SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Minggu, 17 Desember 2017

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Keripik Singkong



Kelebihan dan Kekurangan Usaha Keripik Singkong- Keripik singkong yang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan hasil singkong yang melimpah, tak heran jika Indonesia juga kaya akan beragam sajian olahan makanan berbahan dasar singkong. Keripik singkong terus bertahan dan seakan tak lekang oleh perkembangan jaman. Malah semakin hari, usaha keripik singkong semakin mampu beradaptasi dengan perkembangan selera dan trend.
Dalam pembahasan kali ini hanya membahas kelebihan dan kekurangan usaha keripik singkong. banyak hal yang harus di pelajari jika anda ingin membuka usaha ini, seperti melakukan analisa usaha, cara memasarkan, harga pasar agar dapat bersaing dengan produk usaha yang sejenis.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Keripik Singkong
 www.pixabay.com
Kebutuhan terhadap produk keripik singkong masih cukup besar, pangsa pasarnya masih cukup luas dan beragam. Kalau Anda menjualnya dengan gerobak dorong tentunya sasarannya adalah masyarakat menengah ke bawah, namun bila Anda mengemasnya dengan baik tentunya Anda bisa menentukan target pasar menengah ke atas. Apalagi kalau Anda punya sepuluh gerobak dorong untuk berusaha, Anda bisa menjadi juragan usaha keripik singkong. Tetapi, untuk memulai sebuah usaha mulailah yang kecil dulu, selami dan pahami karakteristik usaha keripik singkong. Lalu bagaimana keuntungan yang bisa di dapat dari berbisnis keripik singkong?
Baca juga artikel terkait: Cara memasarkan keripik singkong; Analisa usaha keripik singkong
Adapun Kelebihan dalam berbisnis Keripik Singkong diantaranya adalah prospek bisnis keripik singkong yang masih sangat terbuka lebar. Bahkan saat ini banyak konsumen yang menjadikan keripik singkong sebagai buah tangan yang cocok bagi sanak saudara di luar kota maupun daerah asal. Hal ini menjadikan keripik singkong menjadi usaha yan diminati. Selain prospeknya yang bagus, dalam menjalankan bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Usaha ini dapat dimulai dengan skala rumah tangga dan menggunakan perabot dapur di rumah sebagai sarana dan prasarana dalam memproduksi keripik singkong. Yang terpenting dalam proses produksi adalah menggunakan bahan baku berkualitas bagus dan mengasah keampuan anda dalam mengolah singkong, sehingga cita rasa yang dihasilkan juga benar -  benar berkualitas.

Dan bagaimana kekurangan dalam berbisnis keripik singkong?
Jika berbicara kekurangan dalam bisnis keripik singkong ini adalah hanya pada ketersediaan bahan baku berupa singkong karena apabila anda berniat untuk memulai bisnis keripik singkong diperlukan motivsi besar juga. Ketersediaan bahan baku yang minim membuat anda perlu mengeluarkan tenaga dan waktu untuk mencari bahan demi berlangsungnya bisnis keripik singkong anda. Selain itu, sudah semakin banyaknya para pesaing yang sudah terlebih dahulu menjalankan usaha ini yang menuntut anda memutar otak menciptakan inovasi baru yang berbeda dengan produk keripik singkong yang lain. Persediaan singkong yang kurang stabil membuat harga bahan baku tersebut cenderung naik turun atau fluktuatif, sehingga para pelaku usaha harus pintar - pintar menyiasatinya tanpa harus menaikan harga jual produk ke pasaran.

Selain itu, kendala berikutnya yaitu adanya persaingan pasar yang cukup ketat. Sekarang ini jumlah produsen keripik singkong sudah cukup banyak di pasaran, sehingga para pelaku usaha dituntut untuk menghasilkan cita rasa yang lezat dan melengkapinya dengan kemasan yang bisa menarik perhatian konsumen. Karakter pada produk juga perlu diciptakan untuk memberikan ke khasan dari produk yang anda hasilkan. Keripik singkong yang lezat dengan cita rasa yang khas semakin memudahkan anda dan konsumen dalam membubuhkan hubungan ekonomi yang saling membutuhkan.  Memunculkan inovasi merupakan hal yang cukup sulit namun bukan berarti tidak dapat dilakukan, maka alangkah lebih baik apabila anda sebagai pengusaha mengusung konsep dan perencanaan yang matang terkait dengan produk keripik singkong yang akan anda telurkan dalam menarik perhatian dan minat pasar.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon