SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Selasa, 21 Agustus 2018

Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Lele


Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Lele – jika berbicara mengenai ikan lele sangat tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Benar.... ikan lele sudah menjadi salah satu lauk terfaforit bagi masyarakat Indonesia. Berbagai kalangan masyarakat mulai dari kalangan menengah atas sampai menengah bawah menyukai ikan ini. melihat semakin tingginya permintaan akan ikan lele. banyak dari pelaku usaha berminat untuk menggeluti bisnis ini. potensi bisnis ini memang sangat bagus. bayangkan saja, tiap tahun permintaan ikan lele masih tinggi dan bahkan tidak turun. 


Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Lele
Jika anda mengamati di berbagai kota di Indonesia, makanan ikan lele banyak di temui di setiap sudut kota, setiap pinggir jalan, setiap warung warung bahkan setiap mall. 

Memang jika dilihat dari prospek bisnisnya, usaha ini masih sangat bagus, namun pelaku usaha juga harus jeli dalam menekuni bisnis ini. walaupun banyak masyarakat yang bilang bahwa untuk budidaya ikan lele sangat mudah. Pelaku usaha harus mengetahui karakteristik ikan lele. harus juga mengetahui kelebihan dan kekurangan ikan lele agar kedepannya terhindar dari kerugian usaha.

Berikut adalah kelebihan Ikan lele:
1. seperti yang anda ketahui bahwa ikan lele pertumbuhannya sangat cepat, oleh karena itu merupakan salah satu keuntungan budidaya ikan lele. dengan pertumbuhan yang cepat tersebut, pelaku usaha dapat mendapatkan keuntungan yang cepat pula.

2. keuntungan lainnya adalah ikan lele dapat hidup di berbagai jenis air, apakah air yang keruh, air jernih, air yang alirannya tenang. Karena biasanya beberapa jenis ikan harus memperhatikan airnya, namun hal itu berbeda dengan ikan lele. 

3.kelebihan lainnya adalah ikan lele dapat bertahan hidup lebih lama walaupun tidak ada airnya dibandingkan ikan lainnya.

4. kelebihan lainnya adalah pemasaran ikan lele sangat mudah. Mengapa?? Karena tingginya permintaan akan ikan lele. banyak sekali yang membutuhkan ikan lele seperti rumah makan, pedagang pasar, warung makan.

Selai kelabihan yang disebutkan di atas, teryata juga ada beberapa kelemahan yang pelaku usaha harus ketahui jika ingin menggeluti budidaya ikan lele. apa saja??? berikut ulasannya.

Kekurangan ikan lele:
1. ikan lele makannya sangat banyak, jadi anda harus memberikan makan ikan lele lebih banyak dibandingkan ikan lainnya. Itu mengapa ikan lele pertumbuhannya sangat cepat dibandingkan ikan lainnya.

2. ikan lele memiliki kelincahan yang tinggi ( sangat lincah) apalagi jika melompat lompat. Jadi anda harus menyesuaikan kolam anda jangan sampai ikan lele yang suka lompat lompat tersebut keluar dari kolam.

3. ikan lele termasuk ikan yang makan apa saja. jadi hati hati jika memberi makan ikan, takutnya ikan lele tersebut setelah di olah, dalam ikan lele terdapat kandungan bahan berbahaya.

4. ikan lele dalam beberapa tempat hidup di tempat kotor (air kotor), jadi kita harus berhati hati karena kemungkinan besar, ikan lele tersebut mengandung bakteri dan jika masuk ke dalam tubuh manusia dapat berbahaya. Apalagi khususnya di daerah pedesaan, di beberapa tempat makanan ikan lele adalah kotoran manusia. 

Waspada dalam mengkonsumsi ikan lele boleh saja, namun tidak semua ikan lele makanannya adalah kotoran manusia dan itu hanya sebagian kecil saja. Untuk pelaku usaha budidaya ikan lele dapat dipastikan pemberian makan ikan lele tidak menggunakan kotoran manusia.

Dengan kita mengetahui kelebihan dan kekurangan ikan lele, diharapkan pelaku usaha dapat menerima gambaran jelas sehingga dapat mengambil keputusan apakah ingin menggeluti usaha budidaya ikan lele atau tidak.






Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon