SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Rabu, 20 Juni 2018

Tips Cara Buka Usaha Domba Qurban


Tips Cara Buka Usaha Domba Qurban - Perayaan hari raya Idul Adha atau hari raya kurban bagi umat muslim identik dengan penyembelihan hewan kurban. Umumnya hewan yang dikurbankan adalah sapi, kambing atau domba. Bagi peternak hewan, momen Idul Adha menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya, sebab peternak bisa meraup sejumlah untung dari bisnis menjual hewan kurban. Bukan hanya permintaan pasar yang melonjak, tapi juga harga jual hewan kurban yang juga naik. Momen hari raya kurban ini bisa menjadi ide bisnis Anda. Apalagi, peluang pasar hewan kurban tergolong sangat bagus dan menjanjikan keuntungan tinggi seiring dengan tingginya permintaan pasar saat Idul Adha. Bagi anda yang tertarik untuk memulbuka usaha domba qurban, di bawah ini akan dijelaskan cara-caranya:
 
Tips Cara Buka Usaha Domba Qurban
gambar ilustrasi: hewan domba
Pelajari seluk beluk hewan domba
Jika anda ingin memulai usaha domba kurban maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempelajari seluk beluk hewan domba. Hal ini sangatlah penting karena berkaitan dengan perawatan hewan sehingga kita tidak salah melakukan perawatan. Yang harus anda pelajari termasuk juga pakan dan cara memberi pakan domba. 

Biasanya domba memakan rumput tetapi tidak ada salahnya jika ditambah dengan makanan pendamping seperti konsentrat. Cara makannya pun kita juga harus mempelajari, agar hewan diberikan makanan pada waktu yang tepat. Dengan perawatan yang baik dan benar maka hewan akan tumbuh dengan baik sehingga menambah nilai jual domba tersebut.

Persiapkan Modal
Setelah anda mempelajari seluk beluk hewan domba, selanjutnya anda harus menyiapkan modal. Modal dapat disesuiakan dengan berapa banyak domba yang akan dibeli untuk kemudian dijual kembali. Selain itu modal juga harus disesuaikan untuk pembuatan kandang dan pakan hewan karena kandang dan pakan adalah kebutuhan utama hewan.

Pembuatan Kandang
Kandang merupakan tempat tinggal domba. Bagi anda yang ingin membuka usaha jual domba, maka anda harus mempersiapkan kandang khusus untuk domba. Kandang dapat dibuat dari kayu ataupun bambu. Pilihlah tempat untuk kandang pada tempat yang terkena sinar matahari karena sinar matahari baik untuk pertumbuhan domba dan mematikan hama. Selain itu pilih lokasi yang jauh dari pemukiman untuk menghindari polusi udara. 

Persiapkan Pakan
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa pakan adalah hal utama untuk keberlangsungan hidup hewan. Pada umunya pakan domba berasal dari hijauan yang terdiri atas berbagai rumput dan daun-daunan, selain itu domba juga dapat memakan hasil limbah pertanian seperti seperti daun nangka, daun waru, daun dadap, daun kembang sepatu, daun pisang, daun jagung, daun ketela pohon, dan daun ketela rambat dan sebagai makanan penguat (Konsentrat), bahan bahan konsentrat seperti dedak, jagung kering, bungkil kelapa, tepung ikan, bungkil kedelai, ampas tahu, ampas kecap dan biji kapas

Melakukan promosi
Promosi menjadi hal terakhir yang harus dilakukan tetapi cukup penting juga. Dengan promosi maka akan membuat orang lain mengetahui bahwa kita berjualan domba qurban. Promosi dapat dilakukan secara langsung atau dengan menggunakan media online. Promosi langsung biasanya dilakukan dengan mendatangi kelompok maupun pribadi yang sekiranya menbutuhkan domba untuk hewan qurban. Sedangkan promosi online dapat anda lakukan dengan membuat toko online atau menggunakan sosial media. Kemudahan dalam mengakses internet membuat banyak orang kemudian memilih berbelanja via internet. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba promosi menggunakan media online.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon