SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Rabu, 17 Oktober 2018

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Ternak Kambing


Kelebihan dan Kekurangan Usaha Ternak Kambing – usaha ternak kambing memang masih memiliki prospek yang cerah. Bagaimana tidak, keuntungan yang dihasilkan dari usaha ini terbilang menggiurkan. Yah... walaupun memang ada potensi kerugian, namanya juga sebuah usaha. 

Jika ditekuni modal usaha yang awalnya kecil lama kelamaan menjadi besar. dan perkembangan bisnisnya juga semakin besar. Usaha ini memang sangat menguntungkan, anda bisa mengamati secara langsung pelaku usaha yang menggeluti bisnis ini jika digeluti secara serius maka merekapun akan menjadi sukses.


Kelebihan dan Kekurangan Usaha Ternak Kambing

Bagi pelaku usaha pemula, jangan grasa grusu.... cari informasi sebanyak mungkin untuk mengambil keputusan jika ingin membuka usaha ternak kambing. Cari informasi bagaimana analisa usahanya, modal awalnya, buat perbandingan mendingan usaha ternak kambing atau ternak sapi yang lebih cocok untuk anda.

Siapabisnis.com akan mengulasnya untuk anda:

Kelebihan usaha ternak kambing

1. daging olahan kambing sangat di sukai masyarakat
Dari sudut permintaannya, daging kabing masih merupakan daging yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Olahan apapun dari daging kabing sangat cocok untuk masyarakat. daging kambing bisa dibuat tongseng, dan sate kambing. Dengan permintaanya yang sangat tinggi, tidak salah jika anda memilih untuk usaha ternak kambing.

2. jenis usahanya penggemukan kambing atau pengembangbiakan kambing sama sama menguntungkan
Beternak kambing ada dua macam yaitu penggemukan kambing atau pengembangbiakan kambing. Anda bisa juga mengembangkan bisnis kedua duanya. Asalkan manajemennya harus baik. Itu juga harus disesuaikan dengan keuntungan yang akan didapatkan lebih cocok yang mana. Dan atau anda lebih mudah menjalankan yang mana

3. bisa memulai dengan modal kecil
Jika anda sebagai pengusaha pemula, anda bisa mencobanya dengan modal kecil. mulailah membeli beberapa ekor kambing. Jika sudah masa jualnya, anda bisa menjual dan lakukan perputaran uangnya.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Ternak Kambing

4. permintaan kambing melonjak pada saat hari raya idul adha
Kelebihan lain dari usaha ini adalah permintaan kambing melonjak drastis pada saat hari raya idul adha. Bahkan sering kali semua dagangan kita ludes / habis semua. Ini adalah salah satu kelebihan yang jarang dimiliki jenis usaha lain, mengapa bisa begitu? Momen tersebut baik bagi pemula karena tidak perlu promosi atau jika anda tidak paham dalam pemasaran, masyarakat akan mencari sendiri (otomatis laku)

5. pemberian makan mudah
Dalam hal pemberian makan kambing tergolong mudah dan makanannya juga sangat mudah dicari  (tidak langka).

6. kotoran dapat dimanfaatkan untuk pupuk
Kotoran pada kambing dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang dapat menyuburkan tanaman. 

7. pembuatan kandang murah
Kelebihan lainnya adalah dalam pembuatan kandang kambing, bisa dibuat dari bahan bahan yang murah, seperti, bambu, dengan atap genteng. Dengan berbiaya murah, maka pelaku usaha dapat menghemat biaya dan lebih baik digunakan untuk membeli pakan atau obat. 

Disamping ada kelebihan, usaha ini juga ada kekurangannya seperti apa??? berikut ulasannya:

Kekurangan usaha ternak kambing

1. pelaku usaha harus berani kotor
Jika anda ingin menggeluti bisnis ini, anda harus bersiap siap untuk mulai kotor. yahh... walau bagaimanapun misalnya anda sudah memiliki karyawan. Hal itu tetap saja anda harus berani kotor. bagaimana mungkin anda memiliki usaha ternak kambing namun tidak pernah datang dan melihat langsung  kambing anda. bagaimana mungkin anda menyuruh karyawan anda untuk memberi pakan, namun anda tidak pernah memberi contoh cara memberi pakan yang benar.

2. ada musim dimana harga kambing turun drastis
Kelebihan dari ternak kambing adalah pada saat idul adha dimana permintaannya melonjak drastis. Namun setelah idul adha harga kambing akan turun drastis

3. perawatan harus disiplin
Dalam hal perawatan kambing harus disiplin, misalnya dalam pemberian makan, dan membersihkan kandang juga harus rutin agar kambing terhindar dari penyakit.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon