SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Selasa, 07 Agustus 2018

Web E-commerce pasarmaret.com : Terobosan Baru Situs Jual Beli Online di Era Kontemporer

Tags



Web E-commerce pasarmaret.com : Terobosan Baru Situs Jual Beli Online di Era Kontemporer - Salam pembaca sekalian, pada tulisan saya kali ini, saya akan coba mengulas salah satu media jual beli online yang cukup unik dan sedang berkembang belakangan ini. Kemudahan yang di rasakan oleh konsumen menjadi salah satu faktor utama pesatnya jual beli online. Globalisasi secara pesat perkembangannya tak dapat terbendung lagi. Sebagaimana teknologi memang harus dimanfaatkan dengan baik dan semaksimal mungkin, fasilitas jual-beli online melalui internet juga harus dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat menguntungkan bagi produsen online dan konsumen. Dan harus diakui, aktivitas jual-beli online memang di satu segi memiliki banyak kelebihan. Anda bisa lebih menghemat waktu karena Anda tidak harus membuang waktu ke toko fisik yang ada di Mall atau pun pusat perbelanjaan lain. Salah satu inovasi dalam dunia e-commerce adalah pasarmaret.com.


Pasarmaret.com, yup, salah satu situs yang melayani informasi online guna memenuhi kenyamanan dalam berbelanja yang satu ini tengah berkembang seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Perlu untuk pembaca sekalian ketahui, kalau pasarmaret.com ini lahir sebagai terobosan baru dimana situs pelayanan informasi untuk belanja ini mulai berkembang saat kebanyakan situs belanja online hanya terfokus pada masyarakat secara luas sebagai penjual dan pembeli. Pasarmaret.com muncul dari ranah perguruan tinggi yang berperan menjadi media bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha. Tujuannya, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mewadahi berbagai elemen yang berperan serta dalam kegiatan jual beli di ranah perguruan tinggi.

Web E-commerce pasarmaret.com : Terobosan Baru Situs Jual Beli Online di Era Kontemporer

Awal mula kemunculannya, pasarmaret.com lahir dari sebuah riset loh, pembaca sekalian, mengenai minat belanja online masyarakat Kota Solo. Lebih spesifiknya lagi di daerah kampus Universitas Sebelas Maret (UNS). Kalau pembaca sekalian bisa telusuri, pembaca sekalian akan tau kalau pasarmaret.com adalah salah satu dari banyak web yang bergerak pada sektor bisnis dan perekonomian yang berperan untuk menciptakan persaingan dagang bagi UMKM yang belum memiliki toko online. Hal ini sebagai perwujudan pemerataan perekonomian di sektor perdagangan unit masyarakat kecil menengah. Lebih jelasnya, Penjual atau UMKM kecil yang belum mengenal belanja online mulai diperkenalkan dengan pola belanja online yang serba mudah dan sederhana. Melalui situs layanan informasi terpadu seputar UMKM, pembeli yang membutuhkan informasi seputar kebutuhan terkait dapat mengaksesnya melalui web pasarmaret.com. Berbeda halnya dengan situs belanja online lainnya, pasarmaret.com bukan merupakan situs yang melayani transaksi jual beli melainkan situs layanan informasi yang mempertemukan antara UMKM atau pasar tradisional dengan konsumen, luar biasa bukan?.

Nama pasarmaret.com sendiri gak lahir gitu aja. Pasarmaret sendiri punya makna tersendiri bagi foundernya yang berisikan identitas dan harapan. Pasar secara kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Secara bahasa sansakerta, pasar diartikan sebagai tempat jual beli, pada umumnya kata pasar diidentikan masyarakat Indonesia adalah pasar tradisional. Sedangkan maret berasal dari kata bahasa inggris mart yang artinya pasar, kata mart diidentikan masyarakat pada umumnya adalah berupa pasar modern, Lidah masyarakat Indonesia kebanyakan tidak bisa mengucapkan kata mart namun maret. Pasar adalah area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plasa, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya. Pasarmaret.com merupakan wadah bagi para pelaku usaha pasar tradisional dan juga pasar modern yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui website e-commerce yang berfungsi sebagai area tempat jual beli barang dan jasa.

Bagi pembaca sekalian, mungkin bertanya – tanya sebenernya bagaimana sih wujud pasarmaret.com dalam bentuk logo? Maka saya akan kasih tahu bagi pembaca sekalian bahwa berikut ini adalah logo dari pasarmaret.com.

Apakah terlihat familiar? Elegan? Simbolik? Bagaimanapun persepsi pembaca sekalian, sesungguhnya logo pasarmaret.com ini memiliki makna dan harapan. Dalam logo tersebut terdapat dua bagian yakni logotype dan logogram. Logotype adalah susunan huruf yang bertuliskan pasarmaret.com, sedangkan logogram adalah gambar papperbag yang sedang tersenyum. Makna dari kombinasi warna orange melambangkan perkembangan UMKM sedangkan warna hijau pada tulisan maret.com merupakan gambaran dari pasar tradisional. Logogram berupa papperbag yang tersenyum. Papperbag sendiri menggambarkan simbol berbelanja atau transaksi belanja dan emoticon tersenyum adalah gambaran dari kemudahan dan kenyamanan yang dirasakan UMKM dan konsumen, mungkin sederhananya adalah kepuasan pelanggan. Gambaran secara umum, dapat dibilang bahwa Makna logo pasarmaret.com - warna orange dan hijau pada logo pasarmaret.com memiliki arti sebuah website e-commerce yang terbuka bagi siapa saja, bagi pelaku usaha yang ingin bergabung akan selalu diterima dengan penuh keramahan dan kehangatan. Bagi konsumen yang berkunjung di pasarmaret.com dapat mengakses dan melihat produk pasarmaret.com dengan penuh ketenangan dan penuh pertimbangan dalam  membeli produk. 

Lantas, apa sih sebenarnya tujuan atau visi dan misi dari di bangunnya website e-commerce pasarmaret.com? apakah hanya kebetulan semata atau hasil iseng? Visi dan misi untuk pasarmaret.com adalah untuk dapat menjadi sarana online yang mampu membantu berbagai elemen demi pemenuhan kebutuhan sekaligus membantu menghidupkan kembali UMKM dalam memasarkan nama dan produk UMKM tersebut. Bermula dari area kampus UNS, kini pasarmaret.com sudah melebarkan sayap hingga hampir di seluruh pelosok Kota Solo. Harapannya, pasarmaret.com dapat merambah hingga ke seluruh daerah Karesidenan Surakarta yang meliputi Kota Solo, Boyolali, Sukoharjo, Klaten, Sragen, Karanganyar hingga Wonogiri. Setelah itu, berkembang lagi hingga dapat di akses dan menjangkau seluruh area Jawa Tengah, hingga ke seluruh Indonesia.

Apakah website - nya menarik? Mungkin itu yang terlintas di kepala pembaca sekalian. Sebagaimana tujuan diluncurkannya website e-commerce ini adalah untuk menarik mahasiswa berperan aktif dalam kegiatan ekonomi, khususnya dalam berwirausaha. Bagaimana cara menarik mahasiswa agar tertarik? Jelas, salah satunya dari desain display laman website dibuat semenarik mungkin, karena targetnya anak-anak muda sehingga tampilannya dibuat elegan dan semenarik mungkin. Sudah pasti, sih kalau tampilannya terlihat trendi dan kekinian sebagaimana kesukaan para anak muda. Karena menarik, sekarang pasarmaret.com telah memiliki kurang lebih 500 jumlah member yang terdiri dari UMKM dan wirausaha mahasiswa.

Apa saja sih fiturnya sehingga tak kalah menarik dari website e-commerce lainnya?. Banyak fitur yang diberikan oleh pasarmaret.com kepada member yang telah terdaftar. Selain diberikan kebebasan dalam mengelola toko online, pasarmaret.com juga menawarkan fitur untuk mencarikan UMKM  Reseller, Waralaba, Dropshipper dan Fitur Komunitas, ada juga fitur khusus untuk mahasiswa berwirausaha dari masing-masing fakultas loh. Untuk mempermudah lagi, pasarmaret.com berisi kategori-kategori yang sesai loh sama kebutuhan konsumen. Ada 10 kategori yang dapat diakses konsumen, diantaranya kuliner, Kendaraan, Properti, Hobi, elektronik, Peralatan Rumah Tangga, Jasa & Pekerjaan, Kantor dan Industri, Hasil Alam, serta Fashion. Konsumen tidak perlu lagi berjalan mencari kebutuhannya secara langsung, karena cukup mengakses www.pasarmaret.com dan memilih jenis kategori yang dibutuhkan, maka akan muncul beberapa informasi terkait kebutuhan konsumen.

Kategori Kuliner yang didalamnya menjual aneka macam hidangan Kuliner dengan harga terjangkau. Didalam kategori kuliner, terdapat sub kategori yaitu minuman, makanan, bumbu., snack, bahan mentah. Kategori fashion didalamnya menjual berbagai macam fashion dengan sub kategori yaitu fashion wanita, fashion pria, pakaian olahraga, travel bag, kacamata, perhiasan, aksesoris. Kategori elektronik, menjual berbagai macam alat alat elektronik dengan sub kategori yaitu elektronik rumah tangga, kamera dan aksesoris, handphone dan tablet, games, lampu, TV audio dan video, komputer dan laptop, aksesoris HP /tablet, alat listrik, elektronik lainnya. Kategori hobi didalamnya menjual perlengkapan dan alat - alat  terkait hobi dengan sub kategori yaitu aneka barang, barang antik, musik dan film, sepeda dan aksesoris, olahraga, koleksi, alat musik, buku dan majalah, mainan hobi, handycraft, dan hobi lainnya. 

Pada kategori lain, kategori properti didalamnya menjual dan menawarkan berbagai macam properti dengan sub kategori yaitu tanah, indekos, ruko, gudang, rumah, apartemen, hotel/villa, properti lainnya. Kategori Kantor dan industri dengan sub kategori yaitu perlengkapan usaha, mesin dan keperluan industri, alat kesehatan, peralatan kantor, kantor dan industri lainnya. Kategori rumah tangga didalamnya menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga dengan sub kategori yaitu perlengkapan rumah, furnitur, konstruksi, perlengkapan bayi, pakaian anak, buku anak, dekorasi rumah, perkembangan ibu bayi, mainan anak, rumah tangga lainnya. Pada kategori hasil alam didalamnya menjual berbagai macam hasil alam dengan sub kategori yaitu pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, pertambangan. Kategori kendaraan didalamnya menjual berbagai macam kendaraan dan aksesoris pendukung dengan sub kategori yaitu mobil, motor, truk, aksesoris kendaraan, sparepart. Dan pada kategori jasa dan pekerjaan didalamnya menjual berbagai macam jasa dan pekerjaan dengan sub kategori yaitu jasa rumah tangga, keperluan event, tour dan travel, foto video, otomotif, konstruksi renovasi, kecantikan refleksi, rental mobil. Hukum/legal, desain percetakan, elektronik komputer, ekspedisi, jasa lainnya.

Kalau pembaca sekalian bertanya, bagaimana sih cara pakai website pasarmaret.com?. jawabannya yang paling singkat sih, ya praktis!. Prosedur untuk menggunakan website di buat sesederhana mungkin tapi tetap elegan sehingga konsumen dapat dengan mudah mengaksesnya. Kemudahan lainnya adalah cara mendaftar sebagai member yang di dapat bagi UMKM dalam mendaftar sebagai member. Berbeda halnya dengan banyak dari situs online kenamaan di Indonesia, pasarmaret.com tidak memerlukan e-mail pendaftar sehingga pendaftar tidak perlu repot melakukan konfirmasi ulang e-mail. Pendaftar hanya perlu memasukkan beberapa item wajib yang perlu di isi, seperti nama UMKM, alamat lengkap UMKM, keterangan singkat mengenai aktifitas  toko, biodata pemilik toko dan nomer yang dapat dihubungi. Dengan kemudahan mendaftar, tidak heran bila banyak dari UMKM yang mendaftarkan diri sebagai bagian dari pasarmaret.com.

Sebagaimana seharusnya, pasarmaret.com yang lahir di ranah perguruan tinggi memiliki fokus tujuan untuk mengembangkan minat wirausaha mahasiswa sebagai bentuk apresiasi pada pengembangan UMKM baik mahasiswa maupun masyarakat sekitar Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maka dari itu, pasarmaret.com bisa di bilang sebagai salah satu web penyedia layanan informasi yang unik, selain bergerak di bidang ekonomi, tapi juga memiliki spesifikasi terhadap penggiatan ekonomi di sektor kawasan perguruan tinggi. Fitur yang disediakan di dalamnya berupa fitur layanan informasi bagi produk UMKM yang di kembangkan oleh mahasiswa.

Fitur “Produk Mahasiswa” ini,  menyediakan fasilitas toko online bagi berbagai macam fakultas yang ada di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Produk Mahasiswa juga terdaftar dalam fitur web pasarmaret. Terdapat fasilitas toko online bagi 10 fakultas yang ada di UNS seperti Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran,  Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam. Mahasiswa UNS dapat menikmati kemudahan dalam berbisnis melalui web pasarmaret.com. Selain dapat diakses hampir seluruh mahasiswa UNS, web pasarmaret.com juga dapat diakses oleh umum sehingga dapat membantu memudahkan mahasiswa untuk membuka bisnis kecil dan memasarkan produknya.

Keunggulan lainnya, pasarmaret.com memilki fitur yang cukup eksklusif loh, pembaca sekalian. Pasarmaret.com punya 2 kategori eksklusif sebagai bentuk afiliasi antara pasarmaret.com dengan pebisnis lainnya, diantaranya adalah kategori VIP dan VVIP. Kategori VVIP merupakan kategori bisnis dalam pasarmaret.com yang berafiliasi dengan pebisnis mancanegara atau bisnis ekspor dan impor produk. Fitur ini bisa meghubungkan pebisnis lokal dengan pebisnis dari luar negeri, keren bukan. Sedangkan fitur kategori VIP adalah firur yang berisi afiliasi dengan dosen yang memasarkan produknya di pasarmaret.com. Kategori ini memang dikhususkan untuk para dosen saja yang terdaftar dalam kategori VIP. Dua kategori tersebut membuat situs dengan laman web www.pasarmaret.com ini menjadi salah satu pilihan website yang keren karena memfasilitasi kegiatan ekspor dan impor.

Pembaca sekalian adakah yang ingin pasang iklan? Tanpa di pungut biaya sepeserpun? Pastinya yang gratis bisa lebih menarik bukan?. Terobosan baru dalam fitur website e-commerce pasarmaret.com adalah menyediakan pasang iklan baris secara gratis. Pasang iklan baris gratis juga merupakan salah satu strategi penting bagi pengembangan website pasarmaret.com. Hal ini bertujuan guna memudahkan UKM yang ingin memasarkan produknya tanpa takut mendapatkan pungutan biaya.  Fitur pasang iklan baris juga bertujuan membantu pelaku usaha yang ingin mempromosikan produk dan usahanya namun takut mendaftar sebagai member pasarmaret.com karena takut atau tidak tahu caranya mendaftar. Adapun cara untuk memasang hanya tinggal memasukkan nama produk dan masukkan deskripsi produk yang dipasarkan, maka iklan akan langsung tayang dalam homescreen web pasarmaret.com.   

Pasarmaret.com memiliki banyak kelebihan, dan itu tidak kalah dengan yang dimiliki website e-commerce lain. Sebelumnya, pembaca sekalian perlu ketahui, website pasarmaret.com tidak memiliki fitur jual dan beli secara langsung, tetapi mewadahi seluruh member toko online yang diberikan informasi dan identitas secara mendetail sehingga konsumen bisa mendatangi langsung dengan menentukan produk secara langsung melalui website pasarmaret.com. Hal tersebut memudahkan konsumen tanpa perlu memakan waktu, biaya, dan tenaga sudah dapat menelusuri kebutuhan berbelanja dengan mudah dan nyaman. 

Selain banyak kelebihan yang di dapat, pasarmaret.com juga bisa memberikan kemanfaatan bagi orang banyak. Dengan menggunakan pasarmaret.com, member mendapat keleluasaan dalam mengelola toko online sendiri merupakan salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh pasarmaret.com. Hal ini perlu dimaksimalkan oleh UMKM untuk memperkuat identitas bisnis yang tengah digelutinya. UMKM dapat menggunakan foto toko atau logo industrinya sebagai foto utama dalam laman toko online nya. UMKM yang telah menjadi member juga dapat memberikan deskripsi selengkap mungkin mengenai toko online nya. Menjelaskan tentang jenis bisnis yang sedang dilakoni, menjelaskan produk yang di tawarkan, menampilkan slogan toko yang menarik, atau deskripsi lainnya. Mungkin pembaca sekalian dapat mencoba banyak manfaatnya dengan menggunakan website e-commerce pasarmaret.com. 

Penulis:
1. Drs. M.Suharto, M.Sn.
2. Prof. Dr. Narsen Afatara, M.S.
3. Nadia Sigi Prameswari, S.Sn, M.Sn.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon