Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Kamis, 14 September 2017

Pakan Bebek Untuk Meningkatkan Produksi Telur Bebek Petelur



Pakan Bebek Untuk Meningkatkan Produksi Telur Bebek Petelur - Secara umum, dalam penentuan pakan biasanya peternak unggas hanya bertumpu pada pemberian pakan berupa dedak sebagai prolioritas utama. Memang hal tersebut bukan merupakan kesalahan melainkan pakan standar yang memang harus selalu terpenuhi dalam pemeliharaan unggas. Namun saat ini, peternak unggas utamanya peternak bebek petelur perlu menyadari bahwa hal lain dapat dilakukan demi mencapai peningkatan kualitas dan kuantitas telur bebek petelur. Mungkin akan banyak timbul pertanyaan, apakah benar pakan bebek berpengaruh terhadap peningkatan produktifitas telur bebek petelur?. Jawabannya tentu memiliki signifikansi yang cukup besar, dalam arti pakan memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan produktifitas bebek petelur dalam menghasilkan telur telur.
Baca juga: Peluang Usaha di Pekalongan



sumber gambar : www.pixabay.com
Lantas, pakan yang seperti apa yang baik dan benar untuk dapat mencapai peningkatan produktifitas tersebut?
Pertama tama hal yang paling mendasar dan perlu diketahui oleh para peternak adalah berapa banyak pakan yang dibutuhkan oleh bebek petelur di setiap harinya? Rata rata bebek petelur membutuhkan sebanyak 160gr pakan perekor dalam sehari. Pengetahuan seperti ini adalah yang mendasar karena apabila peternak tidak dapat memenuhi pemberian pakan bebek petelur dalam seharinya, tentu akan berdampak besar terhadap perkembangan dan produktifitas nya dalam bertelur. 

Setelah merasa paham dengan tingkat kuantitas pakan yang perlu diberikan pada bebek petelur, perlu juga diketahui kunci atau indikator utama ketercapaian agar bebek dapat meningkat dalam bertelur baik dari segi kualitas dan kuantitas. Peternak perlu memberi pakan yang penuh dengan nutrisi, utamanya adalah kadar protein yang tinggi dalam pakan yang diberikan. Semakin tinggi protein yang terkandung dalam pakan bebek makan semakin baik juga produksi telur yang dihasilkan serta meningkatnya pula jumlah telur yang dihasilkan. Pakan yang berisi banyak kadar protein biasanya dapat ditemukan pada bahan pakan konsentrat yang di produksi oleh pabrik kenamaan seperti Japfa, CPI dan lain sebagainya. 

Memang banyak pakan konsentrat yang baik dan mengandung banyak protein di dalamnya, namun umumnya pakan berprotein tinggi yang di produksi oleh pabrik memiliki nilai jual yang tinggi atau dapat dikatakan dibandrol dengan harga yang mahal. Hal ini perlu di pahami oleh para peternak karena sebenarnya pakan konsentrat juga baik bila di campur dengan dedak agar lebih menghemat modal pembelian pakan bebek petelur. 

Adakah pakan berprotein tinggi yang mudah di dapat dan tidak mahal?
Sebenarnya banyak pakan bebek petelur yang mengandung protein tinggi dan mudah di dapat, sekalipun di alam bebas atau di dapat secara alami. Seperti halnya ikan dan keong. Dua hewan ini dapat dijadikan pakan yang memiliki kadar protein tinggi dan mudah di dapat di alam bebas. Ikan jenis ikan rucah adalah ikan kecil yang banyak ditemui di sungai dan area pesawahan, hal ini memungkinkan Peternak membawa ternaknya ke sungai atau sawah agar mendapatkan ikan rucah secara mandiri.

Selain ikan rucah, konon hewan yang paling memberi banyak kandungan protein di dalam pakan bebek petelur adalah keong. Berbagai jenis keong dapat ditemukan di perairan sungai dan pesawahan, lebih banyak ditemukan di area pesawahan. Bebek petelur biasanya mencari keong yang kecil namun memiliki kandungan protein tinggi. Selain itu, limbah limbah makanan kita sehari-hari juga dapat dijadikan pakan yang bergizi dan berprotein baik bagi bebek petelur. Beberapa limbah yang memiliki protein tinggi diantaranya adalah jagung dan bungkil kedelai.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon