SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Selasa, 19 Juni 2018

Tips Usaha Hewan Qurban Keuntungan dan Kerugian Serta Cara Pemasarannya


Tips Usaha Hewan Qurban Keuntungan dan Kerugian Serta Cara Pemasarannya - Kali ini siapabisnis.com akan mengulas mengenai tips usaha hewan korban baik dari segi keuntungan dan kerugian maupun dari segi pemasaran. Peluang usaha ternak hewan kurban - Usaha hewan kurban sangat diminati di masyarakat Indonesia karena diantaranya penduduk Indonesia mayoritas beragama muslim. Iedul adha adalah hari raya kurban bagi seluruh umat muslim di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hewan kurban dapat dibilang jadi primadona dalam beberapa momentum akbar peringatan hari raya, tentunya bisa menjadi salah satu peluang yang cukup menggiurkan bagi anda yang berminat membuka usaha ternak sapi kurban. Beberapa artiel sudah banyak memuat mengenai cara bisnis hewan kurban serta peluang usaha ternak hewan kurban. Pada kesempatan kali ini, saya akan coba memberikan wawasan bagi pembaca sekalian mengenai peluang usaha ternak hewan kurban. Dengan begitu, anda akan tahu prospek saat membuka usaha hewan kurban sehingga saya harap bisa memberikan motivasi anda untuk segera membuka usaha ternak hewan kurban.


Minat pembeli hewan kurban banyak
Hari raya idul adha atau biasa dikenal dengan hari raya kurban adalah hari mulia dimana jutaan umat muslim diseluruh belahan dunia menjalankan ibadah kurban. yaitu menyumbangkan sebagian hartanya untuk dibagikan kepada kaum yang membutuhkan. Momentum Idul Adha setahun sekali selalu dinanti-nantikan banyak pihak. Tidak hanya peternak (sapi/kerbau/kambing), tapi juga belantik, pedagang perantara atau pedagang musiman yang mencoba meraup untung.

Modal besar namun menguntungkan
Hewan kurban seperti sapi memang dinilai memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan harga kambing. Namun anda tidak perlu berkecil hati karena prospek jual nya juga cukup lumayan saat-saat mendekati hari raya iedul adha. Biasanya satu ekor sapi dapat berkisar 15 - 20 juta rupiah per ekornya untuk sapi dengan berat 400kg. Meskipun mahal, anda dapat menjualnya dengan harga yang lebih mahal lagi dari itu, yakni bisa sekitar 22 juta sampai dengan 25 juta rupiah per ekornya. 

Harga hewan kurban khususnya sapi di pasaran selalu meningkat
Sapi dan kambing bisa menjadi aset berharga bagi para peternak hewan kurban menjelang hari raya. Pasalnya, setiap tahun harga jual sapi dan kambing mengalami peningkatan, senilai 500 ribu atau malah hingga mencapai 1 juta rupiah per ekornya. Kondisi ini tentunya membuat para entrepreneur untuk terjun dan menjajal usaha ternak hewan kurban yang di nilai prospek dan menggiurkan.  Peningkatan harga hewan kurban tentunya bukan tanpa sebab, melainkan animo beli masyarakat terhadap hewan kurban sangat antusias di setiap tahunnya, jadi wajar saja kalau penjual sapi berlomba – lomba menaikkan harga jualsapi tiap tahunnya.

Banyak juga peluang menjadi reseller kurban
Anda dapat memanfaatkan situasi baik sebagai produsen utama penjual sapi maupun hanya ingin menjadi reseller, semua dapat anda lakukan. Ketika anda menjadi penjual ternak hewan kurban seperti sapi dan kambing, anda tidak perlu khwatir apabila ternak anda tidak laku di pasaran, akan banyak peluang usaha dimana orang – orang mengajak anda membangun kerja sama sebagai reseller, mejual dan menawarkan pada konsumen sapi atau kembing yang anda jual. Selain itu, apabila anda ingin memulai usaha musiman yang satu ini tapi memiliki modal yang minim, maka anda bisa menjadi reseller hewan kurban.
 
Banyak sebetulnya peluang usaha yang bisa anda manfaatkan baik secara memanfaatkan momentum seperti momentum hari raya kurban, maupun berdasarkan prospek pasarnya. Yang jelas, semoga artikel ini dapat membantu anda sekalian dalam memberikan wawasan terkait peluang usaha hewan kurban.



Tips Usaha Hewan Qurban Agar Tidak Rugi - Usaha hewan qurban menjadi salah satu usaha yang sangat diminati ketika menjelang hari Idul Adha. Kebutuhan hewan qurban yang kian tahun kian meningkat dan keuntungan materi yang menarik menjadikan banyak orang mulai menjadikan usaha ini sebagai salah satu mata pencaharian. Akan tetapi banyak sekali usaha yang kemudian mengalami kerugian karena tidak didukung oleh pengetahuan yang memadai mengenai usaha hewan qurban. Oleh karena itu dibawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memulai usaha hewan qurban:

Tips Usaha Hewan Qurban Keuntungan dan Kerugian Serta Cara Pemasarannya


Perhatikan Modal
Untuk menjalankan usaha ini, maka anda harus mempersiapkan modal yang cukup besar. Modal tersebut akan digunakan untuk membeli hewan Qurban dengan jumlah yang banyak. Modal yang dikeluarkan memang cukup besar akan tetapi keuntungan yang didapat juga besar. 

Pastikan Mitra Anda Atau Tenaga Kerja yang Benar-Benar Paham Masalah Hewan Qurban

Memilih mitra merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan karena jika salah memilih mitra maka dapat menyebabkan kerugian bagi usaha anda. Selain itu jangan pernah menitipkan hewan qurban kepada orang yang lain yang sulit dipercaya. Karena terkadang seseorang dapat berlaku curang dengan menaikkan harga tanpa berkoordinasi. Oleh karena itu kejujuran merupakan hal utama untuk keberlangsungan usaha. 

Mengambil Hewan dari Tengkulak
Bagi pemula sangat disarankan untuk mengambil hewan qurban dari tengkulak. Perhatikan kesehatan hewan dengan seksama karena terkadang ada tengkulak yang tidak jujur dengan menawarkan hewan qurban yang terlihat sehat tetapi ketika sudah dipelihara terdapat beberapa hal yang kurang baik. 

Perhatikan kesehatan kaki, tanduk, mata dan lain-lain. Selain itu sediakan juga hewan qurban dengan kualifikasi terendah dan harga termurah. Mayoritas konsumen mencari yang murah. Kualifikasi yang lebih tinggi sediakan seperlunya, atau jika ada yang mencari kualifikasi lebih tinggi, bisa kita carikan. Siap berburu hewan qurban kemanapun.

Rencanakan dengan Matang Lokasi Berjualan
Lokasi memang bukan satu-satunya penentu keberhasilan usaha ini, tetapi pengaruhnya juga sangat besar. Banyak usaha yang akhirnya harus merugi karena pemilihan lokasi yang kurang tepat. Untuk itu rencanakan dengan matang lokasi berjualan anda. Pilihlah lokasi yang strategis dimana lokasi tersebut mudah diakses dari mana saja. 

Usahakan untuk memilih tempat di pinggir jalan raya karena mudah diliat oleh orang yang lewat. Anda juga dapat memasang spanduk-spanduk yang menunjukkan bahwa anda berjualan hewan qurban.

Pemasaran
Terakhir yang harus diperhatikan yaitu pemasaran. Pemasaran harus dilakukan secara aktif dan konsisten. Pemasaran dapat anda lakukan secara langsung maupun menggunakan media seperti media internet. Pemasaran langsung dapat dilakukan dengan mendatangi pihak-pihak yang sekiranya membutuhkan hewan qurban seperti majelis taklim dan arisan hewan qurban. Dengan melakukan promosi langsung maka kita dapat menjelaskan kelebihan dari usaha kita. 

Untuk pemasaran melalui media internet, anda dapat menggunakan toko online atau sosial media yang anda miliki. Toko online sendiri sudah banyak ditemukan lewat website maupun aplikasi. Penggunanya juga semakin hari semakin meningkat. Untuk itu tidak ada salahnya menggunakan toko online untuk pemasaran. Anda juga dapat menggunakan sosial media yang anda miliki. Hampir setiap orang pasti memiliki sosial media, bahkan ada juga yang mempunyai sosial media lebih dari satu. Lakukan pemasaran secara konsisten untuk menghindari dagangan anda tidak laku dan menyebabkan kerugian.


Keuntungan Dan Kerugian Jualan Hewan Qurban
Keuntungan Dan Kerugian Jualan Hewan Qurban - Dalam menjalankan sebuah usaha, hal utama yang ingin dicapai pasti adalah keuntungan, akan tetapi sebagai pelaku usaha kita harus siap menanggung resiko dari usaha yang sedang di jalankan. Begitu juga dengan usaha jualan hewan qurban. Dalam menjalankan usaha ini, selain keuntungan yang harus dipikirkan, anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi kerugian jika menjalan usaha jualan hewan qurban ini. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan beberapa keuntungan dan kerugian jualan hewan qurban:

Keuntungan Jualan Hewan Qurban

Banyak permintaan di Hari Raya
Indonesia merupakan dengan dengan penduduk mayoritas beragama Islam. Hal ini membuat perayaan hari Raya umat Islam sangatlah terasa keramaiannya. Seperti hari Raya Idul Adha dimana pada perayaan hari raya ini, umat Islam di melaksanakan kurban sebagai salah satu bentuk ibadah kepada sang pencipta. Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang sengaja menabung atau mempersiapkan keuangannya bahkan dari jauh-jauh hari sebelumnya untuk bisa membeli hewan kurban seperti sapi dan kambing. 

Selain itu, tidak hanya muslim perseorangan saja yang antusias untuk berlomba-lomba mencari hewan kurban ini, banyak juga para kalangan pengusaha maupun pebisnis dari skala kecil, menengah hingga kelas perusahaan besar ternama ikut meramaikan hari Idul Adha dengan memotong hewan kurban. Hal ini yang kemudian membuat tingginya permintaan akan hewan kurban di hari raya idul Adha.

Harga Jual Hewan Qurban Terus Meningkat
Karena kebutuhan hewan kurban selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Harga hewan pun juga selalu mengalami peningkatan. Seperti dalam istilah semakin banyak permintaan maka harganya juga semakin tinggi. Oleh karena itu jual hewan qurban mempunyai keuntungan harga jual yang terus meningkat. 

Walaupun bisnis berjualan hewan kurban ini hanya berjalan kurang lebih satu bulan, namun keuntungan yang bisa diperoleh ada yang hingga mencapai puluhan juta rupiah. Tergantung dari banyaknya stok hewan yang dimiliki. Rata-rata harga hewan yang di tawarkan untuk kambing berkisar antara 2,5 juta hingga 5 juta rupiah tergantung dari postur badan kambing dan berat yang dimiliki. Begitu pula dengan sapi, kisaran termurahnya sekitar 12 juta hingga ada juga yang mencapai puluhan juta rupiah. Dari harga hewan tersebut, rata-rata pedagang mendapat keuntungan paling minimal 500 ribu per ekornya.

Kerugian Jualan Hewan Qurban

Merupakan Makhluk Hidup
Sudah sangat jelas bahwa hewan adalah makhluk hidup, untuk itu sebagai makhluk hidup pasti mengalami sakit atau cacat apalagi sampai menyebabkan kematian. Hewan sangatlah rawan terkena virus dan apabila sudah terkena proses perawatannya sangatlah susah sehingga membutuhkan ketelatenan. 

Untuk itu bagi anda yang ingin memulai usaha ini maka anda harus benar-benar mempelajari cara perawatan hewan karena setiap hewan mempunyai cara perawatan masing-masing. Perhatikan baik-baik hewan kurban yang anda beli sehingga tidak membuat anda menyesal. 

Resiko Tidak Laku
Karena bisnis ini hanya berjalan kurang lebih satu bulan dan banyak keuntungan yang ditawarkan maka peminat bisnis ini juga tinggi. Inilah yang membuat kita harus waspada pada resiko tidak laku. Karena banyak orang yang kemudian mendirikan usaha ini maka saingan kita juga semakin banyak. Untuk itu promosi juga memegang peranan penting untuk keberlangsungan usaha ini. Dengan promosi yang benar dan intensif maka toko anda akan semakin dikenal dan dikunjungi

Strategi Pemasaran Hewan Kurban
Tingginya penduduk Indonesia yang beragama Islam menjadikan hari Raya Idul Adha menjadi sangat spesial karena hampir setiap daerah merayakannya. Selain itu saat ini banyak masyarakat yang mulai berlomba-lomba untuk membeli hewan qurban untuk melaksanakan qurban. 

Tingginya kebutuhan hewan qurban menjadikan banyak pihak yang kemudian memanfaatkannya sebagai pekerjaan. Untuk menjalankan suatu usaha apapun, pemasaran sangatlah diperhatikan karena dari pemasaran lah usaha kita akan dikenal. Pemasaran yang baik dan benar maka pasti akan mendatangkan banyak keuntungan. Oleh karena itu di bawah ini akan dijelaskan beberapa strategi pemasaran hewan qurban:

Tentukan Modal dan Jenis Hewan
Langkah pertama dalam strategi pemasaran hewan kurban adalah dengan menentukan modal dan jenis hewan kurban. Kedua hal tersebut berkaitan dalam mencari pasar yang sesuai. Jenis hewan juga berkaitan dengan modal usaha yang harus disiapkan. Setelah ada mengetahui kebutuhan hewan di pasaran maka anda dapat memilih hewan tersebut untuk dipasarkan. Sesuaikan juga dengan modal yang anda miliki. 

Promosi Konvensional
Promosi konvensional dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi majelis taklim, ketua DKM atau kumpulan arisan hewan qurban. Hal ini sangat berguna dalam strategi promosi karena ada kemungkinan satu DKM saja biasanya dapat menyembelih 5-6 ekor sapi. Untuk waktu sangat di rekomendasikan 1,5 bulan sebelum Idul Adha. Promosi ini dapat dilakukan dengan menyediakan leaflet atau promosi penawaran dengan ucapan. 

Anda bisa menggunakan teknik pendekatan efektif secara langsung. Selain mendatangai majelis taklim, ketua DKM atau kumpulan arisan hewan, anda juga dapat menawarkan langsung kepada sanak saudara atau pihak lain yang berpotensi untuk membeli hewan kurban anda. Promosi ini sangat berguna karena kita dapat secara langsung menawarkan hewan kurban,sehingga kita bisa menjelaskan kelebihan atau alasan-alasan yang menjadikan tempat jual beli hewan kurban kita lebih unggul dari yang lain.

Pemasaran Menggunakan Toko Online
Saat ini tersedia banyak toko online baik yang berbentuk aplikasi maupun website. Anda dapat melakukan promosi dengan membuat membuat toko online. Untuk menjalankan promosi menggunakan toko online, yang harus dipersiapkan adalah foto-foto hewan kurban yang akan dipasarkan. Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk membeli hewan kurban maka sebaiknya kita mendatangi langsung tempat penjualan hewan kurban, tetapi di zaman yang modern ini, banyak orang yang merasa akan lebih mudah jika mencari secara online. 

Gunakan deskripsi yang lengkap dalam mendeskripsikan hewan kurban yang dipasarkan sesuai keadaan hewan sebenar-benarnya. Jangan sampai membuat pelanggan kecewa karena deskripsi dan keadaan hewan sebenarnya berbeda. Dengan menyediakan foto dan deskripsinya maka akan memudahkan pelanggan untuk memilih-milih hewan kurban.

Pemasaran Melalui Media Sosial
Selain pemasaran dengan toko online, kita dapat memanfaatkan internet untuk melakukan pemasaran menggunakan media sosial. Media sosial sendiri banyak sekali macamnya dan hampir setiap orang memiliki akun sosial media. Salah satu alasan mengapa memilih pemasaran dengan cara ini yaitu dengan melakukan promosi di sosial media maka kita dapat memperkenalkan hewan kurban kepada calon pembeli. 

Rekomendasi dari orang yang sudah dikenal masyarakat juga dapat membuat pemasaran di media sosial berhasil. Oleh karena itu ciptakan kesan yang menarik dari media sosial anda. Anda juga dapat bekerja sama dengan orang yang mempunyai banyak pengikut, sehingga dapat menjadi rekomendasi untuk para pengikutnya.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon