SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Rabu, 22 Agustus 2018

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Budidaya Ikan Bawal


Kelebihan dan Kekurangan Usaha Budidaya Ikan Bawal – Bagi para pelaku usaha budidaya ikan, salah satu ikan yang memiliki prospek bagus dalam dunia usaha ini salah satunya adalah ikan bawal. Peminat ikan bawal masih sangat banyak. Permintaan ikan bawal setiap tahun sangat tinggi. Ikan bawal jika diolah menjadi makanan sangat enak, selain itu juga nutrisi yang terkandung dalam ikan sangat bagus untuk tubuh manusia dan itu mengapa ikan ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Memang ada beberapa ikan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia yang di olah menjadi makanan seperti ikan lele, ikan gurame dan ikan nila, namun ikan bawal tidak kalah populernya dibandingkan dengan ikan ikan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Budidaya Ikan Bawal
Untuk membuka budidaya ikan, tentunya kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan usaha tersebut, baik dari sisi bisnisnya maupun dari sisi pengembangbiakkannya / pembudidayaannya. Jangan sampai kita membuka usaha tanpa perencanaan yang matang sehingga akan berpotensi mengalami kerugian bahkan dapat memperbesar potensi bisnis tersebut bangkrut.


Tentunya dalam budidaya ikan bawal memiliki kelebihan dan kekurangannya, seperti apa..... berikut ulasannya.

Kelebihan budidaya ikan bawal
1. pertumbuhan ikan yang cepat
Salah satu kelebihan dari ikan ini adalah laju pertumbuhan ikan bawal termasuk sangat pesat dibandingkan dengan ikan ikan tawar lainnya. Bahkan hanya dalam jangka waktu tiga bulan, berat ukuran ikan bawal sampai satu kilo dari berat tebar sebelumnya yang hanya seratus gram.

2. corak tubuh yang bagus
Ikan ini juga dapat dijadikan sebagai ikan hias karena corak tubuhnya yang bagus dan bentuk tubuhnya yang seperti dengan bentuk tubuh ikan piranha. Memang secara umum ikan ini dimanfaatkan untuk konsumsi (dimakan). 

3. sangat cocok untuk konsumsi
Ikan ini sangat cocok dikonsumsi karena daging ikan bawal termasuk tebal dan jika diolah rasanya sangat enak. Jika dimakan keuntungannya adalah ikan ini memiliki duri yang sedikit.

4. mudah beradaptasi
Ikan ini sangat mudah beradaptasi dilingkungan yang baru sehingga sangat cocok jika dibudidayakan di daerah perkotaan maupun pedesaan.

5. tahan terhadap serangan hama penyakit
Ikan bawal termasuk ikan yang tahan terhadap hama penyakit. Oleh karena itu jika membudidayakan ini, merupakan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha budidaya ikan.

6. Persaingan usaha budidaya ikan bawal masih sedikit dibandingkan dengan ikan tawar lainnya
Hal itu dikarenakan banyak pelaku usaha yang lebih tertarik untuk budidaya ikan lele atau ikan gurame sehingga persaingan usaha ikan bawal lebih sedikit.

Kekurangan usaha budidaya ikan bawal
1. masih kalah populer dibanding ikan tawar lainnya
Memang permintaan akan ikan bawal sangat tinggi, namun tetap saja ikan ini masih kalah populer dibandingkan dengan ikan lele, dan ikan gurame. Contoh sederhana saja, jika anda berkunjung ke beberapa kota pada saat malam hari, pasti akan menemukan usaha makanan dipinggir jalan dengan memakai tenda. Biasanya disitu akan tersedia berbagai macam ikan perti ikan lele dan ikan gurame, namun beberapa tempat makan tidak menyediakan hidangan ikan bawal.

2. pemasarannya lebih sulit di bandingkan ikan tawar yang sudah sangat populer.
Dari tingkat pemasaran ikan, ikan bawal sedikit lebih sulit untuk memasarkannya. Anda harus menemukan warung yang menjual hidangan / lauk ikan bawal.

3. risiko kematian pada budidaya ikan bawal pasti ada
Kekurangan usaha budidaya ikan, pasti terdapat risiko kematian ikan. oleh karena itu kita harus benar benar memperhatikan dan menjaga ikan jangan sampai terkena hama penyakit. Karena sekali terserang, bukan hanya satu saja yang mati bahkan satu kelompok besar ikan dalam satu kolam akan mati.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon