Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Sabtu, 21 Oktober 2017

Modal Usaha Beternak Sapi



Modal Usaha Beternak Sapi - Beternak dewasa ini sudah tak asing lagi berorientasi pada orientasi bisnis. Banyak peternak yang berhasil mengembangkan ternaknya hingga menjadi pengusaha kaya raya. Selain beternak ayam, bebek, atau kambing, salah satu usaha yang cukup prospect di Indonesia salah satunya adalah beternak sapi. Memang banyak ragam yang dimiliki sapi, baik itu sapi perah, potong, maupun sapi pengahsil susu. 
Baca juga: harga sapi terbaru

Kenapa harus beternak sapi?
Saat ini, melihat fenomena yang berkembang di Indonesia, banyak disaksikan bahwa sapi dan kambing menjadi komoditas peternak yang pqling diminati bahkan sudah menjadi kebutuhan. Sapi biasanya dibutuhkan pada saat hari raya idul fitri maupun hari raya idul adha yang paling banyak memerlukan daging sapi. Kebutuhan sapi meningkat drastis jika akan menginjak hari raya idul adha dimana orang - orang berlomba - lomba untuk berkurban sapi maupun kambing. Hal ini perlu dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta menambah pemasukkan anda.

sumber gambar: www.pixabay.com
Namun tahukah anda, berapa kocek yang harus di keluarkan untuk dapat membangun usaha Peternakan sapi?
Sapi sudah bukan hewan ternak asing lagi di Indonesia, dalam arti sudah banyak ditemui diberbagai pelosok wilayah di Indonesia. Daerah yang paling terkenal dengan mayoritas mata pencaharian penduduknya adala peternak sapi terletak di daerah boyolali, jawa tengah. Hal ini mungkin sudah sedikit jelas menyimpulkan bahwa semua orang tentunya dapat mendirikan usaha Peternakan sapi karena harga yang terjangkau dan pemeliharaannya relatif mudah.

Menyinggung soal harga untuk memulai bisnis sapi, bibit sapi sudah bisa di dapatkan dengan kisarannya mencapai Rp. 7.000.000 sampai dengan 8.000.000. Kebanyakan para peternak di boyolali memiliki ternak sapi di rumahnya atau sapi ternak perumahan. Sapi ternak dapat meningkat harganya apabila sudah melalui 6 bulan lamanya, menjadi lebih mahal sekitar Rp. 13.000.000 sampai Rp. 14.000.000 atau bila dihitung keuntungan bersihnya mencapai Rp.5.000.000 hingga Rp. 6.000.000. 

Berapakah modal yang di perlukan apabila ingin membuka peternakan sapi dengan skala yang besar?
Mungkin lebih murah apabila kita membuat peternakan sapi kecil di sisi atau di halaman sekitar rumah kita, namun tentunya akan bertambah besar modal dibutuhkan jika kita akan membuka peternakan sapi dengan skala besar. Sudah tentu kita mencari terlebih dahulu bibit sapi yang akan kita ternak. Kemudian setelah itu kita perlu menyiapkan kandang, terutama untuk perkembangbiakan sapi. Saran saya, di awal kita cukup membuat kandang berukuran sedang saja yang sekiranya cukup untuk menampung dua hingga 3 sapi. Untuk kandang umumnya diperlukan modal sebesar Rp. 10.000.000 tergantung pada material kandang yang diperlukan.

Setelah mempersiapkan kandang sebagai tempat tinggal ternak sapi, perlu juga kita mempersiapkan pakan sapi yang aik bagi pertumbuhkembangan sapi ternak dengan menyiapkan pakan konsentrat. Anda hanya perlu menyiapkan Rp. 150.000 untuk membelinya dengan di tambah rerumputan yang dapat di cari di alam. Pakan konsentrat dapat menunjang tumbuh kembang sapi dengan baik karena mengandung banyak gizi dan nutrisi yang dibutuhkan bagi sapi. Semakin mahal pakan konsentrat, biasanya semakin banyak asupan gizi yang terkandung di dalamnya.

Biaya lain yang perlu dikeluarkan bagi peternak adalah untuk membeli perlengkapan kandang sapi. Diperlukan dana sebesar Rp. 400.000 untuk menyiapkan wadah pakan sapi, alat pembersih kandang dan lain sebagainya. Jika dihitung - hitung, dana sebesar itu cukup untuk melengkapi kelengkapan kandang sapi.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon