminya. Jadi jangan syok atau jangan menyerah jika usaha anda mengalami hal tersebut. mungkin siapa tahu itu merupakan awal kesuksesan usaha.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terima kasih.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon