SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Kamis, 25 Oktober 2018

9 Ide Bisnis Dalam Dunia Musik

9 Ide Bisnis Dalam Dunia Musik – kali ini siapabisnis.com akan mengulas mengenai ide bisnis dalam dunia musik. Mengingat dunia musik sekarang ini semakin populer dan disukai banyak anak muda dan remaja. Lihat saja kontes idol yang ada di beberapa televisi nasional baik kontes lagu pop, lagu dangdut bahkan diadakan kontes idol untuk usia anak anak. Setiap tahun pendaftarnya sangat tinggi dan dengan antusiasme yang tinggi pula.

Antuasiasme yang luar biasa ini mungkin di dasari oleh pemberitaan pemberitaan yang meceritakan kisah para musisi atau penyanyi yang dulunya adalah seorang biasa biasa saja dan tidak punya apa apa, sekarang ini menjadi terkenal / populer dan dapat meraih kesuksesan yang sangat diimpikannya.

Namun bisnis dalam dunia musik bukan hanya menjadi penyanyi saja, masih banyak lagi bisnis yang bisa anda tekuni dan menjadi sukses di kemudian hari. 


9 Ide Bisnis Dalam Dunia Musik

Berikut adalah ide bisnis dalam dunia musik yang bisa anda lakukan.

1. Studio musik
Ide pertama adalah dengan membuat studio musik, atau biasa dikenal dengan istilah rental musik. Sebenarnya banyak masyarakat yang memiliki hobi dan keahlian bermain musik, namun mereka tidak memiliki tempat dan alat musiknya. Nah dengan membuka studio musik dapat memfasilitasi masyarakat yang ingin bermain musik tanpa ada gangguan dan orang lain tidak merasa di ganggu oleh suara suara bising yang diakibatkan dari alat musik tersebut.

Untuk modal yang harus digelontorkan cukup besar mengingat harga alat musik sangat mahal.

Belum juga ditambahkan dengan renovasi ruangan yang harus kedap suara sehinga tidak mengganggu orang lain.

Beberapa alat musik yang harus disediakan di studio musik antara lain: 2 gitar, satu set drum, satu bas gitas, satu keyboard, dan microfon. Dan dengan kelengkapan musik seperti sound, pedal efek, kabel, lampu.

Studio musik juga harus di dukung oleh daya listrik yang tinggi karena memang membutuhkan daya yang sangat tinggi.

9 Ide Bisnis Dalam Dunia Musik

Dengan modal usaha yang sangat besar, sebanding dengan keuntungan yang akan didapatkannya. Karena biaya operasional yang harus dikeluarkan hanya membayar biaya listrik saja.

Sedangkan jika ada peralatan musik yang rusak harus diganti oleh penyewanya yang saat itu merusakan. 

2. Live sound engineering
Selanjutnya adalah bisnis teknisi suara (dalam bahasa sederhanya). jika anda memiliki keahlian teknisi, lebih baik anda menekuni bisnis ini. teknisi suara pada suatu pertunjukan / penampilan sangat penting. karena jika terdapat gangguan pada sound sistem nya. Maka sangat diperlukan tugas seorang teknisi untuk memperbaiki secara cepat agar pertunjukan dapat berjalan lancar. Teknisi suara juga melakukan pekerjaan untuk mengecek sound sistem sebelum pertunjukan dimulai.

Untuk fee yang diterima juga sangat besar, mengingat pekerjaan ini membutuhkan keahlian yang tinggi dan juga jam terbang yang tinggi.
sound engineering


Memang harus diakui bahwa banyak dari masyarakat Indonesia masih belum mengenali dan mengerti pekerjaan ini. mereka hanya tahu bahwa suatu konser musik yang paling penting adalah penyanyi dengan band nya dan penari latar. Mereka tidak tahu yang ada dibelakang layar panggung.


Ada yang mengatakan bahwa pekerjaan ini tidak mampu menghasilkan uang besar / gaji yang besar. memang wajar saja. Namun setelah ditelisik, pekerjaan ini mampu menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Misalkan saja dalam suatu konser musik atau acara musik live ada berapa lagu? Katakanla 15 sampai 25 lagu. Untuk standardnya saja jika untuk mixing dan mastering untuk mendapatkan suara yang bagus biayanya dari 500 ribu sampai 1 juta rupiah per lagu, namun mahal tidaknya tarif tergantung pengalaman kerja. Jika pengalaman / jam terbang masih rendah mungkin akan dibayar kecil namun itu sangat berguna untuk menambah portfolio. 

Apalagi jika terdapat panggilan menjadi sound engineer di konser musik yang terkenal, tidak dibayarpun pasti akan mau untuk menambah jam terbang dan portfolio.

Sangat berbeda jika bernyanyi dalam rekaman / studio dengan bernyanyi di luar ruangan dan pada saat live, karena pada saat live akan ada suara suara yang berisik yang datang baik dari para penonton maupun para kru kru yang sibuk pada pekerjaannya masing masing.

Jangan salah loh.... musisi/ band/ penyanyi yang sebagus apapun jika suara yang keluar bisa jadi menjadi amatir jika tidak disetting sound engineer.
Jika penyelenggara cocok, maka suatu saat jika mereka ingin mengadakan acara lagi pasti akan menghubungi lagi.

 
3. Guru musik privat
Jika anda memiliki keahlian memainkan alat musik, anda bisa membuka bisnis menjadi guru musik privat. Modal usaha yang dibutuhkan juga kecil. tugas anda hanya mempromosikan keahlian anda saja. keuntungan lainnya adalah dengan menjadi guru musik privat, anda bisa menentukan tarif sendiri dan jadwal mengajar sendiri.


Jika anda memiliki keahlian untuk memainkan alat musik, menjadi guru private musik salah satu pekerjaan yang bisa anda coba. Banyak sekali orang tua yang menginginkan anaknya untuk belajar musik secara private, tujuannya selain untuk menambah pengalaman bermain juga sebagai stimultan perkembangan otak. Tidak semua orang memiliki keahlian dalam instrumen musik dan itu mengapa tarif untuk kursus musik provat sangat mahal. Untuk tarif tergantung dari kecakapan dan pengalaman selama bekerja dalam dunia musik.  

Semakin guru tersebut berpengalaman maka semakin besar tarif yang diberlakukan ke muridnya. Walaupun tarifnya sangat mahal, namun tetap saja banyak orang tua yang tertarik. Contoh Tarif guru les pirvate alat musik piano bervariasi mulai dari 50 ribu perjam sampai 200 ribu perjam.

4. Les musik
Berbeda dengan les atau kursus musik. jika guru musik privat hanya anda sendiri, sedangkan kursus musik merupakan usaha yang lebih komplek lagi, bedanya adalah membuka kursus musik harus memiliki tempat belajar, panduan belajar juga harus jelas, manajemen jadwal pengajaran harus jelas, memiliki banyak guru musik.


Untuk membuka les musik tidak harus memiliki keahlian dalam bisang musik, namun biasanya les musik didirikan oleh mereka yang sudah memiliki keahlian dalam bidang musik. mendirikan les musik atau sekolah musik memang harus lebih hati hati karena banyak faktor yang harus diperhatikan agar mampu berkembang dan bertahan


a. segmen pasar
segmentasi pasar yang dituju harus jelas karena itu yang menentukan langkah dan perencanaan strategi kedepannya. Misalnya memilih anak anak atau kalangan pelajar atau untuk orang dewasa yang ingin mahir dalam memainkan alat musik

b. peralatan musik
setelah mengenali segmen yang dituju, dengan begitu kita bisa menyediakan alat alat musik seperti drum, keyboard, piano, gitar, saksofon, biola dan alat musik lainnya. Untuk melengkapi peralatan musik tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. 

c. kurikulum pembelajaran yang lengkap dan berjenjang
salah satu hal penting lainnya adalah dengan membuat kurikulum pembelajaran agar ada pedoman dalam guru mengajar pada siswanya
 

5. Jual alat musik
Selanjutnya adalah bisnis jualan alat musik. pasti banyak yang membutuhkan alat alat musik. baik itu dari pemula maupun yang pintar bermain musik. semakin banyak orang yang menyukai musik, dan senang bernyanyi, potensi untuk permintaan alat musik semakin tinggi pula.

6. Additional musician
beberapa kali jika anda melihat / menonton band namun di dalam pertunjukannya kok ada pemain musik lain. Nah... pemain musik lain tersebut disebut additional musician. Additional musician sebagai pendukung pertunjukan dari band band utama.

7. Penulis lagu
Bisnis lainnya adalah menjadi penulis lagu. Memang untuk menjalankan bisnis ini tergolong susah untuk meraup untung dalam waktu singkat. Karena tingkat kesulitan cara agar penyanyi mau menggunakan jasa penulis lagu sangat jarang. Jika pun ada, mereka (penulis lagu) sudah memiliki nama dan rekam jejak bahwa lagu lagu yang diciptakannya banyak yang populer.

8. Penyanyi solo
Beberapa dari masyarakat kita yang memiliki suara yang indah memilih untuk menjadi penyanyi solo. Mulailah untuk mencoba menjadi penyanyi di kafe kafe. Dan dari situ sangat mungkin jika suatu saat nanti dilirik oleh produser rekaman.
Sedangkan untuk cara yang lebih instan lagi adalah dengan mengikuti kontes kontes idol yang diselenggarakan televisi nasional. 

Beberapa contoh penyanyi solo yang dulunya hidup sederhana dan sekarang populer

Inul Daratista
Siapa yang tidak tahu penyanyi dangdut solo yang terkenal dengan goyang ngebornya yaitu Inul Daratista. Dengan goyangannya yang pada masa tersebut sangat heboh dan sempat bermasalah dengan raja jangdut Roma Irama. Sebelum populer, Inul Daratista pada awal bekerja sebagai penyanyi dangdut hanya dibayar Rp.3.500 saja namundengan semangat pantang menyerah menekuni bisnis / pekerjaannya mulai nampak kesuksesan karena kerja kerasnya. Sekarang ini Inul Daratista ,masih berkecimpung di dunia musik dangdut dan aktif sebagai juri di kontes dangdut yang disiarkan televisi nasional.

Ayu Ting Ting
Ayu Ting Ting atau Ayu Rosmalina ini bukan tiba tiba langsung terkenal di kancah hiburan musik tanah air. Dengan mengawali pekerjaan sebagai penyanyi di pesta pernikahan dengan bayaran hanya Rp.200.000. karena suaranya yang merdu membuat masyarakat Indonesia terpikat akan kecantikan wajahnya maupun suaranya. Lagu yang membuatnya artis ini populer dengan judul lagu Alamat Palsu.

Zaskia Gotik
Siapa sangka Zakia Gotik ini dulunya hidup pas pasan bahkan waktu SMP putus sekolah dan mulai bekerja sebagai penyanyi untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarganya. Pada saat itu dengan sekali menyanyi bisa membawa pulang uang Rp.100.000. semakin lama semakin terkenal dan mulai populer dengan goyangan itik nya. Sekarang artis ini aktif di acara kontes musik dangdut yang disiarkan di televisi nasional.

Siti Badriah
Sosok lainnya adalah Siti Badriah. Sekarang ini dengan lagu fenomenalnya “lagi Syantik” . wanita ini dulunya berasal dari keluarga yang kurang mampu dan keluarganya bahkan hidup sangat pas pasan. Namun karena kerja kerasnya, usaha yang diperolehnya sekarang ini adalah buah dari konsistensinya menekuni sebagai penyanyi solo dangdut

9. Membuat band
Selain menjadi penyanyi solo, juga bisa membuat sebuah band. Memang tergantung passion masing masing.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon