SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Minggu, 24 Juni 2018

Cara Buka Usaha Ternak Kambing Modal 5 Juta

Cara Buka Usaha Ternak Kambing Modal 5 Juta - Ternak kambing adalah usaha yang luamayan menjanjikan mengingat di Indonesia sendiri daging kambing banyak di konsumsi untuk makanan sehari-hari ataupun untuk acara-acara besar seperti hari raya Idul Adha. Untuk acara Idul Adha sendiri, kebutuhan kambing sangatlah besar. Banyak orang baik pribadi maupun kelompok yang mebutuhkan kambing sebagai hewan qurban. Membuka usaha ternak kambing tidak harus membutuhkan modal yang besar. Kita dapat memulai usaha ini dengan modal sebesar 5 juta. Jika modal ini dimanfaatkan dengan baik maka akan mendatangkan keuntungan yang banyak bagi pelaku usaha. Sebelum memulai usaha ini, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dulu, yaitu:

Cara Buka Usaha Ternak Kambing Modal 5 Juta

Persiapkan Kandang
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan kandang kambing. Kandang kambing ini berguna sebagai rumah kambing-kambing anda. Pembuatan kandang kambing dapat dilakukan dari bambu atau kayu. Bambu atau kayu tersebut kemudian dibuat seperti rumah. 

Untuk ukuran kandang, buatlah sesuai dengan banyaknya kambing yang anda miliki, jangan terlalu sempit untuk memudahkan gerak kambing. Selain itu usahakan untuk memilih tempat yang disinari matahari pagi karena matahari pagi sangat berguna untuk membunuh hama penyakit di tubuh kambing.

Memiliki Pengetahuan Dasar Tentang Hewan Ternak
Pengetahuan dasar tentang ternak sangatlah penting untuk memulai usaha ini karena menjadi patokan dalam memilih kambing yang baik dan pakan kambing yang baik. Dengan pengetahuan dasar tentang pakan kambing dan teknologi pakan, maka kita bisa memanfaatkan segala sumberdaya dan limbah pertanian yang ada di lingkungan sekitar kita untuk digunakan sebagai pakan ternak.

Menyiapkan Tempat yang Menyiapkan Tempat Pakan Kambing

Hal lain yang harus disiapkan adalah pakan kambing. Pakan kambig dengan mudah dapat kita temui jika kita mempunyai kebun yang banyak rumput hijau. Rumput hijau adalah makanan utama kambing. Selain itu kita juga dapat memanfaatkan limbah imbah pertanian seperti ampas tahu, dedak dan bungkil sebagai campuran pakan. Atau lebih dikenal dengan konsentrat pakan.

Setelah syarat-syarat tersebut dapat dipenuhi, selanjutnya yaitu langkah-langkah usaha ternak modal 5 juta:

1.  Memilih Jenis Kambing
Terdapat banyak sekali macam atau jenis kambing, seperti kambing kacang dan kambing peranakan Etawa. Pilihlah bibit kambing berupa indukan jantan yang unggul. Adapun ciri-ciri induk kambing yang unggul adalah mempunyai bentuk dan ukuran badan yang proporsional, memiliki jumlah gigi yang lengkap dan rata, bagian dada lebar, jinak, mempunyai tumit yang cukup tinggi, kakinya lurus, dan lain sebagainya. Belilah pejantan kambing dengan harga rata-rata per ekor 600 ribu sampai 700 ribu.

Dengan modal yang anda miliki sebanyak 5 juta, maka anda akan mendapatkan kambing sebanyak 7-8 ekor kambing. Selain itu usahakan untuk mengawali usaha ternak kambing sekitar 6 bulan sebelum Idul Adha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

2. Pelihara Kambing
Setelah anda menentukan jenis kambing kambing dan jumlahnya, selanjutnya pelihara kambing tersebut di kandang yang telah anda sediakan. Pemeliharaan ini termasuk pemberian makanan. Berikan makanan secukupnya untuk menjaga energi kambing. Dapat diberikan makanan rumput dan konsentrat.

3. Menjual Kambing
Setelah melakukan pemeliharaan, selanjutnya yaitu menjual kambing. Kambing dapat dijual ketika sudah berusia sekitar 12 bulan. Kita dapat menjualnya sebagai kambing kurban dengan kisaran harga yang sudah mencapai 1,4 juta sampai 1,7 juta rupiah per ekor.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon