Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Jumat, 15 September 2017

Kelebihan dan Kekurangan Beternak Bebek Petelur



Kelebihan dan Kekurangan Beternak Bebek Petelur - Ide brilian sebenarnya apabila anda berminat untuk membangun bisnis beternak bebek petelur karena banyak keuntungan yang diperoleh dari beternak bebek petelur. Namun, adapula hal yg harus diperhatikan dalam memelihara bebek petelur, terutama perihal resiko yg akan di hadapi. 

Resiko apa yg dihadapi para pebisnis bebek petelur?
Tidak mudah sejatinya beternak bebek petelur karena pasti ada resiko apabila memutuskan untuk beternak. Besar kemungkinan kegagalan yang terjadi apabila tidak mengenal dan mendalami cara beternak bebek petelur yang baik dan benar. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa bebek petelur adalah hewan yg dapat dikatakan mudah mengalami stres. Hal tersebut dapat disebabkan karena perubahan perlakuan yang diberikan oleh peternak atau dapat dikatakan kurangnya diperhatikan pola ternak. Dapat juga disebabkan karena perubahan cuaca yang tidak stabil hingga menyebabkan mudahnya terjangkit virus. Stresnya bebek juga dapat dipengaruhi oleh faktor kondisi tempat para bebek hidup baik kolam maupun kandang, apabila kondisinya terlalu lembab menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Apabila bebek sudah mengelami stres, maka akan membuat produksi telurnya menurun bahkan hingga menyebabkan kematian. 

sumber gambar: www.pixabay.com

Hal unik dapat dilihat bahwa bebek merupakan unggas air tetapi juga tidak dapat bertahan dalam kondisi yang terlalu lembab. Terutama apabila terjadinya musim hujan yang menyebabkan menurunnya ketahanan tubuh dan berdampak pada kualitas telur serta menyebabkan kerontokan pada bulu bebek. Untuk memulihkan kondisinya diperlukan waktu selama 3 bulan, itupun masih berdasarkan spekulasi karena bisa juga mencapai 4 atau 5 bulan yang mengakibatkan kerugian bagi peternak. Hal ini perlu diperhatikan, terlebih untuk menghindari cuaca yang ekstrem atau hujan yang terus menerus. 

Apabila anda mencoba untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan menambahkan gizi dan nutrisi melalui pencampuran makanan, diusahakan agar berhati hati karena kesalahan dalam mencampur makanan bebek akan mengakibatkan bebek petelur menjadi stres hingga berujung pada kematian. Sebaiknya anda perlu berkonsultasi dengan ahli untuk mengetahui cara mencampur pakan bebek agar mendapat gizi dan nutrisi yang baik bagi ternak anda. 

Lalu, adakah keuntungan yang di dapat dalam beternak bebek petelur?
Disamping banyak resiko yang akan dihadapi oleh peternak, banyak juga keuntungan yang akan di dapat apabila anda sukses dalam beternak bebek petelur. Kesuksesan tersebut dapat anda raih dengan memperkaya wawasan anda mengenai cara beternak bebek. 

Apabila diperhatikan secara seksama, begitupun dengan pengetahuan secara umum dapat disimpulkan bahwa bebek petelur merupakan unggas yang dapat hidup di darat dan di air. Ini merupakan keuntungan yang paling utama karena dengan memanfaatkan kondisi tersebut, peternakan banyak mendapat keuntungan.

Dengan kemampuan hidup di darat, otomatis membuat peternak lebih menghemat modal untuk tidak membuat kolam karena kemampuannya bertahan hidup di darat. Sehingga apabila bebek petelur membutuhkan air untuk merendam diri dan mencari makan, peternak dapat membawanya mencari sumber air terdekat dengan begitu peternak tidak perlu mengeluarkan modal untuk membuat kolam. Begitu pula dengan kemampuannya yang dapat memperoleh makanan secara mandiri tidak hanya di darat, melainkan juga dapat memperoleh makan di air.
Keuntungan lainnya yang dapat diperoleh adalah kondisi kandang yang tidak bau. Biasanya bebek yang kondisi kandangnya lembab akan menimbulkan bau. Apabila kandang anda kering karena tidak memiliki kolam maka kandang yang kering tidak akan bau serta kotoran bebek juga mudah dibersihkan. 

Kualitas telur bebek juga akan menjadi baik apabila kondisi kandang yang tidak terlalu lembab. Kandang yang lembab akan menciptakan banyak dampak buruk yang ditimbulkan sehingga menyebabkan kualitas telur menurun. Sebaliknya juga apabila kandang yang kering dapat menjauhkan dari penyakit dan produksi telur meningkat. Kebanyakan bandrol telur bebek petelur mencapai Rp. 1.100,- pertelurnya dengan 70% keberhasilan kemampuan bertelur bagi bebek yang sehat dan produktif. Hal ini dapat menjadi pemasukkan yang cukup signifikan sekaligus dapat menjadi ladang usaha bagi peternak maupun peluang usaha bagi orang lain.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon