Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Selasa, 12 September 2017

Peluang Usaha di Pekalongan

Peluang Usaha di Pekalongan - Pekalongan adalah salah satu wilayah yang mempunyai banyak potensi daerah. Terletak di Jawa Tengah, kota kecil ini berada di kawasan pantura. Kabupaten Pekalongan dikenal karena potensi batiknya yang sudah mendunia. Tetapi selain dikenal sebagai kota batik, kabupaten Pekalongan juga memiliki berbagai potensi lain yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggiuntuk dikembangkan sebagai peluang bisnis. Apa saja peluang bisnis yang dapat dikembangkan di Kabupaten Pekalongan?
Baca juga: Peluang usaha di palembang



sumber gambar : https://en.wikipedia.org/wiki/Pekalongan
Sentra Batik Pekalongan
Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu wilayah yang memiliki peran besar dalam perkembangan potensi batik di Indonesia, selain Solo dan Yogyakarta. Di Kabupaten ini, dapat ditemui puluhan pengrajin batik yang aktif memproduksi batik setiap harinya. Pengrajin ini dapat ditemui di Kampung Batik Kauman atau Kapung Batik Pasindon. Untuk sentra perdagangan batiknya, berada di daerah Setono dan beberapa pusat grosir lain berada di berbagai pasar serta pertokoan yang tersebar di seluruh penjuru Pekalongan. Jika dibandingkan dengan batik asal Solo maupun Yogyakarta, batik Pekalongan tidak kalah kualitasnya. oleh karena itu, produk batik Pekalongan banyak diburu oleh masyarakat baik lokal maupun internasional. Selain itu, karena produk batik yang berkualitas, banyak pedagang batik di Yogyakarta maupun Solo sering mengambil batik buatan Pekalongan untuk dipasarkan di daerahnya. Hal ini lah yang membuat bisnis batik di Pekalongan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Karena banyaknya pengrajin dan penjual batik di Pekalongan ini, maka untuk membuat batik yang dijual laku, harus menciptakan kreasi-kreasi baru yang dapat menari para pembeli.

Potensi Bisnis Perikana dan Kelautan
Pekalongan terletak kawasan pantura atau di kawasan pesisir pantai. Letak ini lah yang membuat Pekalongan memiliki sumber daya perikanan dan kelautan yang melimpah. Potensi bisnis ini didukung dengan adanya Pelabuhan Perikanan Nusantara yang berlokasi di kelurahan Pajang Wetan. Selain itu adanya budidaya ikan tambak yang berpusat di tiga kecamatan yaitu Tirto, Wonokerto, dan Siwalan, serta budidaya ikan kolam yang tersebar di seluruh kecamatan yang berada di Pekalongan. Menjadi bukti nyata bahwa setiap tahunnya Kabupaten Pekalongan berhasil memproduksi ratusan ribu ton ikan yang dipasarkan dalam keadaan segar maupun diolah menjadi berbagai macam produk olahan ikan yang bernilai tinggi. Untuk wilayah Pajang Wetang Pekalongan, selain menghasilkan produk perikanan, juga mengolah rumput laut yang cukup melimpah di daerah tersebut. setiap tahunnyapara petani rumput laut ini dapat mengolah ratusan hingga ribuan ton rumput laut yang dipasarkan lokal maupun pasar internasional.
Potensi Makanan Khas Daerah
Kabupaten Pekalongan tidak hanya terkenal karena batiknya tetapi juga karena memiliki beragam menu makanan daerah yang potensi bisnisnya cukup besar. Menu makanan khas daerah ini misalnya sego megono (nasi dicampur dengan megono yang teruat dari nangka muda dicampur dengan parutan kelapa), sauto (campuran antara soto dengan tauco), garang asem (sajian berkuah dengan irisan daging kerbau di dalamnya), dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menjalankan bisnis ini, harus mengetahui resep dari makanan yang ingin dijual dan yang terpenting adalah menyesuaikan selera warga setempat. Kalau sudah sesuai dengan “lidah” masyarakat, pasti akan membuat pengunjung berdatangan. Olahan makanan masyarakat Pekalongan ini dapat dijajakan di pinggiran jalan maupun diangkat ke restoran. Tempat jualan dipinggir jalan, dapat dengan gerobak atau kios. Pelayanan antara penjual dengan pembeli harus diperhatikan. Pelayanan yang ramah dapat membuat pembeli merasa nyaman untuk membeli dan makan di tempat makan.     

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon