SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Minggu, 28 Oktober 2018

Pengertian Budidaya Adalah


Pengertian budidaya adalah – istilah budidaya dalam dunia usaha memang tidak asing. Budidaya sudah melekat pada usaha di bidang perikanan dan pertanian. Namun apakah benar hanya bidang itu saja??? mari disimak ulasan siapabisnis.com. Jika merujuk dari kamus besar bahasa indonesia, budidaya adalah usaha yang bermanfaat dan memberi hasil.

Pengertian pembudidaya yaitu orang yang membudidayakan, sedangkan pembudidayaan merupakan proses, cara, perbuatan membudidayakan.

Pengertian Budidaya Adalah

Menurut laman wikipedia indonesia, Budidaya dalam pertanian adalah kegiatan yang terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal lahan untuk diambil manfaat / hasil panennya.

Jika budidaya dalam pertanian kegiatan utamanya adalah membesarkan tanaman setelah itu memanennya.

Jika budidaya hewan, kegiatan utamanya adalah mengenai pembesaran hewan anakan atau bibit /benih dengan proses waktu tertentu kemudian dijual kembali atau disembelih atau diambil bagian tubuh atau telurnya untuk dimanfaatkan untuk yang lain.

Menurut Perpres no 48 tahun 2013 tentang budidaya hewan peliharaan adalah usaha yang dilakukan di suatu tempat tertentu pada suatu kawasan budidaya secara berkesinambungan untuk hewan peliharaan dan produk hewan.

Menurut UU RI no 31 tahun 2004 tentang perikanan adalah kegiatan untuk memelihara, membesarkan, dan atau membiakkan ikan serta memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol, termasuk kegiatan yang menggunakan kapal untuk memuat, mengangkut, menyimpan, mendinginkan, menangani, mengolah dan atau mengawetkannya.

Apa saja manfaat budidaya ???

Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari budidaya:
1. mendapatkan keuntungan dari segi finansial misalnya jika hasil budidaya dijual kembali.

2. bermanfaat sebagai konsumsi pribadi. Misalnya jika hasil budidaya tersebut hanya untuk diolah atau dinikmati sendiri.

3. ilmu menjadi bertambah. Dengan menjalankan budidaya yang mulai belajar dari teori kemudian dapat dipraktekkan sendiri. ilmu yang didapatkan melalui praktek lapangan.

4. mendapatkan pengalaman yang berharga. Dari praktek budidaya sudah otomatis kita mendapatkan pengalaman yang berharga mulai dari tahap awal budidaya sampai masa panen. bahkan permasalahan permasalahan yang muncul yang mennjadi pelajaran yang berharga dan bagaimana cara mengatasinya.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon