Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Senin, 09 April 2018

Apa Itu Fungsi Distribusi atau Perdagangan?


Dalam kegiatan ekonomi pada masyarakat modern, para pedaganglah yang menyalurkan barang barang ke konsumen. Merekalah perantara yang menghubungkan antara produsen yang satu dengan produsen yang lain serta antara produsen dengan konsumen.

Apa Itu Fungsi Distribusi atau Perdagangan?
www. freepic.com


Fungsi ekonomis distribusi atau perdagangan sebagai berikut:
1. Menyalurkan barang dari produsen ke konsumen
Pedagang melayani para konsumen dengan mendekatkan barang yang dibutuhkan, serta melayani para produsen karena menyalurkan hasil produksi dari pihak produsen ke pihak yang memerlukan.

2. Memecahkan persoalan perbedaan tempat
Kecuali mengetasi perbedaan tempat antara produsen dan konsumen, pedagang juga menjembatani perbedaan tempat antara konsumen yang satu dengan yang lain. Apabila harga suatu barang di tempat A murah sedangkan di tempat B mahal, maka pedagang membeli barang itu di tempat A dan menjualnya di tempat B. Barang di tempat B mahal karena kekurangan supply barang itu di B, sedang di tempat A lebih murah karena kelebihan supply barang itu di A. Dengan memindahkan barang dari tempat A ke B maka pedagang membantu menyamaratakan pembagian barang antara penduduk di kedua tempat tersebut.

3. Memecahkan persoalan perbedaan waktu
Saat suatu barang dihasilkan dan saat dibutuhkan atau dipakai sering kali tidak bersamaan. Misalnya, hasil hasil pertanian umumnya dihasilkan secara musiman, tetapi dibutuhkannya secara terus menerus, baik oelh rumah tangga konsumen (seperti beras, gula). Kadang kala barang bertumpuk tumpuk, tetapi bila habis orang kekurangan. Dengan adanya perdagangan, masalah perbedaan waktu ini dapat terpecahkan, yaitu pedagang membeli pada waktu panen dan menyimpan barang untuk sementara waktu di gudang. Dengan demikian konsumen dapat membeli sewaktu waktu membutuhkan dan produsen dapat bekerja dengan tenang. Adanya persediaan barang di gudang para pedagang sangat membantu memperlancar arus barang. Fungsi ini sekaligus juga sebagai stabilisator harga. Dalam ilustrasi di muka, pada saat panen harga barang barang pertanian bisa anjlok bila semuanya langsung menyerbu pasar. di lain pihak pada saat tidak musim panen harga akan menjadi mahal karena kekurangan supply. Dengan demikian, adanya pedagang yang menyimpan barang barangnya juga berfungsi menstabilkan harga barang barang.


4. Seleksi dan kombinasi barang menurut jumlah dan jenisnya
Kebanyakan usaha produksi dikhususkan ( spesialisasi) pada satu macam barang saja. akan tetapi, konsumen menghendaki bermacam macam barang dalam berbagai jumlah, ukuran dan kualitas. Di sini para pedagang membantu mengatasi perbedaan itu dengan menyediakan bermacam macam barang sekaligus dalam jumlah dan kualitas, sehingga konsumen dapat memilih barang yang paling sesuai dengan kebutuhan dan daya belinya.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon