SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Senin, 29 Oktober 2018

Cara Ternak Burung Kacer dan Prospek Usahanya


Cara Ternak Burung Kacer dan Prospek Usahanya – nama burung kacer bagi penggemar burung sudah tidak asing lagi. Bagaimana tidak.... burung ini memiliki suara /kicauannya yang sangat merdu dan warna yang cantik. 

Beberapa pelaku usaha melirik ternak burung kacer mengingat permintaannya yang cukup tinggi, selain itu juga harga burung ini tidak murah.

Jika anda ingin menggeluti bisnis ini, harus mengetahui cara beternak burung kacer agar cepat bertelur.


Cara Ternak Burung Kacer dan Prospek Usahanya

1. menyiapkan kandang penangkaran

Siapkan kandang penangkarang
Siapkan kandang burung untuk kacer dengan jumlah yang ingin dibudidayakan. Kandang burung harus disesuaikan dengan burung agar kacer menjadi nyaman dan diusahakan agar kandang dibuat seperti habitat aslinya seperti di sangkar terdapat ranting ranting kecil.

Ukuran kandang yang bagus akan baik untuk kacer yaitu pajang 1,5 sampai 2 meter dan lebar 0,7 sampai 1 meter dan tinggi 1,7 sampai 2 meter.

Dinding pada kandang menggunakan batako dan tidak perlu diplester hal itu untuk menjaga kelembaban pada kandang.

Untuk atap menggunakan genteng atau asbes.

Pada bagian dinding depan kandang menggunakan kawat agar terdapat udara keluar masuk kandang. 

Didalam kandang juga diberi tempat makan dan tempat minum untuk kacer.

Sediakan kotak tempat kacer untuk bersarang dan diletakkan di bagian belakang dengan ukuran 15 x 15 cm dan kotak dari bahan kayu.

Cara Ternak Burung Kacer dan Prospek Usahanya

Sediakan juga sabut kelapa, daun cemara, tankai daun lamtoro di kotak bersarang.

Siapkan kolam
Selanjutnya adalah dengan menyediakan kolam sebanyak dua kolam dimana kolam 1 untuk mandi burung kacer dan kolam 2 diisi dengan pasir dan batu kecil karena kacer seringkali mengangkut batu batu kecil untuk membuat sarang.

2. memilih bibit kacer
Selanjutnya adala memilih bibit karena bibit indukan yang unggul membuat kualitas anakan kacer juga bagus.

Memilih jenis burung kacer
Beberapa jenis kacer yang bisa diternak seperti kacer poci dimana jenis ini banyak di pulau kalimantan dan sumatra. Kacer jawa yang tidak jauh beda dengan kacer poci namun siulan kacer jawa lebih lantang dan warna hitam lebih dominan. Kacer blorok adalah hasil perkawinan kacer poci dan kacer jawa dan ciri khas warnanya hitam dan putih.

Bibit indukan
Usia indukan jantan berumur 2 tahun sedangkan indukan betina berumur 1 tahun. Pilihlah bibit dengan postur tubuh yang bagus, dan suara yang bagus. saat memilih bibit usahakan yang jinak agar tidak mudah terganggu saat mengerami.

3. penjodohan
Yang harus diperhatikan adalah kesabaran karena untuk menjodohkan kacer butuh waktu, jika tidak sabar pasti tidak berhasil dalam menjodohkan kacer.

Langkah pertama gantung kacer betina dan kacer jantang supaya tidak saling melihat dan hanya mendengar suaranya saja.

Tunggu sampai kacer tersebut saling bersautan.

Setelah itu kedua kandang didekatkan supaya saling mengenal dan tunggu sampai 2 minggu.

Tanda2 kacer sudah mulai tertarik adalah kacer jantan berkicau lebih keras, kacer beritna membalas kicauannya, kacer betina juga terlihar lebih gelisah.

4. pengeraman
Tahao selanjutnya adalah pengeraman. Setelah telur menetas sering kali betina tidak mau mengerami telurnya. Namun jika betina mengerami telur jangan sampai mengganggu sampai telur bisa menetas. Umumnya telur menetas sekitar 14 hari dengan jumlah telur kacer 3 sampai 4 butir.

5. pemberian pakan
Dalam kandungan pakan untuk kacer harus memiliki protein yang tinggi agar menjaga kebutuhan nutrisi betina saat bertelurm mengerami dan meloloh anaknya.

Beberapa makanan yang bisa diberikan untuk kacer adalah jangkrik, belalang, kroto, ulat hongkong. Pastikan pemberian pakan dilakukan secara teratur.

6. perawatan anak kacer
Secara umum anakan kacer baru bisa diambil uasianya sekitar 3 sampai 4 minggu dan buatkan kandang tersendiri dan dipisahkan dengan indukan.

7. Pelolohan anak
4 minggu setelah dipisah dari indukan, secara rutin memberikan pakan yang bernutrisi.

8. Pemasteran kacer kecil
Latih kacer kecil dengan cara siulan lagu  dengan tujuan kacer kecil bisa terlatih bersiul.
Semoga ulasan dari siapabisnis.com dapat bermanfaat untuk solusi ternak burung kacer



Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon