Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Kamis, 07 Juni 2018

Cara Memulai Usaha Mebel

Cara Memulai Usaha Mebel - Usaha mebel merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan barang-barang perabotan rumah tangga. Usaha mebel ini merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Hal ini dikarenakan karena permintaan masyarakat akan barang-barang mebel yang meningkat. Banyak masyarakat yang lebih tertarik menggunakan kursi, lemari dan berbagai furniture rumah lainnya yang berbahan dasar dari kayu. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa ada pula masyarakat yang lebih menyukai set sofa sebagai pengisi ruang keluarga ataupun ruang tamu mereka. Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang mulai beralih ke set kursi dari kayu. Bahan kayu dianggap memiliki nilai yang lebih estetik dan lebih awet. Selain itu, elemen kayu yang ada di suatu rumah dapat memberikan penampilan dengan kesan yang klasik dan alami. 


Cara Memulai Usaha Mebel
Untuk memulai usaha mebel sebaiknya memiliki dasar ketertarikan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan mebel. Selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh pengusaha mebel pemula, yaitu sebagai berikut:

Modal Usaha
Untuk pengusaha mebel pemula, yang kegiatannya akan dilakukan sendiri tanpa adanya karyawan, tentunya kan membutuhkan modal yang sekiranya cukup untuk membeli kayu atau papan sebagai bahan dasar pembuatan furniture dan bahan penunjang lainnya seperti lem sekrup, dan paku. Berbeda halnya jika kegiatannya dilakukan dengan karyawan, tentu akan membutuhkan modal yang lebih besar. Hal ini disesuaikan dengan berapa jumlah karyawan yang akan dipekerjakan dan jumlah kayu yang akan di proses.

Peralatan  yang diperlukan
Dalam pemrosesan kayu menjadi mebel, tentunya membutuhkan beberapa alat sebagai penunjang pengadaan produk mebel ini. Alat-alat ini diantaranya adalah mesin potong/ gergaji, mesin serut (plener), mesin profil, palu, siku, tata, obeng, tang, meteran dan pensil tukang.

Tempat Lokasi Usaha
Pemilihan tempat yang tepat akan menjadi awal yang baik bagi pelaku usaha apapun, dalam hal ini adalah mebel. Usahakan memilih tempat yang strategis, yaitu tempat yang banyak dilewati oleh orang-orang yang berlalu lalang. Tentunya tempat usaha ini juga harus memiliki plang (label) yang mengisyaratkan bahwa tempat tersebut adalah tempat usaha anda. Hal ini akan sangat membantu anda dalam menarik calon konsumen.

Toko Online
Seiring dengan majunya teknologi dan kemajuan zaman, tidak ada salahnya jika anda dapat memasarkan produk mebel anda di toko online ataupun media sosial yang sudah banyak beredar di internet. Cara ini bisa anda lakukan jika kondisi usaha offline (toko) sudah stabil. Hal ini perlu dilakukan untuk memperluas pasar sehingga promosi bisa menjangkau masyarakat lebih luas.

Tatanan yang Menarik
Penataan produk mebel perlu anda dilakukan dengan baik. Hal ini bisa saja memperngaruhi minat calon konsumen anda meskipun hanya lewat atau sekedar masuk untuk melihat-lihat. Selain kualitas produk yang baik dan bagus, pastikan produk mebel anda ditata semenarik mungkin agar calon pembeli pun juga tertarik untuk membelinya.

Partner usaha
Sebagai pengusaha mebel, anda dapat bekerja sama dengan para penyedia bahan baku, pengembang perumahan atau mungkin juga sesame pengusaha mebel. Bekerja sama dengan penyedia bahan baku akan menguntungkan karena hasil kerja sama ini bisa saja akan membuat ongkos produksi anda semakin kecil. Jika bekerjasama dengan pengembang perumahan, kerjasama bisa dilakukan dalam bentuk menyediakan mebel bagi perumahan yang dibangun.hal ini juga bisa menjadi media pemasaran dan promosi untuk menjangkau mitra yang lebih luas. Jika bekerjasama dengan sesame pengusaha mebel, ada baiknya mencari usaha mebel yang produknya berbeda dengan produk yang anda hasilkan sehingga bisnis anda dan bisnis partner anda bisa berjalan beriringan dan saling menguntungkan.




This Is The Newest Post

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon