Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Selasa, 15 Mei 2018

Fungsi Fungsi Pemasaran


Fungsi Fungsi Pemasaran - Proses distribusi barang dari produsen ke konsumen sebenarnya menyangkut pula berbagai kegiatan lain, yang belum tentu semuanya dilaksanakan oleh pedagang, misalnya transport, pergudangan, perkapalan, periklanan, asuransi dan sebagainya. Pedagang eceran dan toko yang kita kenal dalam hidup sehari hari sebenarnya hanya merupakan salah satu pelaksanan atau mata rantai dalam suatu proses yang lebih luas, yang disebut pemasaran.

Fungsi fungsi pemasaran mencakup semua kegiatan yang perlu diselenggarakan dalam proses memasarkan barang dan jasa hingga barang itu sampai di tangan konsumen. Fungsi fungsi pemasaran yang terpenting dapat digolongkan sebagai berikut:

 1. fungsi pertukaran
Pertukaran menyangkut kegiatan menjual dan membeli. Menjual dan membeli barang memerlukan bakat dan keahlian khusus, serta prosedur dan cara cara tersendiri, misalnya cara membeli dan memasarkan bahan bahan mentah untuk pabrik atau barang barang industri,barang kebutuhan pokok atau barang mewah itu berbeda beda. Demikian pula menjual barang memerlukan bakat dan keahlian tersendiri. Misalnya cara meyakinkan calon pembeli, mengetahui selera konsumen atau atau siatuasi pasar. dalam pekerjaan menjual juga diperlukan cara cara tertentu, seperti iklan, ruang peraga, etalase, daftar harga, bonus dan sebagainya.

2. fungsi penyediaan
a. transportasi dan pergudangan
untuk mengatasi perbedaan tempat dan waktu antara produsen dan konsumen umumnya barang perlu diangkut dan disimpan. Pekerjaan memindahkan barang dari tempat yang satu ke tempat yang lain disebut transportasi, dan pekerjaan penyimpanannya disebut pergudangan. Kegiatan transportasi dan pergudangan dalam pemasaran modern dirasakan semakin penting karena memperlancar arus barang, baik lokal, domestik, inter insuler maupun internasional. 

Oleh karena pengangkutan dan penyimpanan juga memerlukan biaya, perlu dicari jalan yang paling tepat, cepat dan efisien. Tarif pengangkutan antara lain tergantung dari jumlah barang yang diangkut, berat, kecepatan dan waktu, nilai barang dan risiko di jalan serta jarak yang harus ditempuh.

b. standarisasi
penentuan standar tertentu untuk mutu dan ukuran dari berbagai macam barang dagangan serta penggolongan barang sesuai dengan standar yang telah ditentukan akan mempermudah perdagangan, mempermudah penyimpanan, dan mempercepat pelayanan. Standarisasi bahkan merupakan keharusan untuk barang dalam perdagangan internasional.

3. fungsi pembantu
a. promosi dan komunikasi
dalam memasarkan barang, promosi mempunyai arti yang sangat penting, terutama bagi barang barang hasil produksi pabrik dan digunakan oleh masyarakat luas. Agar produknya laku, perlu iklan bertujuan meningkatkan jumlah penjualan barang atau jasa. Banyak bukti menunjukkan bahwa barang barang yang banyak dibeli adalah barang barang yang diiklankan. Iklan melalui televisi sangat efektif dalam mempengaruhi pembelian seseorang. Oleh sebab itu, iklan merupakan unsur yang sangat penting dalam distribusi / pemasaran barang barang dan jasa.

b. pembiayaan
dalam proses pemasaran, barang barang perlu diangkut, disimpan, diiklankan, diasuransikan dan lain lain. Untuk itu perlu disediakan modal. Apabila modal sendiri kurang, pembiayaan dapat menggunakan kredit dari bank.

c. menanggung risiko
dalam memasarkan barang barang dan jasa selalu timbul risiko seperti barang rusak, hilang, terbakar dan sebagainya. Risiko tersebut harus ada yang menanggungnya.

d. penelitian pasar
untuk dapat menyusun kebijakan perusahaan, terutama yang menyangkut masalah pemasaran, perlu dikumpulkan informasi yang lengkap dan terinci mengenai keadaan pasar, jumlah dan perkembangan penduduk, selera konsumen, perkembangan harga, keadaan persaingan, peraturan peraturan pemerintah dan lain lain.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon