SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Rabu, 06 Juni 2018

Contoh dan Peluang Usaha Bubur Yang Bisa Anda Coba


Contoh dan Peluang Usaha Bubur Yang Bisa Anda Coba – jika anda tertarik untuk membuka usaha bubur, alangkah baiknya anda mempelajari beberapa contoh dan peluang usaha bubur. Masakan bubur tidak asing di telinga kita, di sekitar lingkungan tempat tinggal kita pasti terdapat usaha penjual bubur, apakah itu bubur ayam, bubur bayi, bubur kacang ijo, bubur jagung dan bubur sumsum. Bubur sudah memiliki penggemarnya sendiri. bubur bisa dibilang menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Walaupun harganya yang sangat terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat, rasa bubur sangat enak.
Contoh dan Peluang Usaha Bubur Yang Bisa Anda Coba


Bagaimana peluang usahanya??? Jika anda mempelajari dan mengamati lebih jauh, prospek usaha bubur masih sangat bagus. siapa yang tidak suka masakan bubur, bubur sangat disukai baik oleh balita, anak anak, remaja, dewasa bahkan orang tua suka makan bubur. Dari permintaan konsumen yang tinggi, maka prospek usahanya sangat menjanjikan. Namun terdapat berbagai macam bubur yang tentunya memiliki prospek usaha yang berbeda beda, terdapat kelebihan dan kekurangan di setiap usaha. mari kita ulas satu persatu peluang usaha bubur. analisa analisa usaha sangat diperlukan agar kita dapat menguasai ilmunya. Dengan mempelajarinya secara penuh akan memperkuat keyakinan kita untuk terjun pada dunia usaha.

Bubur Ayam
Yang pertama, usaha bubur ayam. Semua orang pasti pernah makan bubur ayam. Bahan utama dari bubur ini adalah nasi. Memang ada masyarakat yang suka dan ada yang tidak suka masakan ini, namun secara umum hampir dipastikan banyak yang suka bubur ayam.  Kita amati beberapa pelaku usaha bubur ayam yang ada di kota anda. biasanya mereka berjualan bubur ayam dari pagi hari sampai siang hari. 

benar..... bubur ayam memang cocok untuk sarapan pagi dan makan siang.

Bubur ayam juga sangat cocok bagi orang tua dan atau untuk orang yang sedang sakit. Mengapa?? Bubur ayam selain terdapat nutrisi nasi didalamnya, makanan dalam bentuk bubur juga dapat  membantu dalam proses pencernaan dalam tubuh. Ketika nasi menjadi bubur, berarti makanan ini sangat mudah hancur (atau di cerna dalam tubuh kita)

Amati lebih detail lagi usaha bubur ayam yang ramai itu yang bagaimana??? Berdasarkan dari pengamatan, banyak dari usaha bubur ayam keliling, berjualan di tempat tempat yang ramai dan dilalui masyarakat. di perkantoran, di tempat pusat industri atau pabrik. Jika jualan bubur ayam di tempat tersebut pasti laku. Mengapa??? Karena masyarakat atau penduduknya sedang dan akan melakukan kegiatan bekerja atau pergi ke kantor. Masuk kerja biasanya pagi sekitar jam 8 atau jam 8.30. karakteristik masyarakat yang ada didaerah perkantoran atau pabrik tidak sempat untuk memasak sehingga memilih sarapan pagi yang instan saja. bagaimana jika beli makan di warung nasi terdekat??? Memang bisa, namun banyak dari masyarakat yang tidak ingin makan berat atau makan besar. mereka ingin makan yang ringan ringan saja. dan hanya untuk menambah tenaga agar bisa bekerja.

Bagaimana dengan modalnya??? Apakah untuk membuka usaha bubur ayam perlu modal besar??? mendirikan usaha bubur modalnya tidak besar. dan dapat menyesuaikan budget sendiri. modal awal yang paling besar adalah biaya untuk membuat atau membeli gerobak.

Tentunya ada kelebihan jika kita menggunakan gerobak sebagai sarana untuk jualan bubur ayam. Dengan gerobak, kita bisa berpindah tempat dari sampat yang satu dengan tempat yang lain. Sehingga kita bisa menjemput konsumen (bukan konsumen yang datang ke kita) jadi jika jualan kita ingin segera laris, kita harus aktif dan memilih lokasi yang tepat dan waktu yang tepat juga.

Sebagai contoh lokasi A di sebuah sekolah keramaian terjadi hanya 2 kali saja yaitu pada waktu jam 7 dan jam 1. Jika kita tidak menggunakan gerobak maka usaha kitaanda hanya ramai 2 kali saja. namun jika menggunakan gerobak, anda bisa berpindah tempat ke tempat B di sebuah perkantoran dimana waktu keramaiannya jam 7 dan jam 12 siang. Jika kita menggunakan gerobak maka usaha anda ramai sebanyak 4 kali.

Namun selain ada kelebihan juga ada kekurangan menggunakan usaha memakai ngerobak, yaitu pada saat musim hujan, anda akan kesulitan mencari tempat berteduh dari hujan. Selain itu menggunakan sarana gerobak juga harus memiliki energi yang prima karena anda akan berpindah tempat dengan jalan kaki. 

Namun jika usaha anda (branding yang anda miliki sudah terkenal) anda tidak perlu lagi untuk kesana kesini, tidak perlu lagi untuk mencari konsumen karena konsumen sendiri yang akan datang ke anda.

Tentunya yang harus diperhatikan adalah soal rasa. bubur termasuk usaha makanan. yang terpenting dari membuka usaha makanan nomor satu adalah rasanya yang mantab. Jika rasa enak, dapat dipastikan usaha anda akan berkembang dan semakin banyak pembeli

Bubur Bayi
Usaha bubur selanjutnya adalah usaha bubur bayi. Beberapa tahun belakangan ini usaha bubur bayi sangat diminati, mengingat mulai banyak sekali permintaan akan bubur bayi. Sekarang ini semakin lama terjadi pergeseran karakteristik ibu yang memberi makan bayinya dari membuat bubur bayi sendiri menjadi membeli bubur bayi di luar karena lebih mudah. 

Pergeseren itu terjadi karena semakin banyak ibu ibu yang bekerja untuk membantu keuangan suami sehingga tidak sempat, lalu jika dibandingkan dengan harga, bubur bayi sangat terjangkau sehingga tidak terlalu membebani keuangan keluarga. untuk membuat bubur bayi tentunya harus memenuhi nutrisi dan bahan bahan alami, untuk membeli bahan bahannya biasanya di pasar sehingga ibu ibu tidak sempat untuk membeli keperluan bahan tersebut.

Dari pergeseran perilaku tersebut maka dapat dipastikan bahwa permintaan bubur bayi meningkat tajam, dan bahkan diprediksikan tahun tahun mendatang permintaan akan semakin banyak.

Mari kita amati usaha bubur bayi di sekitar kota anda. jualan bubur bayi biasanya pada waktu pagi subuh sampai pagi hari. mengapa??? Karena ibu ibu biasanya akan bekerja. Jadi sebelum kerja, mereka mencari dan membeli bubur bayi.

Bagaimana usaha bubur bayi yang di cari oleh ibu ibu??? Informasi yang kami dapatkan, biasanya mereka tertarik membeli bubur bayi karena display usahanya menarik, terlihat bersih dan rapi. Terdapat berbagai aneka macam asupan dan nutrisi yang berbeda beda sehingga ibu ibu tersebut dapat memilih produk bubur bayi.

Bagaimana dengan modal untuk membuka usaha bubur bayi??? Dapat di pastikan bahwa modal usaha bubur bayi relatif kecil. biaya dan modal awal yang paling besar dikeluarkan untuk membuat dan membeli meja atau gerobak sebagai display, selain itu biaya yang lain kecil kecil.

Dimana lokasi berjualan bubur bayi agar laris??? Tentunya lokasi tersebut berada di pinggir jalan raya dimana setiap orang / setiap pengendara melihat dan mengetahui terdapat usaha bubur bayi. Semakin banyak masyarakat yang tahu keberadaan usaha bubur bayi, maka akan semakin banyak orang yang membeli.

Bubur bayi tentunya harus memperhatikan nutrisi bubur yang lengkap dan seimbang. Makanan higienis juga merupakan suatu hal yang wajib diperhatikan. Memang untuk membuat menu makanan bubur bayi memerlukan perhatian khusus, karena makanan tersebut diberikan kepada bayi yang mana bayi masih sangat rentan terhadap penyakit.

Bubur Kacang Ijo
Usaha bubur selanjutnya adalah usaha bubur kacang ijo. Anda pastinya sudah pernah makan bubur kacang ijo. Tentunya bahan utama bubur ini adalah kacang hijau. Bubur kacang ijo sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jika anda mengamati di kota anda, sudah banyak yang menjual usaha bubur kacang ijo. Mulai dari usaha di tenda dan gerobak sampai menjual bubur kacang ijo di kios atau ruko. Anda bisa menemukan menu makanan bubur kacang di berbagai tempat di Indonesia. Usaha ini sudah sangat banyak, namun begitu prospek usaha untuk membuka usaha ini masih sangat bagus. 

Biasanya usaha bubur kacang ijo bisa di temukan di pinggir jalan pada sore sampai malam hari. dengan spanduk kain berwarna hijau bertuliskan bubur kacang ijo khas madura. Menu nya berupa es kacang ijo atau kacang ijo hangat. Untuk menu yang pakai es penyajiannya dengan cara kacang ijo atasnya di serut dengan es dan di kasih sirup. Sedangkan untuk yang hangat hanya kacang ijo di campur sirup. Dari campuran tersebut, rasanya sangat enak dan menyegarkan. 

Sedangkan usaha bubur kacang ijo yang biasanya di temukan di ruko atau kios bernama burjo (bubur kacang ijo) untuk menu usaha burjo memang lebih beraneka ragam biasanya usaha burjo menyediakan bubur kacang ijo, mie rebus, mie goreng disertai dengan tambahan telur, dan nasi goreng. Usaha burjo buka selama 24 jam. Untuk meningkatkan pembeli, biasanya mereka memasang wifi gratis, sehingga pembeli betah dan diharapkan setiap hari datang untuk membeli walaupun hanya sekedar minum.

Untuk mendirikan usaha bubur kacang ijo memang relatif sederhana karena menu atau produk utamanya hanya bubur kacang ijo, dimana untuk membuat kacang ijo sangat mudah. 

Modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini memang relatif, tergantung pada jenis usahanya, jika ingin membuka usaha bubur kacang ijo madura maka modal usahanya lebih kecil karena pengeluaran biaya yang paling besar hanya membeli gerobak saja, namun untuk usaha burjo dengan tempat usaha (kios atau Ruko) sedikit lebih mahal karena harus menyewa tempat usahanya.

Yang terpenting dari usaha ini adalah rasa bubur kacang ijo yang enak dan masih fresh. Jika pembeli puas, mereka akan kembali lagi.

Bubur Jagung
Contoh usaha bubur selanjutnya adalah bubur Jagung. Tentunya bahan utama dari bubur ini adalah jagung. Bubur jagung memang tidak begitu populer jika dibandingkan dengan bubur kacang ijo dan bubur nasi. Di dalam jagung terdapat nutrisi yang baik untuk tubuh, bubur jagung dapat dimakan setiap hari sebagai pengganti nasi. Dengan makan jagung dapat menyehatkan tubuh kita. Untuk membuat bubur jagung sangat mudah dan sederhana yaitu dengan cara jagung di blender  dan di campur dengan susu, bawang setelah itu direbus. Untuk penyajian bubur jagung bisa menambahkan daging ayam, hati ayam dan sayuran. Bubur jagung memiliki rasa khas tersendiri dibandingkan dengan bubur bubur lainnya. 

Untuk ketersediaan bahan bakupun sangat mudah dan sangat banyak. Jagung mentah sangat melimpah mengingat banyak daerah di Indonesia merupakan perhasil jagung.

Usaha bubur jagung biasa ramai pada pagi hari atau malam hari. pagi hari pada saat masyarakat akan mulai dengan aktivitas kerjanya atau pada malam hari pada saat masyarakat ingin berkuliner dengan keluarganya. Bubur jagung menjadi alternatif jajan kuliner pada malam hari.

Bubur jagung cocok dimakan untuk segala usia mulai dari anak anak, remaja, dewasa bahkan orang tua.

Jika kita meneliti lebih jauh lagi, usaha bubur jagung biasanya menggunakan tempat usaha (bukan pakai gerobak keliling). Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini tentunya lebih mahal karena terdapat biaya yang cukup besar yang digunakan untuk menyewa tempat usaha, namun biaya biaya lainnya tidak mahal.

Bubur Sumsum
Usaha bubur selanjutnya adalah bubur Sumsum. Tentunya anda tidak asing dengan bubur sumsum. Bubur sumsum populer di masyarakat Indonesia. Banyak yang menyukai makanan ini, dengan tekturnya yang lembut dan halus, serta rasanya yang enak dan manis membuat anak anak sangat suka makanan ini.

Bahkan di beberapa negara lain seperti malaysia dan singapura. Banyak yang mendirikan usaha dengan menu bubur sumsum. Bahkan terdapat berita bahwa malaysia sempat mengklaim makanan bubur sumsum berasal dari negeri jiran tersebut padahal makanan ini berasal dari Indonesia khususnya yang ada di daerah pulau jawa.

Untuk membuka bisnis usaha ini, sangat mudah karena pembuatan produk utama dari bubur sumsum sangat mudah dan sederhana. Jika anda tidak bisa, banyak sekali tutorial tutorial yang terdapat di youtube sehingga anda bisa belajar sendiri dan menciptakan makanan ini sendiri sampai bisa.

Mengapa makanan ini bisa membuat kita menjadi ketagihan khususnya pada anak anak??? Karena teksturnya yang halus dan rasanya yang manis sangat disukai oleh anak anak. Warna bubur ini adalah putih lalu sehingga menarik dan tertarik untuk mencobanya.

Jika anda mau berkeliling kota pada pagi hari, anda pasti akan menemukan masyarakat yang menjual bubur sumsum. Benar..... bubur sumsum sangat cocok dinikmati dan disajikan pada pagi hari untuk sarapan pagi sebagai pengganti nasi. Jika anda bosan makan nasi pada pagi harinya. Menu bubur sumsum sangat cocok sebagai sarapan pagi anda pada saat akan beraktivitas kerja. 

Dengan harga yang murah, semua kalangan masyarakat dapat menikmati makanan ini.

Untuk membuka usaha ini, modal yang dibutuhkan termasuk kecil. dengan menyediakan meja, kursi dan payung. Anda bisa berjualan di pinggir jalan atau sudut sudut perkampungan. Tentunya harus dengan ijin masyarakat dan perangkat desa tersebut. usaha bubur sumsum termasuk laris, mengapa??? Karena masih jarang pelaku usaha yang membuka usaha ini. biasanya pelaku dari usaha ini adalah ibu ibu. Misalnya anda hanya memiliki modal sebesar 1 jutaan, modal tersebut cukup untuk memulai usaha ini.

Tentunya anda harus memperhatikan nomor satu adalah soal rasa. rasa yang enak membuat pelanggan akan datang lagi dan membeli di tempat anda.

Dari beberapa contoh dan ulasan mengenai usaha bubur, memang setiap usaha ada kelebihan dan kelemahannya. Dari beberepa contoh tersebut, mana yang menurut anda cocok dijadikan sebuah bisnis. Karena untuk membuka usaha, yang pertama kali adalah kecocokan dan ketertarikan akan suatu produk. Jika dipaksakan maka kemungkinan besar akan mengalami kegagalan.

Demikian sedikit contoh beberapa usaha bubur dengan ulasan ulasannya. Semoga dapat bermanfaat dan sebagai refernsi anda dalam mendirikan bisnis.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon