SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Sabtu, 17 Februari 2018

Cara Meraih Image Toko Kelontong Murah



Cara Meraih Image Toko Kelontong Murah - Toko kelontong merupakan salah satu usaha yang banyak diminati masyarakat baik di desa maupun di kota. Selain karena tidak membutuhkan banyak modal, usaha ini dapat dijadikan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga karena dapat dilakukan sambil mengerjakan perkerjaan rumah. Usaha ini juga mempunyai keuntungan yang cukup menjanjikan karena keberadaannya dimanapun pasti banyak dicari. Penentuan tempat yang strategis dan ketelatenan dapat menjadikan usaha ini terus berkembang. Toko kelontong dikenal sebagai toko murah jika dibandingkan dengan membeli di supermarket. Untuk menjaga agar toko kelontong tetap ramai pembeli, maka image murah tersebut harus dipertahankan. Lalu, bagaimana cara meraih image toko kelontong murah?


Cara Meraih Image Toko Kelontong Murah


Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga image murah toko kelontong adalah dengan menerapkan harga grosir. Berikan harga khusus bagi pembeli yang membeli dalam partai besar. Cara ini terbukti efektif untuk menarik minat pelanggan. Jika anda menerapkan harga yang sama bagi pembeli yang membeli gula 1 kg dan 10 kg, dapat membuat keengganan pembeli untuk kembali lagi. Selain itu dengan menerapkan harga grosir dapat menarik banyak pembeli dengan partai besar, barang pun menjadi cepat habis dan dapat memperoleh keuntungan lebih cepat.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menjaga image murah toko kelontong adalah dengan menerapkan harga murah untuk sembako. Sembako merupakan kebutuhan pokok sehari-hari bagi setiap manusia. Sembako murah pasti sangat dilirik oleh ibu-ibu rumah tangga. Jika anda berpikir untuk langsung mendapatkan untung yang besar, kemungkinan anda hanya akan mendapat keuntungan sesaat, oleh karena itu anda harus berpikir jangka panjang tetapi tetap mendapat keuntungan. Jual lah sembako dengan harga semurah mungkin. Jika anda berpikir keuntungan yang didapat kecil, maka lihatlah jika anda mampu menjual sembako dalam jumlah yang banyak dalam sehari, maka keuntungan yang anda dapat akan semakin besar. Sebagai contoh, jika anda menjual gula dengan keuntungan Rp. 500/kg, maka hitung keuntungan anda jika dalam sehari anda mampu menjual 60kg. Maka keuntungan yang anda peroleh adalah Rp. 30.000. Ini juga dapat menentukan kelangsungan toko kelontong anda, karena semakin hari pelanggan anda semakin banyak.

Cara berikutnya untuk mendapatkan image murah pada toko kelontong anda adalah dengan memilih agen yang murah, lengkap dan dekat dengan tempat toko kelontong anda. Hal ini berguna untuk menekan biaya modal yang harus anda keluarkan dan untuk menentukan harga eceran yang dapat bersaing dengan toko kelontong lain. Dengan menekan biaya modal, maka berakibat pada harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko lain.

Cara terakhir yang dapat diterapkan untuk mendapatkan image murah pada toko kelontong adalah dengan memberikan harga murah pada barang yang paling laku. Cara ini dapat dikatakan efektif karena tidak semua barang dagangan anda akan selalu laku setiap hari.pasti terdapat beberapa barang yang setiap hari dibutuhkan selain sembako. Barang-barang tersebut seperti perlengkapan MCK, minuman kemasan, makanan instan dan lain-lain. Untuk menentukan barang mana yang sering laku dapat dilihat dari keseharian pembeli. Hal ini bergantung juga pada area tempat anda tinggal. Seperti jika anda ditinggal di area pantai, maka barang yang laku adalah MCK dan jajanan. Tentukan harga semurah mungkin pada barang yang sering laku agar pelanggan dapat kembali ke toko anda.

Bagaimana tips membuka toko kelontong?

Yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan memperkirakan estimasi biaya untuk membuka usaha ini.

Apa saja peralatan dan perlengkapan yang harus disediakan dan dibeli untuk keperluan ini?
1.Etalase kaca ukuran sekitar 2 meter biayanya kuirang lebih 2 juta
2. lemari showcase pendingin sekitar 3.5 juta
3. timbangan sekitar 300 ribu
4. kalkulator 100 ribu
5. tabung elpiji 3 kg sekitar 2 juta
6. galon air sekitar 350 ribu

Kurang lebih peralatan dan perlengkapan utama yang dibutuhkan dan total biayanya 8,15 juta

Yang kedua, dengan membeli beberapa stok barang untuk dijual kembali.
Anda bisa membeli ke beberapa toko grosir yang sudah terkenal murah dan terkenal lengkap. Sehingga dari situ jika anda menjualnya kembali maka keuntungan yang anda dapat juga dapat maksimal.

Lakukan pendekatan kepada toko toko grosir dengan bercerita bahwa anda akan membuka toko kelontong dan negoisasi untuk diberikan harga yang lebih rendah / dapat diskon apabila membeli barang tersebut dengan jumlah banyak.

Yang ketiga, dengan mencari informasi nomor beberapa agen distribusi baik yang biasanya memasok barang dagangan toko kelontong.
Si agen tersebut biasanya keliling untuk memasok beberapa toko kelontong, dengan anda memiliki/ bekerjasama dengan agen distribusi tersebut maka keuntungan yang anda dapatkan adalah hemat biaya transportasi, hemat waktu.

Jika anda sudah mulai untuk berjualan, maka hal yang akan terjadi atau yang akan anda alami adalah tidak ada pembeli atau sepi pembeli.

Jika anda dalam situasi seperti itu, jangan panik!!!!

Mulai awal membuka toko kelontong pada minggu pertama pasti sangat sepi bahkan minggu ke 1 tidak ada yang membeli. lalu minggu ke 2 ada beberapa orang yang membeli, sampai memasuki minggu ke 8.

Hal itu menjadi wajar karena:
1. masyarakat banyak yang belum tahu usaha anda.

2. masyarakat sebelumnya sudah memiliki langganan toko kelontong jadi mereka tidak tertarik untuk membeli di tempat anda.

3. masyarakat lebih memilih membeli toko kelontong ditempat terdekat dengan tempat tinggal mereka.

4. masyarakat belum banyak kenal anda secara personal, 

5. masyarakat masih mengamati dan masih sungkan untuk masuk dan melihat lihat toko kelontong anda.

Lalu jika seperti itu apa yang harus dilakukan?

1. jika masyarakat belum tahu usaha anda, maka anda wajib memasang spanduk yang besar dan menarik sehingga terlihat dan mereka membaca bahwa tempat tersebut ternyata sebuah toko kelontong.

2. cara menarik pembeli dari langganan toko lain itu memang sedikit susah dan tergantung momentum. Seperti apa contohnya?
Misal adi sudah berlangganan lama di toko A, suatu saat adi membutuhkan barang dan mencarinya di toko A namun tidak ada, sehingga di mencari barang tersebut di toko B (toko kelontong anda). pada momen tersebut, lakukan pendekatan baik pendekatan komunikasi seperti berkenalan dan menerangkan berbagai macam produk yang anda jual. pada momen tersebut maka adi akan merasa nyaman dan dia sedikit demi sedikit akan beralih membeli barang di tempat anda.

3. perilaku masyarakat yang lebih memilih membeli barang di tempat terdekat adalah hal yang wajar. Jadi anda juga harus berjuang untuk menguasai pangsa pasar di dekat anda sekitar 100 meter dari tempat usaha anda.

4. jika masyarakat belum mengenal anda secara personal, berarti anda harus sering melakukan sosialisasi ke masyarakat. itu juga penting untuk dilakukan. Ada pepatah “semakin banyak teman maka semakin banyak rejeki”

5. pada saat baru memulai adalah masyarakat masih sungkan dan datang masuk untuk melihat lihat. Yang harus dilakukan adalah membuka toko kelontong anda selebar lebarnya dan sering sering dibersihkan agar selalu rapi dan bersih. Kan sering kali kita melihat banyak toko kelontong yang membuka tokonya hanya sampai setengahnya saja. dan jarang dibersihkan.


Toko Kelontong di tengah persaingan Indomaret dan Alfamart

Kalau anda mengamati lebih jauh, sebenarnya toko kelontong itu bersaing usaha dengan alfamart dan indomaret. Sama sama pangsa pasar bagi masyarakat yang membutuhkan barang / produk kebutuhan sehari hari. toko kelontong telah ada dulu dibanding minimarket tersebut. Namun karena jaman berubah membuat munculnya minimarket yang lebih modern dan bersih. Jika di adukan secara apple to apple maka toko kelontong pasti kalah dengan minimarket tersebut.

Sebenarnya mengapa masyarakat memilih usaha toko kelontong ? bagaimana bisa muncul ide tersebut?

1. lingkungan
Lingkungan sekitar dapat mempengaruhi muncul dan membuat ide membuka usaha toko kelontong. Contoh, sebelumnya usaha orang tua adalah toko kelontong namun pada suatu saat pasti usahanya tersebut di wariskan kepada anak anaknya. 

2. minat
Suatu minat dapat menjadi sebuah ide usaha. dengan memiliki minat maka orang tersebut melakukan aktivitasnya dengan senang dan tanpa paksaan. Nah jika minatnya menjadi ide untuk menjalankan usaha toko kelontong, pasti akan dilakukan.

3. pendidikan
Faktor pendidikan juga sangat mempengaruhi seseorang itu ingin bekerja dan ber usaha apa. jika pada pendidikan yang dijalani seorang S1 ekonomi, sangat normal jika berfikir untuk membuka usaha walaupun itu dimulai dari hal yang kecil tersebih dahulu dan salah satunya membuka usaha toko kelontong.

4. kesempatan
Mendapatkan sebuah kesempatan / peluang usaha sangat jarang terjadi. Ada yang menyadari dan juga banyak yang tidak menyadari. Muncul sebuah kesempatan usaha bisa karena pengalaman pribadi atau perjalanan hidup. Misal dengan jalan jalan di tempat tinggal anda, lalu mengamati di sekitar tempat tinggal anda sangat jarang usaha toko kelontong lalu tiba tiba mucul sebuah ide untuk bisnis toko kelontong di tempat tersebut.

5. investasi
Niat untuk membuka toko kelontong karena memiliki dana yang lebih.

6. pengalaman
Muncul keinginan bisnis toko kelontong karena orang lain sukses dengan bisnis tersebut. dan anda mengetahui cerita dan manfaat yang didapatkan dari bisnis ini.

7. jaringan
Berniat untuk usaha toko kelontong karena sebelumnya memiliki jaringan atau kenalan orang /teman yang memiliki usaha grosir. Sehingga mereka bisa mensupplai barang dagangan toko kelontong.


Berikut informasi mengenai apa saja barang barang yang dibutuhkan oleh toko kelontong

Daftar Nama Barang Toko Kelontong

1. Amplop
2.Buku gambar
3. Buku tulis
4. Faber Castel
5. Eraser
6. Pencil
7. Kertas Folio
8. Kertas Kado
9. Lem Kertas
10. Penggaris
11. Beras murah
12. Beras Sedang
13. Beras Mahal
14. Bawang Putih
15. Jagung Bihun
16. Kacang Tanah
17. Kacang Hijau
18. Kerupuk nasi uduk
19. Kemiri
20. Ketumbar
21. Lencana terigu
22. Lada
23. Minyak goreng curah
24. segitiga terigu
25. sagu gunung
26. telor
27. gula pasir.
28. gula merah.
29. Aneka Kecap
30. aneka saos pedas
31. aneka saos tomat
32. aneka terasi sachet
33. aneka sarden
34. aroma pasta
35. blueband
36. agar agar sachet
37. bumbu racik ayam goreng
38. bumbu racik bumbu tempe
39. bumbu racik lodeh
40. bumbu racik sayur asem
41. bumbu racik sop
42. cangkir sarimanis
43. cuka
44. aneka minyak goreng
45. aneka tepung
46. Kara
47. ladaku
48. masako ayam
49. masako sapi
50. mutrijell rasa buah
51. permipan
52. pewarna kupu kupu
53. rosebrand tepung beras
54. garam
55. coklat bubuk
56. sasa
57 soun naga
58. stik es krim
59. swallow agar
60. saos tiram
61. timbangan tepung gula
62. vanili R
63. TBM
64. dayak 24
65. maskot besar
66. sendok besar
67. sendok kecil
68. sendok warna
69. aneka sabun mandi
70. aneka sabun cuci
71. aneka pasta gigi
72. aneka pewangi
73. aneka jajanan anak anak
74. aneka biskuit
75. aneka cracker
76. aneka snack kering

 

 



Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon