Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Senin, 04 September 2017

Ternyata ini Pakan Untuk Budidaya Cacing Tanah



Ternyata ini Pakan Untuk Budidaya Cacing Tanah – Kali ini siapabisnis.com akan mengulas mengenai pakan untuk budidaya cacing tanah. Memang banyak orang menganggap bahwa budidaya cacing tanah tidak prospektif dan tidak menguntungkan. Cacing dianggap sebagai hewan yang jijik, hewan yang kotor dan hewan yang tidak memiliki manfaat lebih. Namun jika anda mempelajari lebih lanjut lagi, ternyata cacing sangat banyak manfaatnya, hewan cacing dapat menyuburkan tanah, mengurai sampah organik. Manfaat lain dari hewan cacing tanah ini adalah sebagai pakan ternak. Ternyata cacing tanah banyak di cari oleh pelaku usaha budidaya hewan ternak sebagai pakan untuk hewan ternak mereka. salah satu hal yang perlu anda pelajari tentang budidaya cacing tanah adalah anda harus mengerti pakan atau makanan apa saja yang dapat di makan oleh cacing tanah, sehingga dpaat berkembang biak dengan baik.

Berikut adalah ulasannya:
 Cacing merupakan hewan yang tentunya memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya, dari pakan tersebut dapat mencukupi gizi dan juga pertumbuhan cacing. Ada dua jenis pakan untuk cacing tanah yaitu pakan alami dan juga pakan jadi. Namun tetap saja pakan yang terbaik untuk hewan ini adalah pakan yang alami. Cacing tanah biasa mengkonsumsi fungi, bakteri dan algae, dimana mereka dapat tumbuh di tanah pada medium tempat mereka hidup. 

Medium medium untuk hidupnya fungi, bakteri dan algae sebagai berikut :

Limbah rumah tangga seperti apel, buah, pisang, dan kulit kentang, ampas tahu
Batang pisang sangat disukai oleh cacing karena batang pisang banyak sekali mengandung air, namun dalam pengolahannya harus dipotong potong terlebih dahulu agar cepat berfermentasi
Ampas tahu juga cocok sebagai medium pakan cacing tanah, ampas tahu memiliki banyak protein
Sisa sayur sayuran
Daun daun yang sudah membusuk dan mati.
Contoh daun seperti
Daun lamtoro, dimana daun ini punya banyak protein sehingga sangat cocok untuk medium pakan
Dedak padi
 dedak adalah sisa dari penggilingan padi, memang biasanya dedak digunakan untuk pakan ayam, namun dedak juga dapat digunakan untuk bahan pakan cacing.
Sabut kelapa
Kardus dan koran yang lembab
Kulit telur yang sudah hancur

Jadi, sebelum makanan makanan tadi yang sudah disebutkan di atas diberikan, anda harus mengolah makanan tersebut dengan cara memotong, atau, memarut, atau, menghaluskannya menjadi kedil kecil . alasan utamanya adalah agar makanan tersebut bentuknya halus sehingga menjadi mudah bagi cacing tanah untuk mengurainya.

Dalam pemberian pakan sebaiknya tiga kali dalam sehari jika perkembangan budidaya cacing tanah ingin maksimal. Yang perlu anda perhatikan adalah jangan sampai memberi pakan cacing tanah secara berlebihan karena akan berakibat cacing tanah menjadi kekenyangan dan tidak bisa mengurainya. Sehingga wadah menjadi busuk dan berbau karena makanan yang anda berikan.

Yang perlu anda ketahui lagi adalah kondisi yang paling ideal hewan cacing tanah dalam mengkonsumsi makanan. cacing tanah mengkonsumsi makanan sebanyak berat tubuh cacing sendiri dalam satu hari. contohnya adalah jika anda memiliki cacing tanah sebanyak 2 kg cacing tanah, maka dalam sehari pemberian jumlah makanan adalah 1 kg. Jika anda memiliki 2 kg cacing tanah, maka dalam satu hari pemberian jumlah makanan adalah 2 kg. Dan begitu seterusnya sesuai dengan jumlah cacing tanah. Cara ini sebaiknya digunakan diawal pemeliharaan dan budidaya. Dan untuk perkembangannya anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan cacing tanah tersebut.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon