Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Jumat, 08 September 2017

Peluang Usaha di Balikpapan

Peluang Usaha di Balikpapan - Balikpapan merupakan salah satu kota yang terletak di Kalimantan Timur. Balikpapan juga merupakan salah satu kota di Indonesia yang mengalami perkembangan dengan pesat. Industri di Balikpapan sudah mulai berkembang sejak zaman pemerintahan Belanda hingga saat ini. Kota Balikpapan memiliki penduduk sebanyak 701.066 jiwa. Kemajuan inilah yang kemudian membuat tingkat migrasi dari Pulau Jawa ke Balikpapan sangat tinggi. Sebagai salah satu pusat populasi terbesar di Kalimantan, peluang usaha di Balikpapan menjadi terlihat menjanjikan. Oleh karena itu, apa saja peluang usaha yang bisa di kembangkan di Kota Balikpapan?
Baca juga: Peluang Usaha di Tangerang



 http://balikpapan.go.id/assets/img/welcome.jpg
Kuliner
Semakin besar laju pertumbuhan penduduk sebuah kota maka semakin besar pula kebutuhan untuk pangan, seperti halnya di Balikpapan. Bisnis makanan merupakan salah satu usaha yang cock di Balikpapan. Tanpa makanan, manusia akan mengalami kesulitan dalam bertahan hidup. Bisnis makanan dapat menjadi usaha jangka panjang dengan pendapatan yang relatif stabil. Selain itu, makanan adalah salah satu hal yang selalu dicari oleh wisatawan. Dalam membuka bisnis makanan ini, yang harus dilakukan adalah menentukan tempat, makanan, dan strategi penjualan. Pemilihan tempat harus strategis seperti dipinggir jalan. Untuk makanan yang akan dijual, dapat berupa makanan bergaya modern seperti men steak atau pasta, dapat juga kuliner umum seperti macam-macam bakso, gado-gado atau siomay, atau juga makanan khas dari Balikpapan, seperti olahan kepiting.

Usaha Asrama
Tingginya populasi dan banyaknya pendatang di kota Balikpapan, membuat usaha asrama menjadi salah satu usaha yang menguntungkan karena sebagian besar pendatang belum sepenuhnya mampu membeli rumah yang memang dikenal dengan harga tinggi. Oleh karena itu, membuka bisnis usaha asrama dengan menyediakan tempat tinggal bagi pendatang dan karyawan dari kalangan menengah di Kota Balikpapan adalah salah satu ide yang menarik.

Peluang Usaha Kontraktor
Balikpapan merupakan salah satu kota yang didalamnya terdapat banyak industri besar, pertambangan, pembangunan perkantoran dan pusat-pusat produksi yang dengan mudah dapat ditemukan. Oleh karena itu, usaha kontraktor di Kota ini daapat menjadi sangat potensial. Untuk mengembangkan bisnis ini, memang membutuhkan podal yang sangat besar, karena yang akan didampingi adalah perusahaan skala nasional dengan rasio usaha yang besar, seperti pertambangan dan industri bahan bakar. Tetapi, untuk keuntungan dari bisnis ini dapat mencapai milyaran untuk setiap proyeknya.
       
Usaha Distribusi
Di kota Balikpapan, jarang sekali ditemukannya pabrik produk konsumsi, sehingga sebagian besar produk konsumsi untuk wilayah ini harus mengambil dari daerah Jawa dan kota-kota di sekitar Balikpapan. Hal inilah yang membuka peluang usaha distribusi di kota ini. Untuk menjalankan usaha distribusi ini,ambillah produk agro, fashion dan berbagai macam produk konsumsi seperti sabun, susu, pasta gigi dll. Dapat juga produk lain seperti furniture, elektronik dan masih banyak lagi. Semua produk ini dapat diambil dari daerah Jawa dan kemudian disalurkan ke beberapa pedagang di Kota Balikpapan.

Usaha perdagangan
Berawal dari permasalahan yang sama dengan poin 4, yaitu terbatasnya suplai berbagai produk konsumsi di Kota Balikpapan, usaha selanjutnya yang dapat berkembang di Balikpapan adalah dengan membuka berbagai macam usaha dagang, mulai dari produk elektronik, produk konsumsi sehari-hari seperti toko kelontong, minimarket atau usaha semi supermarket. Untuk mendirikan usaha ini, dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan distributor besar sebagai sumber suplai usaha dagang. Pendirian usaha perdagangan ini dapat dilakukan di tempat-tempat yang strategis, seperti dipinggir jalan raya atau di wilayah yang masih jarang orang menjual produk yang ingin dijual.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon