SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Jumat, 10 Agustus 2018

Cara Membuka Usaha Apotek


Cara Membuka Usaha Apotek - Apotek adalah sebuah toko yang didalamnya menyediakan bermacam-macam obat untuk berbagai penyakit. Keberadaannya pasti banyak dicari orang baik di desa maupun di kota karena banyak yang membutuhkan. Usaha apotek dapat dijalankan oleh orang-orang yang mempunyai ilmu farmasi. Sebagai seorang apoteker pasti sudah mempelajari teori-teori untuk mendirikan usaha apotek.


Usaha apotek masih jarang ditemui karena tidak sembarang orang dapat menjalankan usaha ini. Anda perlu belajar menjadi apoteker. Tetapi untuk membuka usaha apotek, tidak harus berlatar belakang sebagai apoteker. Anda tetap bisa membuka sebuah usaha apotek dengan bekerjasama dengan apoteker. Anda bisa berperan sebagai penyedia modal.


Untuk itu bagi anda yang ingin mencoba bisnis ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuka usaha apotek. 

Siapkan Surat-surat Izin Usaha
Untuk mendirikan sebuah usaha, pertama yang harus dilakukan adalah menyiapakan sura-surat yang berguna untuk proses perizinan usaha. Surat atau dokumen yang harus disiapkan adalah:

Surat Permohonan Izin Usaha Mendirikan Apotek
Surat Perjanjian Akta Notaris Apoteker dengan Pemilik Sarana Apoteker
Surat Pernyataan Apoteker dengan Pernyataan Tidak Terlibat UU Kefarmasian bermaterai Rp. 6.000
Salinan KTP Pemohon
Ijazah Asisten Apoteker
Surat Penugasan Asisten Apoteker
Surat Pernyataan Asisten Apoteker Bekerja Full Time di Apotek Terkait
Surat Pernyataan Asisten Apoteker Tidak Bekerja di Apotek Lain dengan Materai Rp. 6.000
KTP Asisten Apoteker
SITU
List Ketenagaan
Foto Ukuran 4x6 tiga Lembar

Jika semua berkas dokumen sudah siap, selanjutnya yaitu alur untuk mengurus perizinan mendirikan apotek, yaitu:

Mengajukan berkas permohonan di loket pelayanan
Pengecekan berkas
Survey ke lapangan
Penetapan SKRD
Proses izin
Pembayaran di kasir
Penyerahan izin mendirikan apotek

Pilih Lokasi
Untuk mendirikan usaha, apapun itu pasti yang perlu dipersiapkan adalah lokasi. Dalam memilih lokasi juga tidak sembarangan karena ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Seperti letak lokasi usaha. Lokasi usaha haruslah berada di tempat yang ramai karena dengan berada di tempat ramai yang banyak orang berlalu-lalang maka akan banyak yang melihat apotek anda. Secara tidak langsung ini adalah salah satu bentuk promosi.

Anda tidak harus membuka apotek di tengah Kota, jika tidak memungkinkan anda dapat membuka apotek di daerah atau pedesaan yang ramai. Hal ini karena tidak semua orang dapat dengan mudah mencapai kota, oleh karena itu jika ada yang lebih dekat pasti mereka memilih yang lebih dekat.

Survei Pesaing
Lakukanlah survei pesaing untuk melihat keadaan pasar. Untuk menguasai pasar, anda harus memberikan kualitas terbaik dibanding dengan apotek lain. Baik kualitas pelayanan maupun kualitas obat yang dijual. Anda dapat melakukan survei dengan cara mengunjungi apotek secara random. Anda dapat membeli satu obat untuk melihat bagaimana harga yang diterapkan di apotek tersebut.

Modal
Berikutnya yaitu menyediakan modal. Modal-modal tersebut dipersiapkan untuk perizinan, menyediakan peralatan dan perlengkapan yang mendukung seperti etalase, pengadaan obat-obatan, operasional (karyawan, listrik, air, telpon, dan lain-lain)

Strategi Pemasaran
Selanjutnya yang harus anda pikirkan adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha anda. Pemasaran dapat anda laukan dengan memafatkan media cetak maupun media online. Anda dapat membuat spanduk dan brosur, selain itu juga anda dapat memasang iklan di sosial media seperti instagaram, twitter dan lain-lain.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon