SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Minggu, 05 Agustus 2018

Begini Tips Mempertahankan Pelanggan

Begini Tips Mempertahankan Pelanggan – bagi anda yang menggeluti kegiatan wirausaha. Hal yang paling utama dari seorang pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya adalah mendapatkan pelanggan dan mempertahankan pelanggan.

Biasanya bagi pelaku usaha yang paling sulit adalah mempertahankan pelanggan, meraka hanya fokus untuk mendapatkan pelanggan baru namun melupakan cara mempertahankan pelanggan pelanggan yang sudah ada. Dari situlah mengapa suatu usaha sangat sulit untuk berkembang.

Begini Tips Mempertahankan Pelanggan

Jika anda ingin mempertahankan pelanggan, anda perlu memfokuskan pada pemasaran loyalitas, bagaimana caranya???

1. Menentukan tujuan anda dengan jelas
Yang laing awal harus anda pahami adalah tujuan awal anda harus jelas, dengan begitu anda bisa melakukan perubahan atau melanjutkan program pemasaran anda. untuk mengetahui tujuan seperti itu, anda harus memiliki data seperti jumlah pelanggan lama dengan pelanggan baru.

2. Memahami apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan
Selanjutnya adalah jika anda menginginkan pelanggan anda loyal pada anda, maka anda harus memahami apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan. Dari situlah anda bisa memenuhi kebutuhan pelanggan secara realistis.

3. Mengetahui batasan anda
Selanjutnya jika anda sudah mengumpulkan informasi mengenai pelanggan anda, anda juga harus mengetahui kemampuan dan batasan anda, dengan begitu anda bisa mengukur apa yang bisa berikan pada pelanggan anda. 

4. Konsistensi
Setelah anda mempelajari dan menganalisa baik itu pada pelanggan anda dan pada kemampuan anda sendiri, segera kerjakan apa yang harus anda lakukan pada perencanaannya. Lakukan dan lakukan secara konsisten walaupun terdapat kendala namun jangan sampai berhenti. Jika ada masalah, segera selesaikan dan lanjutkan.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon