Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 10 Januari 2018

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Budidaya Ikan Koi



Kelebihan dan Kekurangan Usaha Budidaya Ikan Koi - Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai banyak penggemar di kalangan pecinta ikan hias. Ikan Koi berasal dari sebuah persilangan antara berbagai jenis ikan mas dan pertama kali di populerkan di Jepang. Selama bertahun-tahun penduduk Jepang mengembangbiakan ikan koi, barulah mereka sadar ikan ini mempunyai nilai estetika yang tinggi. Keindahan ini mereka jumpai saat tanpa sengaja ditemukan ikan koi berwarna merah dengan corak biru muda. Selanjutnya, berbagai persilangan pun mulai galak dilakukan untuk menghasilkan ikan-ikan koi yang bercorak sangat indah. Budidaya ikan koi untuk keperluan ikan hias mulai serius digeluti di Jepang sekitar tahun 1820-1830. Mereka mulai memeliharanya di kolam ikan yang sudah dibuat khusus di perkebunan.

www.pixabay.com
 Lantas kelebihan apa saja yang bisa dirasakan dengan budidaya Ikan Koi?
Meskipun usaha Ikan Koi di Indonesia belum terlalu populer jika dibandingkan Ikan Koi asal Jepang, namun saat ini usaha budidaya ikan Koi di Indonesia terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Untuk cara budidaya ikan Koi dapat dibilang cukup mudah untuk dilakukan karena langkah-langkah dalam budidaya ikan Koi hampir sama dengan ikan mas pada umumnya. Tetapi, untuk mendapatkan bibit ikan Koi cukup sulit dan bahkan tidak sedikit para peternak atau pembudidaya yang sudah sukses langsung mendatangkan bibit ikan Koi berkualitas langsung dari Jepang. Bagi anda yang tertarik untuk mencoba budidaya Ikan Koi, berikut ini akan dijabarkan kelebihan dan kekurangan budidaya Ikan Koi secara lengkap.
Baca artikel menarik lainnya mengenai ikan koi: Cara budidaya ikan koi untuk usahaCara pemasaran ikan koi; Cara mengawinkan ikan koi; Tips budidaya ikan koi di aquarium; Cara membesarkan ikan koi; Cara membedakan ikan koi jantan dan betina;  Kelebihan dan kekurangan budidaya ikan koi; Harga ikan koi.
Kelebihan Usaha Budidaya Ikan Koi:

1.    Mudah Menerima Makanan
Salah satu alasan Ikan Koi udah dibudidayakan adalah karena ikan Koi mudah menerima makanan apa saja. Ikan Koi mau menerima berbagai jenis makanan baik berasal dari hewan ataupun bahan nabati (tumbuh-tumbuhan). Koi mau menerima ikan, sayur-sayuran, dan daging. Tetapi untuk mendapatkan ikan Koi yang tumbuh sehat dengan warna yang memikat maka perlu memberi makan Ikan Koi dengan makanan buatan yang merupakan campuran berbagai bahan-bahan nabati dan hewani juga vitamin-vitamin yang sangat positif terhadap pertumbuhan dan warna di badannya.
2.    Ikan Koi Mudah Menyesuaikan Diri
Ikan Koi juga dikenal sebagai ikan yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Ikan ini dapat menempati hampir semua tempat. Tetapi pada saat pemindahan, jangan sampai Ikan Koi mengalami perubahan secara mendadak. Kalau hal itu terjadi, kemungkinan Ikan koi akan menderita. Jika anda berminat memelihara Ikan Koi tetapi tidak memiliki lahan yang cukup, anda tidak perlu khawatir karena Ikan Koi tidak membutuhkan tempat terlalu besar. 
3.    Ikan Koi Mempunyai Manfaat Bagi Kesehatan
Terdapat banyak sumber manfaat lain dari Ikan Koi karena kandungan yang terdapat didalam daging ikan koi ini antara lain adalah sebagai berikut :
·         Omega 3 bermanfaat untuk otak dimasa pertumbuhan dalam meningkatkan kecerdasan.
·         Protein merupakan salah satu senyawa yang berguna untuk meregenerasi sel – sel tubuh yang lama diganti dengan sel tubuh yang baru.
·           Fosfor yang memiliki manfaat untuk kesehatan tulang.
·           Vitamin D yang sama fungsinya dengan fosfor untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Selain kelebihan yang dapat dirasakan, apa kekurangan yang menjadi resiko bagi para peternak Ikan Koi?

Ketika mengembangkan budidaya ikan mas koi, tentu juga tak hanya kelebihan yang dapat dirasakan, ada pula resiko yang harus di tanggung oleh para peternak Ikan Mas Koi. Selain perlunya pengetahuan yang cukup untuk bisa membudidayakan ikan cantik ini, ikan mas koi juga dikenal rentan terkena wabah penyakit. Permasalahan pada budidaya ikan yang menyebabkan kematian masal yangterjadi khusunya pada ikan mas dan koi diantaranya disebabkan oleh serangan virus. Faktor yang disebabkan penyakit atau virus inilah yang sangat banyak merugikan pembudidaya atau penggemar ikan yang cukup populer ini, sehingga kadang peternak ikan koi ini kesulitan untuk membudidayakan ikan koi tersebut. Beberapa penyakit dapat menyerang tanpa membedakan jenis inangnya sedangkan yang lain bersifat spesifik-inang. 

Penyakit yang diakibatkan virus biasanya bersifat khusus pada famili yang memiliki kekerabatan dekat atau bahkan hanya pada jenis tertentu. Umumnya, penyakit yang diakibatkan virus dapat menimbulkan penyakit yang akut dan kematian. Pada famili cyprinid, beberapa virus yang pernah dilaporkan menyebabkan penyakit akut, antara lain: rhabdovirus, corona-like virus, iridovirus dan herpesvirus. Herpesvirus pada ikan secara umum diidentifikasi sebagai penyebab penyakit mulai dari infeksi sisik hingga infeksi sistemik yang fatal hingga menyebabkan kematian pada ikan mas koi. Dalam hal ini peternak peru dibekali pengetahuan yang cukup untuk mengantisipasi koi agar terbebas dari virus.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon