SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Senin, 27 Agustus 2018

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Budidaya Ikan Gurame


Kelebihan dan Kekurangan  Usaha Budidaya Ikan Gurame – setiap usaha budidaya ikan, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan nya. Budidaya ikan lele, ikan nila, ikan bawal maupun ikan gurame pun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersebut. namun bagaimana pelaku usaha mengetahui dan menganalisanya agar dapat memaksimalkan hasilnya. Ini merupakan salah satu faktor yang harus di perhatikan dalam budidaya ikan. analisa usaha, pemeliharaan, pencegahan penyakit, juga harus anda kuasai dalam budidaya ikan.
Kelebihan dan Kekurangan  Usaha Budidaya Ikan Gurame


Kelebihan ikan gurame

1. harga jual ikan gurame
Ikan gurame merupakan ikan air tawar yang memiliki harga jual yang tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Dengan begitu pelaku usaha akan mendapatkan untung yang besar. tentunya untuk mendapatkan harga jual yang tinggi, maka ikan gurame harus dipanen pada waktunya.

2. pangsa pasar dan konsumen ikan gurame
Pangsa pasar ikan gurame adalah masyarakat menengah atas, dimana ikan ini termasuk kesukaan masyarakat Indonesia. Permintaan ikan gurame setiap tahun semakin meningkat.

3. Persaingan usaha ikan gurame
Dalam hal persaingan usaha budidaya ikan gurame lebih sedikit dibandingkan dengan budidaya ikan air tawar lainnya. Dan tentu saja persaingan usaha di setiap kota di Indonesia berbeda beda. Jadi pelaku usaha harus jeli untuk melihat prospek usaha di setiap kota di Indonesia.

Kekurangan usaha budidaya ikan gurame:

1. Proses panen ikan gurame
Salah satu kekurangan budaya ikan gurame adalah dari proses panen yang lebih lama di banding ikan air tawar lainnya. Usaha budidaya yang harus diperhatikan adalah waktu panen. ketika panen lebih cepat maka terdapat perputaran modal dan keuntungan yang didapatkan lebih cepat, namun ketikan panen lebih lama maka perputaran modal yang lama dan keuntungan yang didapatkan juga lama. kecepatan perputaran modal sangat penting mengingat proses usaha bisa berjalan dengan baik.

Dalam posisi tersebut, proses dan waktu panen ikan gurame lebih lama, berapa lama??? mungkin sekitar hampir 1 tahun ikan gurame baru bisa dipanen. Jadi sebagai pelaku usaha harus menyiapkan modal yang cukup besar agar dapat membiayai operasional selama menunggupanen ikan gurame.

2. ukuran kolam ikan gurame
Kekurangan lainnya dalam budidaya ikan gurame adalah pelaku usaha budidaya harus menyediakan kolam dengan ukuran yang cukup laus agar dapat memberi ruang bernafas bagi ikan gurame sendiri.

Apalagi jika digunakan dalam skala bisnis, harus lebih luas lagi.

Jika dibandingkan dengan ikan lele yang bisa memuat ribuan ekor lele permeter persegi, ikan gurame dalam luas kolam yang sama hanya muat sekitar 20 an ekor.

3. pemasaran ikan gurame
Jika dibandingkan dengan pemasaran ikan lele, ikan gurame lebih sulit, mengingat warung yang menjual makanan dari ikan gurame lebih sedikit.

Dilihat dari harga ikan, ikan gurame lebih mahal maka dari itu yang mengkonsumsi ikan gurame hanya untuk kalangan masyarakat menengah atas, sedangkan masyarakat mengenah bawah lebih memilih ikan tawar yang lain yang lebih terjangkau.

4. penyakit ikan gurame
Tentunya setiap ikan memiliki potensi berpenyakit, untuk ikan gurame sendiri ternyata rentan terhadap penyakit dan juga termasuk ikan yang mudah stress.

Biasanya ikan gurame mudah terserang penyakit jamur atau parasit yang menempel pada tubuh ikan. dan jika sudah mengalami hal tersebut, maka siap siap untuk melakukan penanganan agar tidak menyebar kepada ikan ikan lainnya.

Semoga artikel mengenai kelebihan dan kekurangan usaha budidaya ikan gurame dapat bermanfaat bagi anda yang ingin menggeluti usaha budidaya ikan gurame.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon