Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Kamis, 02 November 2017

Cara Beternak Sapi Limosin yang Tepat Untuk Pemula

Cara Beternak Sapi Limosin yang Tepat Untuk Pemula - Sapi limosin merupakan jenis sapi yang sering dijadikan ternak, karena sapi ini sangat disenangi oleh banyak masyarakat. Bentuknya yang sangat besar membuat harga sapi ini jauh lebih mahal daripada harga sapi Indonesia. Sapi limosin memiliki ciri khas dengan tipe pedaging yang berbulu berwarna cokelat tua, kecuali di bagian sekitar ambing berwarna putih serta lutut ke bawah dan sekitar mata berwarna lebih muda. Sapi ini pertama kali dikembangbiakkan di Perancis, dan saat ini sudah dapat ditemukan di Indonesia dengan mudah. Ternak sapi limosin memiliki keunggulan tersendiri daripada sapi biasa, karena pertumbuhan badannya yang sangat cepat. Di dalam dunia industri peternakan sapi Lomosin diprediksi akan populer dan menjadi primadona baru. Sapi limosin mulai dilirik para peternak seperti halnya peternak sapi brahman dan sapi simental, karena sapi limosin sendiri memiliki pertumbuhan yang cepat dengan harga jual yang lumayan tinggi.



Bagaimana langkah – langkah beternak sapi limosin?
Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu persiapan kandang sapi. Kandang sapi lazimnya memiliki dua bentuk yaitu kandang individu dan juga kandang kelompok. Ukuran pada kandang individu biasanya 2,5 x 1,5 meter dengan ditempati satu ekor sapi limosin. Dengan kandang individu ini sapi limosin akan lebih cepat tumbuh, karena tidak terjadi persaingan dalam mendapatkan pakan serta memiliki ruang gerak yang terbatas. Sedangkan kandang kelompok merupakan kandang bakalan sapi dalam satu periode penggemukan ditempatkan dalam satu kandang. Dalam kandang kelompok seekor sapi akan memiliki kelemahan, yaitu terjadi persaingan dalam mendapatkan pakan, sehingga sapi yang kuat akan lebih cepat tumbuh daripada sapi yang lemah. Selain kandang, perlu juga dilengkapi dengan peralatan kandang seperti sekop untuk membersihkan kotoran, Garpu untuk mengaduk pakan, ember untuk wadah munum dan sanitasi untuk memandikan sapi, sapu lidi untuk bersihkan kandang, serta sikat yang dapat digunakan untuk memandikan sapi.

Langah kedua yang dapat anda lakukan adalah memperhatikan pakan yang harus diberikan pada ternak anda. Dalam program penggemukan dan pertumbuhan sapi limosin pakan merupakan hal terpenting, karena secara keilmuan dari sisi fisiologis dan system pencernaan sapi digolongkan ke dalam hewan ruminansia (hewan yang pencernaanya melalui tiga proses yaitu mulut dengan dibantu air ludah, dalam rumen dengan bantuan mikroba rumen, dan enzimatis setelah melewati rumen). Keberhasilan bertenak sapi limosin khususnya pada saat penggemukan dapat di beri pakan sapi dengan dua jenis, yaitu hijauan dan kombinasi pakan hijauan dengan konsentrat.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah melakukan perawatan secara umum.    Perwatan dilakukan untuk memberi vaksin dan obat cacing untuk meningkatkan kekebalan tubuh sapi limosin. Perawatan lain yang dapat dilakukan adalah membersihkan kotoran kandang setiap hari untuk meningkatkan kadar kebersihan kandang dan menjaga kandang agar tidak terlalu lembab dan agar sealu sehat sehingga menjauhkan ternak dari setres. Kebersihan tempat pakan dan minum agar pakannya tidak tercampur dengan bakteri. Upayakan wadah pakan dan minum ternak sapi limosin anda terbuat dari bahan yang tidak melukai, dapat menggunakan kayu atau tembok/ semen, lalu tempat air minumnya upayakan terbuat dari ember plastik yang tak mudah pecah. Selain itu, dapat juga memandikan sapi ternak limosin minimal 3 kali sehari untuk selalu menjaga sapi dalam keadaan sapi agar tetap bersih.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon