SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Minggu, 14 Januari 2018

7 Tips Ampuh Belanja Pintar Hadapi Akhir Bulan


7 Tips Ampuh Belanja Pintar Hadapi Akhir Bulan - Akhir bulan bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang sulit sehingga mengharuskan kita untuk dapat mensiasatinya agar kondisi keuangan tidak mencekik. Di tanggal – tanggal akhir bulan merupakan masa kritis bagi orang yang kondisi keuangan di rekeningnya pas-pasan. Mau nggak mau harus berimprovisasi agar hidup bisa tetap berjalan walau isi dalam kantung pas-pasan. Salah satu cara yang paling ampuh dalam menghadapi masa kritis di akhir bulan yakni dengan cara berhemat. Segalanya bisa dilakukan dengan berhemat, termasuk dalam hal berbelanja. Salah memilih cara belanja sama saja dengan menyia-nyiakan hasil kerja kerasmu. Nah, biar nggak salah langkah dalam menyiasati akhir bulan, kamu bisa coba 7 trik belanja khusus di akhir bulan.
7 Tips Ampuh Belanja Pintar Hadapi Akhir Bulan


1.     Coba atur intensitas belanjamu setiap 6 hari sekali. Biar tetap ada uang walau belum saatnya gajian lagi
Terkadang banyak orang memilih berbelanja segala kebutuhan dengan harga yang cukup mahal, meskipun dengan alasan lebih praktis dan masih punya banyak uang karena masih awal bulan. Namun, hal ini sebenarnya membuat kita terjerembab di awal perjalanan atau bisa dibilang salah perhitungan. Belum sampai pertengahan bulan uang udah habis. Salah satu cara agar kamu masih tetap punya uang sisa di akhir bulan adalah dengan mengatur intensitas belanja. Alih-alih membelanjakan semua uang di awal bulan, cobalah untuk mengatur agar kamu belanja setiap 6 hari sekali. Bagi total dana belanjamu ke dalam kebutuhan per 6 hari itu.

Menuruti cara ini meski sudah akhir bulan kamu nggak lagi harus khawatir dengan tirisnya dompetmu!

2.    Belanja pakai kartu debit memang praktis. Tapi hindari deh biar kondisi keuanganmu nggak tiris
Menggesek kartu debit setiap belanja memunculkan rasa punya uang di otak kita. Karena tidak memegang uang cash kita jadi lebih impulsif dalam belanja. Sebab kegiatan ini membuat kita kehilangan kendali atas jumlah uang yang memang ada di rekening kita. Biar di akhir bulan kamu nggak merana ada baiknya kegiatan menggesek kartu debit ini kamu hindari karena bisa – bisa kegiatan menggesekmu malah menjadi hobi. Bawa uang cash selalu dalam dompetmu. Batasi penggunaan kartu debit cuma kalau benar-benar perlu meskipun tengah ada diskon belanja spesial.

3.    Demi kondisi keuangan yang aman, hindari mampir ke minimarket yang penuh godaan
    Kemudian niat awalmu yang hanya jajan minuman berubah jadi jajan camilan, beli sabun, dan pembersih muka varian baru. Yeah. Minimarket memang semudah itu menggoyahkan imanmu. Biar godaan macam ini nggak datang lagi sebisa mungkin hindari mampir ke minimarket demi keamanan keuanganmu. Apalagi di akhir bulan.

4.    Lakukan ‘puasa’ berbelanja beberapa hari dalam seminggu. Hal ini dapat menyelamatkanmu di akhir bulan
Berbicara soal berbelanja, tentu tidak ada habisnya. Bahkan kalau kita punya uang bisa jadi kita belanja setiap hari. Apapun hal yang dapat membuat kita ingin belanja, seperti melihat makanan enak di pinggir jalan, baju – baju yang menarik dan nikmat di pandang, hingga gadget yang bisa kita dapatkan apabila kita punya cukup uang. Hal tersebut bisa menjadikan kita ketergantungan untuk belanja, bahkan setiap harinya. Kita perlu melakukan puasa belanja. Dalam artian, beberapa hari dalam seminggu kita perlu menghindari belanja atau jajan sembarangan. Ini dapat membantu kamu dalam menghadapi masa – masa kritis di akhir bulan.

5.    Biasakan menyimpan struk belanja lalu masukkan ke spread sheet anggaran. Cek dulu spread sheet ini sebelum belanja di akhir bulan

Seberapa sering kamu menyimpan struk belanja? Sering dianggap sebagai kebiasaan remeh, mencatat baik-baik setiap struk pengeluaran dan struk belanja jarang kita lakukan. Padahal dari sini keamanan keuangan bisa kita dapatkan.

Mulai sekarang biasakan kebiasaan baru ini:
 Simpan struk belanja – masukkan semua pengeluaranmu dalam 1 spread sheet- cek dulu spread sheet ini sebelum belanja di akhir bulan. Hal ini tak hanya berlaku untuk kegiatan belanja offline kamu saja, akan tetapi juga berlaku bagi kamu yang punya hobi belanja online di toko online

Cara sederhana ini membuatmu benar-benar tahu berapa uang yang masih kamu punya. Hal ini juga bisa membantumu membandingkan pengeluaran tiap bulannya.

6.    Pakai ‘kacamata kuda’ dengan membawa list belanja. Jangan biarkan dirimu keluar dari jalurnya
Bukan saatnya diakhir bulan buat kamu memberi pemakluman pada diri sendiri dengan kata-kata,

“Ya udah deh…boleh dibeli.”

Sebelum berangkat belanja di akhir bulan, cek dulu semua item yang kamu butuhkan. Apa yang bisa dibeli nanti, apa yang harus segera dibeli. Sebisa mungkin hanya beli barang yang ada di daftar belanjaanmu saja. Cara ini seperti meletakkan kacamata kuda di depan matamu agar pengeluaranmu tetap terkendali.

 7.    Pandai – pandai mencari diskon akhir bulan, memudahkanmu mengendalikan pengeluaran di akhir bulan
Masih bingung harus gimana kalau akhir bulan tiba? Masih banyak promo atau diskon di akhir bulan. Hal ini dapat membantu meringankan dan memberimu kesempatan buat belanja di akhir bulan. 

Dari 7 cara ini mana yang mau kamu coba? Belanja di akhir bulan nggak perlu menyiksa kok kalau tahu caranya

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon