SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Jumat, 22 Juni 2018

Tips dan Cara Buka Usaha Sapi Qurban


Tips dan Cara Buka Usaha Sapi Qurban - Idul Adha merupakan salah satu hari besar di Indonesia yang di rayakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Di mana pada bulan tersebut kaum muslimin dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban. Nah di momen inilah kita mencoba memanfaatkan kesempatan tersebut dengan cara menyediakan hewan kurban bagi kaum muslim yang akan berkorban. Kalau menurut agama Islam yang termasuk hewan qurban yaitu unta, sapi, kerbau, dan kambing. Bagi anda yang mempunyai modal besar tetapi bingung ingin memulai usaha apa, maka tidak ada salahnya jika anda memulai usaha sapi qurban. Jika mendekati hari raya Idul Adha, peminat sapi qurban sangatlah banyak baik untuk pribadi maupun kelompok. Jika anda berminat memulai usaha ini, dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara untuk membuka usaha sapi qurban: 

Tips dan Cara Buka Usaha Sapi Qurban

Mempelajari Hal-hal Dasar Tentang Hewan Sapi

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempelajari dasar-dasar memelihara hewan sapi. Dalam memelihara hewan apapun pasti terdapat cara-cara khusus agar berhasil dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Selain itu kita juga harus mengetahui bagaimana kriteria hewan sapi yang sesuai dijadikan hewan kurban. 

Untuk hewan sapi minimal umur adalah 2 tahun dan masuk umur 3  tahun. Hewan sapi tersebut harus berjenis kelamin jantan, selain itu sapi tersebut tidak cacat, baik cacat dari lahir atau karena penyakit. Dengan mempelajari hal-hal tersebut maka hasil yang diperoleh lebih baik. 

Belilah Hewan Sapi Jauh-Jauh Hari
Berdasarkan prinsip umum, semakin banyak permintaan maka harga barang akan semakin naik. Jadi kalau membeli hewan sapi ketika sudah mendekati bulan Idul Adha maka otomatis harga yang ditawarkan lebih mahal. Seperti untuk harga perekor sapi ketika 2-3 bulan sebelum Idul Adha harga perekor 10 juta, tetapi ketika sudah memasuki bulan Idul Adha maka harganya berubah menjadi 13-14 juta. 

Jika prinsip ini di terapkan dalam usaha anda, maka anda harus membeli hewan sapi jauh-jauh hari untuk mendapat keuntungan yang besar. Anda dapat menyetok hewan kurban sekitar 2-3 bulan sebelum Idul Adha.

Menyiapkan Kandang dan Pakan Sapi
Jika anda membeli sapi jauh-jauh hari sebelum hari Idul Adha maka anda tentu membutuhkan kandan dan pakan sapi. Untuk itu kandang dan pakan merupakan hal utama yang harus disediakan. Pembuatan kandang dapat dilakukan dari bambu atau kayu. 

Pilihlah tempat untuk membuat kandang yang terkena sinar matahari pagi karena akan baik untuk pertumbuhan hewan sapi. Untuk pakan, biasanya sapi memakan rumput tetapi tidak ada salahnya jika ditambah dengan konsentrat. Dengan pemeliharaan yang benar maka sapi dapat tumbuh dengan baik dan akan menambah nilai jual sapi tersebut.

Melakukan Promosi
Hal terakhir yang dilakukan yaitu melakukan promosi. Promosi merupakan salah satu hal yang penting bagi kelangsungan sebuah usaha. Jika pemilik malas melakukan promosi maka tidak ada harapan usahanya akan dikenal oleh orang lain. Untuk itu jangan malas untuk melakukan promosi. Promosi dapat anda lakukan secara langsung maupun menggunakan media online. Promosi secara langsung dapat dilakukan dengan mendatangi majelis taklim atau arisan hewan kurban. 

Perkumpulan seperti itu biasanya akan membutuhkan hewan kurban yang terkadang satu majelis taklim membutuhkan sapi 4-5 ekor. Promosi dapat dilakukan dengan memberikan brosur. Sedangkan promosi online dapat dilakukan dengan menggunakan website maupun aplikasi toko online dan sosial media. pasang foto terbaik dari hewan ternak anda dan berikan deskripsi secukupnya tanpa melebih-lebihkan.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon