Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Jumat, 09 Maret 2018

Pilih Buka Usaha Sop Ayam Sendiri atau Buka Usaha dengan Beli Franchise?



Pilih Buka Usaha Sop Ayam Sendiri atau Buka Usaha dengan Beli Franchise? – anda berminat untuk membuka usaha sop ayam, maka ada dua pilihan, yaitu dengan membuka usaha sendiri atau dengan membuka usaha dengan membeli franchise. Tentunya usaha kuliner sop ayam jika kita amati di berbagai tempat sangat ramai pembeli, hal itu karena kesukaan masyarakat akan cita rasa makanan tersebut. banyak usaha usaha sop ayam sudah berkembang bahkan dapat membuka membuka cabang dan juga dapat di franchise kan. Salah satu contoh usaha sop ayam yang populer di jawa tengah salah satunya adalah sop ayam pak min klaten. Sop ayam pak min klaten beberapa sudah ada cabangnya di beberapa kota di pulau jawa, setiap kali melewatinya selalu ramai pembeli. 

 www.resepdan masakan.com
Memang ada selalu ada keuntungan dan resiko setiap kita memilih buka usaha sendiri atau dengan beli melalui waralaba atau franchise. 

Jika buka usaha sop ayam sendiri, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan:

1. dapat membuka sop ayam dengan rasa yang enak dan memiliki ciri khas.  anda harus memiliki kemampuan untuk membuat sop ayam sendiri. Ok... memang hasil sop ayam buatan sendiri sudah enak dengan mencicipi sendiri, tapi itu belum tentu laku. Caranya adalah orang lain yang harus mencicipi rasa sop ayam buatan anda, misalnya dengan memberi ke tetangga, trus minta untuk di komentari apakah sop ayam ini layak jual atau gak. Minta masukan kekurangannya apa saja, jangan alergi untuk dikritik.

2. sudah tahu jumlah modal usahanya. Anda harus paham untuk membuka usaha ini, berapa modal usaha yang dibutuhkan. Dan juga sediakan biaya operasional cadangan. Awal buka usaha harus menyediakan biaya operasional selama 6 bulan agar dapat mengantisipasi usaha anda masih berjalan karena kemungkinan besar pada awal usaha ini akan merugi.

3. tahu peralatan dan perlengkapan apa saja yang akan dibeli. Pastinya anda harus paham peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan untuk membuka usaha sop ayam. Jika anda belum tahu, maka sebaiknya matangkan dulu perencanaan anda.

Jika buka usaha sop ayam dengan membeli franchise, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan:

Memang ada banyak keuntungan salah satunya anda tidak perlu promosi mengenalkan usaha karena nama franchise yang anda beli sudah terkenal/populer. Untuk masalah kualitas sop ayamnya tidak diragukan lagi. Sudah enak dan disukai oleh masyarakat. tapi banyak juga kita sudah beli franchise tapi tidak untuk malah buntung alias rugi. Mengapa???

1. selera rasa makanan masyarakatnya. Pelajari apakah masyarakat di tempat tersebut menyukai makanan sop ayam? Jika tidak suka, ya tidak laku.

2. jeli membaca perjanjian kerjasama dengan pewaralaba. Jangan sampai terjebak dengan kata kata. Di dalam perjanjian tersebut harus jelas dan detail mengenai keuntungan dan timbal balik, serta risiko apabila melanggar. Kadang kala dalam isi perjanjian kerjasama dengan pewaralaba hanya dibahas secara umum, trus setelah kita deal dan membahas secara detail, ternyata malah merugikan kita dan jika kita menarik kembalik kerjasamanya, uang tidak dapat kembali.

3. bekerjasama dengan produk yang sudah mapan dan sudah bertahan puluhan tahun. Alasannya adalah produk tersebut sudah teruji dan bukan produk musiman. Lalu ada pertanyaan bagaimana jika kita tetap bekerjasama dengan produk yang sedang booming, apa tidak boleh??? Ya boleh boleh saja. namun jika anda mau mengamati banyak sekali produk yang booming lama kelamaan mati dengan sendirinya, satu contoh adalah waralaba dengan makanan ketela. Yang dulunya sangat booming, namun itu hanya bertahan 2 sampai 3 tahun setelah itu tidak bisa bertahan pada persaingan usaha.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon