Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Minggu, 13 Mei 2018

Contoh Peluang Usaha di Lingkungan Sekolah


Contoh Peluang Usaha di Lingkungan Sekolah – jika kita mengamati banyak sekali tempat tempat usaha yang berada di lingkungan sekolahan baik itu di tingkat taman kanak kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas. Ada berbagai jenis usaha yang ada di lingkungan sekolahan. Kita sering menjumpai pelaku usaha yang berjualan di di depan sekolahan, hal itu dikarenakan pelaku usaha ingin lebih lebih dekat lagi khususnya pada saat waktu pulang sekolah dimana siswa sekolah langsung keluar dari sekolahan.

 ilustrasi gambar
Jika dilihat dari propek lokasi, lingkungan sekolah adalah salah satu lokasi yang sangat strategis dan cocok bagi kita untuk membuka usaha. pangsa pasarnya adalah siswa siswi dan juga para orang tua. Maka sangat jarang jika membuka usaha di lingkungan sekolah uasaha tersebut merugi atau tidak untung. Adapaun jika usaha tersebut merugi, hal itu dikarekan produk yang dijual tidak sesuai dengan kebutuhan siswa dan orang tua, selain itu konsumen atau pembeli tidak menyukai produk yang dijual.

Untuk membuka usaha di lingkungan sekolah, yang harus di pahami adalah apa yang disukai konsumen tersebut, mayoritas siswa apakah dari kalangan menengah atas atau menengah bawah. Sebagai contoh kita ingin membuka usaha sosis bakar di lingkungan sekolah elit, namun  kita berjualan dengan gerobak yang jelek dan kotor. maka dapat dipastikan bahwa usaha sosis tersebut tidak laku, hal itu dikarenakan karakteristik siswanya menyukai gerobak yang bagus, higienis dan bersih walaupun harga sosis bakarnya lebih mahal. Begitu sebaliknya jika berjualan di lingkungan sekolah yang tidak elit, namun anda berjualan sosis bakar menggunakan gerobak yang bagus dengan risiko harga sosisnya lebih mahal, maka dapat dipastikan bahwa usaha tersebut tidak laku karena siswa memiliki keterbatasan uang saku. Dapat disimpulkan bahwa daya beli juga dapat mempengaruhi laku tidaknya usaha anda.

Ada beberapa contoh peluang usaha yang sangat cocok untuk kita jalankan

1. usaha makanan dan minuman
Sekolahan merupakan tempat dimana banyak siswa yang belajar dan menjalakan aktivitas sosialnya. Walaupun ada beberapa siswa yang sudah di kasih atau dibawakan makanan dan minuman dari rumah, namun tetap saja banyak siswa yang masih ingin jajan lagi. Hal itu di pengaruhi aktivitas di sekolah yang banyak menguras energi. Usaha makanan seperti usaha camilan kemasan, usaha sosis, usaha bakso, usaha cilok, usaha kue kue kecil dengan harga yang terjangkau untuk pasar siswa. Usaha minuman seperti usaha es degan, usaha es jus, usaha sop buah, usaha es durian, usaha es teh atau thai tea, usaha es kepal milo.

2. usaha toko buku dan alat tulis
Sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk mengenyam pendidikan. Para siswa belajar dan belajar, untuk mendukung kegiatan belajar, para siswa pasti membutuhkan buku, baik itu buku sekolah, buku referensi. Selain itu untuk mendukung kegiatan belajar, para siswa juga memerlukan buku tulis, pensil, spidol, bolpen, penggaris dan lain lain yang merupakan bagian dari alat tulis. Semakin lengkap preferensi buku dan alat tulis, maka siswa dan orang tua akan semakin tertarik untuk datang dan membeli di toko buku dan alat tulis tersebut.

3. Usaha fotocopy dan jilid
Usaha fotocopy dan jilid sangat cocok untuk lingkungan sekolahan. Para siswa pasti membutuhkan fotocopy untuk memperlancar kegiatan tugas belajarnya. Para siswa pasti disuruh guru untuk mengerjakan laporan da hal itu membutuhkan jilid laporan. Bayangkan saja, berapa banyak siswa disekolahan tersebut dan keuntungannya.



Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon