SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Kamis, 31 Mei 2018

Usaha Sampingan Menjelang Lebaran

Usaha Sampingan Menjelang Lebaran - Hari Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu hari besar bagi umat muslim di Indonesia. Hari Raya Idul Fitri yang setiap tahunnya diperingati sebagai puncak setelah umat muslim menjalankan ibadah Ramadhan selama satu bulan penuh. Hari lebaran di Indonesia identik dengan perayaannya di masyarakat. Lebaran Idul Fitri menjadi salah satu momen untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara. Sehingga tidak sedikit kebutuhan-kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk menyambut hari Lebaran. Berbagai keperluan mulai dari pakaian, pernak pernik lebaran, dan makanan harus mulai dipersiapkan.

Usaha Sampingan Menjelang Lebaran
Sumber gambar: Tribunnews.com

Kebutuhan masyarakat di hari mejelang lebaran bisa naik beberapa kali lipat dibanding hari-hari biasa. Kondisi semacam ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha sebagai peluang untuk menjalankan bisnis. Bahkan bisa dijadikan usaha sampingan agar dapat memperoleh penghasilan tambahan, terlebih bagi mereka yang memiliki kondisi keuangan yang pas-pas an. Meskipun sifatnya hanya musiman, namun usaha ini cukup banyak diminati oleh para konsumen. Untuk pelaku usaha, usaha sampingan ini cukup menjanjikan apabila usaha berjalan dengan baik dan dengan perencanaan yang baik pula. Usaha sampingan ini juga akan memberikan keuntungan yang besar karena biasanya harga jual berbagai barang menjelang lebaran cukup tinggi.

Lalu, jenis usaha apa saja yang bisa dilakukan dihari menjelang lebaran?
Para pelaku usaha harus jeli dalam menentukan apa yang akan menjadi usaha sampingannya di hari menjelang lebaran. Hal ini memerlukan suatu perencanaan dan strategi yang tepat agar usaha sampingan ini dapat berjalan dan menguntungkan. Yang pasti, usaha tersebut harus disesuaikan dengan minat konsumen.

Berjualan Pakaian Hari Raya
Dalam menyambut hari lebaran, banyak sekali konsumen yang berminat membeli baju baru untuk lebaran sebagai penunjang penampilannya di hari lebaran nanti karena pada hari lebaran adalah momen dimana kita akan bertemu dengan banyak orang seperti keluarga, sanak saudara dan kolega. Maka sudah selayaknya mengenakan pakaian yang pantas dan bagus tanpa mengurangi sopan santun.

Usaha sampingan menjual baju lebaran bisa menjadi langkah para pelaku usaha yang bergelut di bidang fashion. Usaha ini bahkan bisa dilakukan jauh hari sebelum lebaran karena menurut fakta di lapangan, di awal Ramadhan pun permintaan kebutuhan akan pakaian baik laki-laki, perempuan dan anak-anak sudah mengalami peningkatan dibanding hari biasa. Jika anda berminat untuk melakukan usaha sampingan ini, pastikan anda mempelajari cara agar usaha ini bisa menguntungkan. Contohnya dengan memperhatikan kualitas barang dan pelayanan yang bagus untuk konsumen. Pasang harga yang sesuai dengan kualitas barang serta kemampuan beli masyarakat sekitar tempat usaha sampingan anda.

Berjualan Perlengkapan Ibadah
Berjualan perlengkapan ibadah memiliki potensi yang cukup besar untuk dijadikan peluang bisnis. Menjelang lebaran, banyak orang yang akan membeli perlengkapan ibadah baru sebagai pengganti dari perlengkapan ibadah yang lama. Peluang ini dapat dimanfaatkan sebagai usaha sampingan untuk berjualan  perlengkapan ibadah seperti peci, sarung, mukena, baju koko, baju gamis dan sajadah

Berjualan Tas dan Dompet
Bagi kaum wanita, tas atau dompet menjadi barang yang  wajib di bawa ketika hari lebaran. Hal ini untuk memudahkan membawa barang-barang kecil ketika harus bepergian (bersilaturahmi) dari satu tempat ke tempat lain. Sehingga bukan hal yang tabu lagi bagi wanita untuk selalu mempersiapkan tas bagus atau dompet yang bagus untuk hari lebaran. Selain itu tas atau dompet menjadi aksesoris pendukung akan busana yang dikenakannya.
Melihat fakta di atas, bukan tidak mungkin bahwa momen ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha sampingan.

Berjualan Kue Khas Lebaran
Di hari lebaran, berbagai macam kue akan disediakan untuk menjamu para tamu yang bersilaturahmi di rumah. Kue-kue seperti castangle, nastar, putri salju dan lain-lain merupakan hidangan yang rata-rata akan disediakan di meja tamu masing-masing rumah. Penjualan aneka kue di hari menjelang lebaran di pasaran meningkat drastis. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha sampingan untuk menjalankan usaha kue khas lebaran ini. Terlebih untuk anda yang memiliki hobi memasak. Anda bisa mendapatkan resep cara membuat kue khas lebaran di majalah ataupun lewat internet. Bagi yang tidak passion dalam memasak, anda bisa bekerja sama dengan para pembuat kue yang ada di sekitar kita.

Usaha Parcell Lebaran
Saat lebaran atau menjelang lebaran, banyak orang yang saling memberikan parcel baik kepada keluarga, teman dekat ataupun partner kerja. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk membuat parcell khusus lebaran  tersebut dan menjualnya. Usaha parcel lebaran ini membutuhkan kreativitas yang cukup tinggi dalam merangkainya. Isi dan penampilan parcel merupakan daya tarik utama pada konsumen. Jenis parcel yang bisa dibuat antara lain parcel alat ibadah dan parcel makanan. Namun isian dari parcel ini dapat disesuaikan dengan permintaan atau pesana dari konsumen.

Bejualan Pernak-Pernik Lebaran
Pernak pernik lebaran yang dimaksud di sini adalah toples, yang akan digunakan sebagai tempat makanan (kue) lebaran. Saat ini, tidak sedikit orang-orang yang mencari-cari barang ini di hari menjelang lebaran. Hal ini terjadi karena banyak masyarakat yang menginginkan brang bagus dan baru yang dapat dipakai di hari lebaran nanti. Terlebih dengan semakin banyaknya variasi model toples masa kini yang tampak bagus bila diletakkan di meja tamu. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha sampingan untuk berjualan toples dengan berbagai model yang unik dan menarik. Keuntungan lain dari usaha sampingan toples ini yaitu barangnya yang tidak akan rusak karena dimakan waktu. Sehingga jika toples tidak habis, bisa di jual kembali setelah lebaran atau di jual di tahun berikutnya.

Usaha Amplop Uang lebaran
Hari lebaran di Indonesia sangat identik dengan bagi-bagi uang untuk anak-anak (biasanya dikenal sebagai angpau). Anak-anak akan menerima uang dari saudara-saudara yang lebih tua setelah mereka bersalaman dan saling memaafkan. Hal inilah yang menjadikan lebaran sebagai momen yang membahagiakan bagi-anak-anak. Angpau yang akan diberikan biasanya dimasukkan ke dalam amplop agar tidak terlihat nominalnya. Saat ini amplop yang beredar mungkin sudah bervariasi jika dibandingkan zaman dahulu. Namun, orang-orang sekarang cenderung akan memilih amplop yang paling menarik dan berbeda dari yang lain. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menjalankan bisnis sampingan amplop lebaran ini. Terlebih untuk anda yang passion dengan dunia desain. Anda bisa membuka jasa pembuatan amplop ini dengan berbagai pilihan desain karakter lucu dan menarik serta bisa dicetak secara custom atau sesuai dengan permintaan konsumen.

Bagi beberapa orang, dalam merayakan hari lebaran kurang pas apabila barang yang mereka pakai tidak baru. Hal ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha. Anda dapat memilih usaha sampingan menjelang lebaran di atas untuk dijalankan dan mendapatkan keuntungan dan menambah uang simpanan anda.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon