Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Selasa, 03 Oktober 2017

Bibit Sapi Limosin Yang Bagus Untuk Ternak



Bibit Sapi Limosin Yang Bagus Untuk Ternak - Secara umum, para peterna sapi tentunya sudah banyak mengetahui tentang macam – macam dan jenis dari sapi. Terdapat banyak jenis sepi seperti sapi potong, sapi perah, hingga sapi limosin. Salah satu sapi unggulan adalah sapi jenis limosin. Sapi jenis ini memiliki cirikas pada cepatnya pertumbuhan ukuran badannya juga memiliki kualitas bobot dan mutu daging yang bagus. Secara genetik, sapi Limousin adalah sapi potong yang berasal dari wilayah beriklim dingin, merupakan sapi tipe besar, mempunyai volume rumen yang besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) yang tinggi dan metabolic rate yang cepat, sehingga menuntut tata laksana pemeliharaan yang lebih teratur. Di Indnesia sapi limousin disilangkan dengan berbagai jenis sapi lain, seperti misalnya dengan sapi peranakan ongole, sapi brahman atau sapi hereford. Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai pemilihan bibit limosin yang tepat.
Baca juga : cara memberi makan burung walet



Pertanyaan yang muncul, kenapa perlu memperhatikan bibit untuk beternak sapi limosin?
Pemilihan bibit sapi limosin adalah hal yang tidak mungkin dilewatkan jika seseorang hendak membudidayakannya. Untuk memilih bibit sapi limosin harus dilakukan secara tepat, agar nantinya bibit tersebut akan berpengaruh pada hasil produksi penggemukan sapi yang dikelola. Apabila hasil produksi dari penggemukan sapi ini berjalan maksimal, maka pastinya akan sesuai dengan permintaan pasar. Oleh karena itu tidak jarang peternak sapi yang berhasil dengan usaha ternak sapi potong, sebab selisih antara harga beli bibit dan harga jualnya lumayan besar. Sehingga akan mendapatkan keuntungan yang luamayan besar juga. Jika sudah memiliki usaha ternak sapi yang besar, pasti keuntungan yang dimiliki jauh lebih besar.
Kualitas sapi limosin yang Anda pilih juga akan berpengaruh terhadap kualitas dagingnya, makanya pemilihan bibit ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Semestinya dari bibit unggul yang sudah dimiliki dapat dikembangkanbiakkan agar terus menerus mendapatkan keturunan dan selalu muncul bibit sapi limosin yang unggul dengan kualitas baik. Setidaknya dari bibit unggul tersebut bisa dipilih keturunan yang terbaik untuk kelanjutan indukan. 

Bagaimana mencari dan menentukan bibit sapi limosin?
Hal yang paling utama yang perlu diperhatikan adalah membedakan jenis kelamin bibit sapi limosin yang akan dipilih, tentukanlah kelamin pejantan dan kelamin betina. Sapi limosin jantan yang akan dipilih memiliki 2 testis dan yang betina memiliki 4 buang putting. Kemudian, cobalah untuk memperhatikan proporsi badan bibit mulai dari samping, belakang, depan hingga ke seluruh badannya. Memilih bibit sapi limosin seharusnya yang memiliki leher besar, tebal, kuat serta bergelambir. Hal tersebut memungkinkan bahwa sapi limosin dalam keadaan yang baik dan tidak berpenyakit secara penampilan luar. 

Punggung sapi limosin sebaiknya memiliki punggung yang lurus sejajar serta tidak bengkok atau melengkung serta perhatikan mulut sapi limosin tersebut terlihat datar. Selain itu, Perut dan tulang rusuk sapi limosin sebaiknya dipilih yang tulang rusuknya tidak melengkung ke dalam, karena itu artinya sapi terlihat seperti kurang berisi dan upayakan kaki sapi limosin terlihat normal dan tidak cacat (tidak pincang). Pilihlah bibit dengan kepala yang terlihat besar namun seimbang dengan tubuhnya. Hal ini merupakan hal yang penting, karena sapi yang nantinya memiliki bobot yang bagus dengan kualitas daging yang bagus, pastinya dipengaruhi oleh bibit yang memiliki kualitas unggul juga.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon