Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Kamis, 04 Januari 2018

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Toko Plastik



Kelebihan dan Kekurangan Usaha Toko Plastik - Mencari ide bisnis itu memang tidak terlalu mudah tapi juga tidak bisa dikataan sulit, mungkin anda pernah mendengar pernyataan ini dan apakah benar demikian? kenyataannya banyak orang yang sukses membuka usaha baru meskipun kelihatannya ide bisnisnya sederhana yaitu berdasarkan kebutuhan masyarakat misalnya bisnis laundry atau antar jemput anak sekolah. Jadi sebenarnya ide bisnis selalu ada disekeliling kita, hanya saja kita perlu menggali potensi mana dijadikan bisnis.


www.freepic.com

Salah satu ide bisnis yang bisa menjadi pertimbangan anda adalah bisnis toko plastik, Meskipun ini bukan bisnis baru namun karena plastik merupakan kebutuhan sehari - hari terutama untuk kalangan pedagang hampir tiap hari selalu membutuhkan. Coba anda lihat jika anda membeli sesuatu baik dipasar atau di toko - toko tradisional selalu membutuhkan plastik sebagai kemasannya artinya selagi masih ada pedagang,kebutuhan plastik akan selalu ada.

Lantas, apa saja keuntungan yang diperoleh dalam mengembangkan bisnis usaha toko plastik?
Keuntungan utama dalam usaha toko plastik dibanding dengan usaha lain adalah usaha plastik ini tidak ada istilah expired atau basi. Plastik terbuat dari bahan sintetis, hal ini menjadikan bahan plastik walaupun terkubur di dalam tanah selama bertahun-tahun sekalipun belum dapat terurai dengan sempurna. Untuk itu kita tidak perlu khawatir dengan barang restan (sisa) dari usaha plastik ini. Jadi walaupun stok plastik tersisa dalam jumlah banyak, tidak perlu khawatir karena tidak pernah basi sehingga lama kelamaan plastiknya akan habis juga di beli orang.

Hal kedua yang menjadi keuntungan dari usaha toko plastik adalah Barang atau produknya relatif mudah di dapatkan, terutama bagi pengusaha toko plastik yang berada di kota besar. Untuk di kota perusahaan yang menyediakan produk plastik sangat banyak, kita dapat melacaknya melalui bantuan internet. Sedangkan untuk di daerah, jika tidak ada perusahaan yang menyediakan maka dapat menggunakan jasa pengiriman ekspedisi atau kargo. Saat ini perkembangan jasa pengiriman semakin pesat, sehingga dapat menjangkau pengiriman barang hinga ke pelosok ataupun daerah pedalaman yang lain. Jika sudah menemukan perusahaan yang sesuai, selanjutnya kita bisa memesan barang melalui handphone saja. Nanti pihak produsen dan supplier yang akan membantu mengurus pengiriman barangnya ke ekspedisi atau kargo, untuk selanjutnya dikirimkan ke tempat kita.

Hal ketiga yang menjadi keuntungan dari usaha plastik adalah usaha plastik memiliki prospek usaha yang tidak ada matinya. Usaha plastik dikatakan tidak ada matinya karena plastik itu sendiri sudah pasti dibutuhkan oleh semua orang. Pengguna plastik sangatlah luas dan besar, oleh karena itu tidak mengherankan jika setiap tahun terus bertambah orang yang membuka usaha ini. Semua orang pasti membutuhkan plastik. Mulai dari plastik ‘kaca’ yang berfungsi untuk mempercantik kemasan produknya (aksesories, souvernir, dll). Hingga kantong plastik 'kresek' yang berfungsi sebagai pembungkus produk.

Namun tidak selamanya usaha plastik menguntungkan, adapula kekurangan yang dimiliki. Apa saja kekurangan dalam mengembangkan usaha toko plastik? 

Kantong plastik merupakan jenis sampah anorganik atau sampah yang sulit di urai sehingga pemerintah mulai menggalakkan makanan yang minim dengan kemasan yang sulit di urai. Hal ini berdampak pada pengurangan produksi kantong plastik terutama sebagai kemasan makanan, padahal umumnya kantong plastik paling banyak digunakan untuk mengemas makanan cepat saji. Dalam hal ini perlu juga diperhitungkan dalam menghadapi tantangan pengembangan usaha kantong plastik.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon