SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Jumat, 15 Desember 2017

Kelebihan dan Kekurangan dalam budidaya Jamur Tiram


Kelebihan dan Kekurangan dalam budidaya Jamur Tiram - Merintis bisnis baru termasuk usaha jamur tiram memang tidak bisa dianggap enteng, hal ini karena banyaknya persaingan dan tantangan yang ikut mewarnai kembang kempisnya suatu usaha. Usaha budidaya jamur tiram dalam dunia bisnis termasuk ke dalam usaha bukanlah hal yang baru. Bagus atau tidaknya peluang usaha jamur tiram salah satunya ditentukan oleh permintaan pasar yang tinggi. Pertumbuhan usaha yang semakin marak telah sukses memunculkan persaingan pasar yang begitu ketat. Kondisi tersebut mau tidak mau para pengusaha harus memutar otak supaya strategi pemasaran mereka senantiasa bagus. Dalam memulai usaha jamur tiram ada beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya tidak tersingkir dari para pesaing sehingga dapat senantiasa berkembang diantara ketatnya persaingan pasar. Begitu ketatnya persaingan usaha jamur tiram kerap dikaitkan kepada banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari budidaya tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan dalam budidaya Jamur Tiram

 www.pixabay.com

Lantas, apa sajakah kelebihan yang diperoleh dari budidaya Jamur Tiram?

1.    Jamur Tiram Mudah di Budidayakan,
Jamur Tiram dikatakan mudah untuk di budidayakan karena proses perlakuan dalam budidaya jamur tiram sangat berbeda dengan perlakuan pada budidaya tanaman lain. Dalam budidaya jamur tiram petani hanya perlu mengontrol kelembapan suhu tempat budidaya menjaga kebersihan lingkungan tempat budidaya dan menyiram setiap hari.

2.    Tidak Memerlukan Tempat atau Lahan yang Luas
Dalam budidaya jamur tiram, dapat dilakukan di lahan yang sempit juga, lahan sempit tersebut dapat disiasati menjadi lahan budidaya jamur dengan maksimal.

3.    Produktif Dibanding Tanaman Pertanian Lain
Budidaya jamur lebih produktif jika dibandingkan dengan tanaman lain karena budidaya jamur tidak mengenal waktu dan musim untuk dapat tumbuh dan dipanen

4.    Sangat Toleran Terhadap Perubahan Cuaca Dan Musim
Jamur tiram dapat dikatakan sangat toleran terhadap perubahan cuaca dan musim. Jadi dalam musim dan cuaca apapun jamur tiram dapat tumbuh dengan baik dengan metode perlakuan yang berbeda disetiap perubahan kondisi lingkungannya

5.    Dapat Hidup Dan Tumbuh Di Berbagai Media Tanam
Jamur tiram dapat tumbuh di media tanam apapun, jadi banyak alternatif bahan media yang dapat dipilih dan salah satu andalan sebagai bahan baku media tanam jamur tiram adalah serbuk gergaji dan dedak yang sangat melimpah

Setiap usaha memiliki Tantangan yang berbeda dengan usaha lainya, selain kualitas dan daya saing tidak sehat, ada juga kelemahan dari internal usaha tersebut, lantas bagaimana kekurangan dalam budidaya jamur tiram?

Dampak kemarau panjang yang melanda Wilayah Jawa Barat dan sekitarnya, mempersulit hampir di semua sektor kehidupan. Tidak terkecuali bagi Petani Jamur Tiram di wilayah Purwakarta, Jawa Barat. Dan ini menjadi tantangan tersendiri bagaimana mengatasi atau mengurangi dampak dari musim kemarau yang berkepanjangan terhadap hasil produksi/panen Jamur Tiram. Pasalnya, dengan terjadinya musim kemarau yang berkepanjangan bisa mengakibatkan hasil produksi/panen jamur tiram anjlok. Akibat lebih jauhnya membuat hidup kian suram dan bisa terjadi kebangkrutan usaha kalau tidak segera ditangani dengan baik.

Dari sifat jamur tiram yang memerlukan suhu dingin dan kecukupan akan air, musim kemarau memang menjadi kesulitan tersendiri bagi petani atau pembudidaya jamur tiram apalagi bagi mereka yang melakukan budidaya jamur tiram didaerah dataran rendah atau panas. Petani jamur bisa mendapat tantangan dan kesulitan dalam mengatasi masalah ini karena harus memenuhi kebutuhan pelanggan yang sudah menjadi rutinitas yang wajib di penuhi pelanggan. Biasanya kebiasaan itu berlaku juga dengan petani sekitarnya atau daerah tersebut.

1 komentar so far

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon