SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Rabu, 31 Oktober 2018

Cara Ternak Jalak Suren Untuk Pemula dan Prospek Usahanya


Cara Ternak Jalak Suren Untuk Pemula dan Prospek Usahanya – salah satu peluang usaha ternak burung yang masih banyak diminati salah saatunya adalah ternak jalak suren. Burung ini merupakan burung jalak yang banyak dicari pecinta hobi burung. dengan warnanya yang sangat cantik dan kicaunyanya yang indah membuat burung ini laris diburu masyarakat pencinta burung. jika anda mencari burung ini di alam bebas sangat jarang oleh karena itu banyak dari pelaku bisnis ternak hewan yang melirik bisnis ini.

Prospek Usaha
Bagi peternak jalak suren tidak perlu khawatir, karena sudah banyak sekali pecinta burung jalak suren ini. yang terpenting adalah burung jalak suren yang dijual memiliki kicauan yang merdu dan tubuh yang cantik, pasti akan laku terjual.


Cara Ternak Jalak Suren Untuk Pemula dan Prospek Usahanya

Siapabisnis.com akan mengulas cara ternak jalak suren agar para pembaca dapat menerima tambahan informasi bagaimana beternak burung ini.

1. Membuat Kandang Penangkaran
Langkah pertama adalah menyiapkan kandang penangkarannya. Ukuran kadang burung dapat disesuaikan dengan jumlah yang ingin dikembangbiakkan. Minimal luasnya sekitar panjang 100 cm, lebar 90 cm, tinggi 180 cm. beberapa hal yang harus diperhatikan oleh peternak

Cara Ternak Jalak Suren Untuk Pemula dan Prospek Usahanya

-       Pada dinding sebelah kanan, kiri, dan belakang bisa dibuat dari bahan batako dan jangan diplester agar kelembabannya terjaga.

-       Sedangkan untuk bagian depan ditutup dengan kawat agar terdapat udara keluar masuk.

-       Untuk bagian lantai bisa menggunakan kayu sehingga memudahkan burung mencengkeram
-       Sediakan juga tempat untuk mandi burung di dalam kandang

2. Memilih Indukan
 Dalam memilih indukan, cari usian yang produktif yaitu berusia 1 sampai 2 tahun. Dan pastinya secara fisik tubuh burung ideal, jinak dan sehat.

Anda harus tahu membedakan jantan dengan betina. Jika jantan mempunyai tubuh yang panjang dan lebih besar dengan kepala lebih bulat dan dengan paruh panjang, pada bagian jambul terlihat lebih panjang. Sedangkan untuk betina mempunyai ciri kepala ramping dengan ukuran tubuh pendek dan jambul pada kepala lebih pendek.
 
Cara Ternak Jalak Suren Untuk Pemula dan Prospek Usahanya
jantan (kiri), betina (kanan)
3. Pemberian Pakan
Pakan utama burung adalah voer. Dan pakan tambahannya berupa ulat hongkong, jangkrik, atau juga pisang kepok. Lakukan pemberian pakan secara rutin agar nutrisi burung terpenuhi
 
Cara Ternak Jalak Suren Untuk Pemula dan Prospek Usahanya
pakan voer
4. Tahap Perjodohan
- langkah pertama dengan melakukan perkenalan dengan memasukkan indukan ke dalam kandang yang berbeda namun berdekatan.

- mengatur posisi wadah pakan burung di tempat yang berdekatan walaupun sangkarnya berbeda.

- mengatur posisi tempat burung bertengger dalam arah segaris lurus dan berdekatan.

- tunggu sampai burung jantan dan betina saling bersautan kicauannya dan pada saat tidurpun berdekatan.

- jika sudah, maka jadikan dalam satu sangkar dan pastikan agar tidak saling menyerang.
- jika salah satu burung menyerang, semprotkan air ke burung tersebut dan jika terulang lagi itu berarti burung jantan dan betina belum jodoh.

- pisahkan lagi ke kandang berbeda dan tunggu beberapa hari.

- kemungkinan berjodoh, burung terlihat tenang jika disatukan ke satu kandang.

- lalu pisahkan lagi kedua burung secara berdekatan dan jika burung tersebut saling bersautan maka sudah berjodoh.

5. Tahap Perkawinan
Jika burung sudah berjodoh, pindahkan ke dalam kandang yang terdapat pada sangkat sehingga burung tersebut bisa melakukan proses perkawinan secara alami.

6. Tahap Pengeraman
Satu burung dapat menghasilkan sekitar 3 butir telur dan proses pengeraman dilakukan indukan betina selama sekitar 14 hari.

7. Tahap Penetasan dan perawatan anakan
Setelah 14 hari, telur akan menetas dan segera ambil telur tersebut abik yang sudah menetas maupun yang tidak. Anakan yang baru menetas dapat dipindah ke tempat penghangat dan diberi makan 3 sampai 4 jam setelah menetas.
 
Cara Ternak Jalak Suren Untuk Pemula dan Prospek Usahanya
anakan jalak suren
Bagi telur yang belum menetas ditaruh ke alat penetasan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian. Terimakasih.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon