SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Minggu, 26 Agustus 2018

Cara Memulai Usaha Catering Pernikahan


Cara Memulai Usaha Catering Pernikahan – Kali ini siapabisnis.com akan mengulas tentang usaha catering. Tentu saja usaha yang memiliki prospek bagus sekarang ini salah satunya usaha makanan dan minuman. peluang usaha bisa didapat dari manapun, syarat dimanan usaha bisa berkembang adalah adanya permintaan dan kebutuhan masyarakat.


Menelisik permintaan dan kebutuhan masyarakat akan catering.
Terdapat pertanyaan, mengapa sekarang ini masyarakat sangat membutuhkan catering untuk pernikahannya??? Mengapa dulu permintaan catering untuk pernikahan tidak seramai sekarang???

Cara Memulai Usaha Catering Pernikahan

Kalau dilihat dari ekonomi masyarakatnya, sekarang ini masyarakat ekonominya lebih meningkat. peningkatan tingkat keekonomian masyarakat tentunya menjadi salah satu faktor. 

Faktor lainnya lagi adalah karakteristik masyarakat yang sekarang ini ingin instan dan tidak ingin ribet. Dalam mengurus pernikahan tentunya harus mengurus gedung, undangan, baju, mahar, prosesi acara, ke KUA, dan masih banyak lagi. Catering dalam pernikahan merupakan salah satu dari banyak hal yang diurus. Jika diurus sendiri, maka akan memakan banyak waktu dan tenaga, dan juga jika dibandingkan membuat makanan sendiri malah bisa jadi biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal jika tidak diperhitungkan dengan matang.
Nah, dari permintaan dan kebutuhan akan catering pernikahan yang semakin banyak, dapat disimpulkan bahwa prospek usaha catering ini sangat bagus.

Karena semakin banyak pelaku usaha yang berminat menggeluti bisnis ini, membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Itu merupakan suatu hal yang wajar. Yang perlu dilakukan adalah membuat ciri khas usaha agar tidak kalah bersaing dengan usaha sejenis yang lain. Keunggulan menjadi sangat penting agar tetap bertahan di tengah persaingan usaha yang ketat.

Jika anda ingin memulai usaha catering pernikahan, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan sebagai masukan kepada anda untuk memutuskan dalam membangun suatu usaha.

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah modal usaha.
Modal usaha sangat penting agar anda bisa memikirkan cara atau strategi selanjutnya. Jika modal usaha yang besar tentunya akan lebih mudah karena didukung modal yang besar akan memudahkan untuk menjalankan promosi usaha, namun jika modal anda kecil, anda harus menyesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Selain itu modal tentunya akan mempengaruhi operaional dan karyawan anda. sewa tempat, biaya listrik, gaji karyawa, bahan baku, pajak, maupun biaya lainnya akan membuat modal akan terkuras.

Karena modal yang dikeluarkan tidak sedikit, sebaiknya anda harus menguasai kemampuan untuk manajemen keuangannya, dengan begitu anda bisa mengetahui laba dan ruginya usaha anda.

Jika anda sebagai pemula, maka sebaiknya anda harus belajar terlebih dahulu dengan yang sudah mempraktekkannya. Caranya seperti apa??? ikuti pelatihan pelatihan yang ada di kota anda, atau juga ikuti seminar seminar agar menjadi pengalaman. Selain itu juga, anda bisa belajar melalui youtube dan website online lainnya.

Usaha catering pernikahan bukan hanya tentang bagaimana membuat makanan dan minuman yang enak, namun juga mengenai cara mendapatkan konsumen. 

Tips sukses selanjutnya adalah dengan pemilihan lokasi yang tepat. Mengapa??? Dengan lokasi yang strategis membuat usaha ini akan semakin dikenal orang. Semakin banyak masyarakat yang tahu bisnis anda, maka akan semakin banyak peluang masyarakat yang ingin memesan catering pernikahan. 

Usaha anda juga harus jelas segmen pasarnya, apakah untuk kalangan menengah atas atau kalangan menengah bawah. Itu akan berpengaruh pada lokasi usaha, jangan sampai segmentasi yang anda tuju yaitu kalangan menegah atas, namun posisi lokasi usaha catering berada di lokasi masyarakat menegah bawah, begitu juga sebaliknya.

Supllier bahan baku.
Salah satu yang tidak kalah penting adalah anda harus memiliki supplier bahan baku yang lengkap untuk mendukung membuat makanan dan minuman. (proses produksi).

Demikian beberapa tips memulai bsinis usaha catering pernikahan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon