Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 06 Desember 2017

Tips Pemasaran dan Penjualan Jamu Online



Tips Pemasaran dan Penjualan Jamu Online - Saat ini eksistensi Jamu sebagai minuman tradisional yang memiliki banyak khasiat mulai memudar. Saat ini sudah banyak bermunculan obat – obatan herbal baru yang lebih praktis dan mudah dijumpai, baik dalam bentuk sirup maupun kemasan seperti permen herbal. Namun tak dapat dipungkiri bahwa khasiat jamu masih sangat diharapkan kehadirannya bagi sebagian kalangan masyarakat. Perlu stategi khusus yang dilakukan oleh para penjual jamu agar produk herbal ini tetap eksis dalam pasar global. Terutama yang perlu diperhatikan adalah strategi pemasaran jamu, lantas bagaimana gambaran mengenai pemasaran?

 www.pixabay.com
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

1.    Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2.    Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Bagi pengusaha Penjualan Jamu yang serius mengembangkan bisnis Penjualan Jamu, mereka menyadari bahwa aktivitas pemasaran dan promosi usaha Penjualan Jamu harus dilakukan lewat berbagai cara untuk mencapai kesuksesan. Kali ini akan dijelaskan beberapa hal seperti berikut. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual) diantaranya adalah tempat yang strategis (place), Produk yang bermutu (product), Harga yang kompetitif (price), dan Promosi yang gencar (promotion). Dari sudut pandang konsumen dapat disimpulkan bahwa Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants). Selain itu, biaya konsumen (cost to the customer), Kenyamanan (convenience), dan Komunikasi (comunication). 

Saat ini ada satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan oleh banyak orang, yaitu berpromosi online melalui website. Anggaplah website adalah markas besar untuk bisnis Penjualan Jamu Anda. Maka dengan adanya website, melalui cara-cara promosi yang akan segera kami sebutkan ini, Anda akan mempromosikan website sekaligus mempromosikan usaha Penjualan Jamu. Dimana di website tersebut akan berisi produk, harga, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Karena seharusnya website akan mendukung bisnis Penjualan Jamu jika diintegrasikan antara promosi offline dan online. Muncul pertanyaan, mengapa perlu dilakukan penjualan secara online dan offline?

Berikut beberapa alasan mengapa promosi website untuk Penjualan Jamu perlu juga dilakukan secara offline dan online:

  1. Tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, bahkan mungkin tidak mau susah-susah mencari. Ketika website Anda diingat pertama kali, maka mereka akan mencari cara untuk dapat mengakses website Anda dan jika beruntung, terjadilah transaksi.
  2. Tidak semua orang yang biasa menggunakan internet sekalipun mengerti cara memanfaatkan search engine untuk memenuhi kebutuhan mereka, bahkan mungkin tetap bertanya orang di sekitar mereka. Sehingga, jika Anda beruntung website Anda-lah yang akan diakses, dan terjadilah transaksi.
  3. Kini untuk menaikkan ranking di search engine sudah semakin ketat persaingannya sehingga kecil kemungkinan bagi calon konsumen untuk menemukan website Anda. Jika website Anda sudah ada di benak mereka, maka mereka tidak perlu lagi mencari apa yang mereka butuhkan melalui search engine.
  4. Hukum probablilitas untuk pemasaran berlaku. Semakin banyak orang mengenal website Anda melalui berbagai macam cara promosi, maka akan semakin banyak calon-calon konsumen yang akan menjadi konsumen serius.
  5. Dimana ada kesempatan bertemu dengan kesiapan, disitulah keberuntungan berada. Ungkapan ini mungkin cocok bagi Anda yang mempromosikan website melalui berbagai macam cara.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon