Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Sabtu, 16 September 2017

Cara Membuat Kandang Bebek Yang Sederhana

Cara Membuat Kandang Bebek Yang Sederhana - Saat ini banyak dari masyarakat Indonesia memiliki gagasan dengan mulai berbisnis bebek petelur. Banyak juga dari mereka yang telah mencoba dan menjadi pebisnis besar melalui bebek petelur. Bebek petelur seolah menjadi primadona bisnis yang cukup menguntungkan di Indonesia, selain banyak kelebihan yang didapatkan, bebek petelur juga merupakan unggas yang memiliki ketahanan yang baik dan mampu hiduyp dalam dua alam, yakni di darat dan di air. Sebenarnya untuk memulai beternak bebek petelur, alangkah baiknya untuk mencoba membangun kandang yang kokoh, bersih, dan tahan lama.





Lalu, bagaimana tips dalam membuat kandang bebek agar kuat dan tahan lama?
Tahapan yang paling utama dalam konsepsi membuat kandang bebek petelur adalah membuat kandang dengan pondasi yang kokoh dan tahan banting serta awet. Gagasan ini perlu didorong dengan modal yang perlu dikeluarkan untuk membeli bahan – bahan dasar. Dimulai dari pondasi lantainya, sebenarnya lantai atau permukaan kandang perlu dibuat sekokoh mungkin karena digunakan untuk menahan beban dari ternak yang anda miliki. Upayakan pemilihan tempat kandang memiliki permukaan tanah yang rata dan tidak mudah basah atau becek. Hal ini memungkinkan pondasi permukaan kandang lebih kokoh dalam menampung beban ternak. Tipsnya, permukaan kandang dapat menggunakan tanah liat yang tidak mudah becek atau tanah liat, dapat pula ditambahkan dengan jerami maupun pasir sebagai pelapisnya agar lebih awet.

Setelah permukaan kandang dibuat sebaik mungkin dengan memanfaatkan kondisi permukaan tanah, anda perlu untuk membuat dinding kandang dan atap kandang yang tahan banting dan tahan lama. Dinding yang kuat dapat menggunakan kawat, bisa juga menggunakan bambu, papan, dan nilon. Dinding diperlukan sebagai pelindung bagi kandang dan ternak agar tidak secara langsung terkena hujan ataupun sengatan terik matahari. Begitupun dengan atap kandang. Anda dapat membuat atap kandang yang awet dengan menggunakan material berupa seng, asbes, genting maupun bambu.

Apakah kandang yang awet dan tahan lama juga baik bagi ternak?
Sebenarnya belum tentu kandang yang kokoh dan tahan lama baik juga bagi ternak. Meskipun bebek petelur merupakan unggas yang memiliki ketahanan bukan berarti peternak dapat sesuka hati dalam memelihara bebeknya, peternak juga perlu memperhatikan segala aktivitas dan kondisi hewan ternaknya, mulai dari pakan, kandang/papan, dan kegiatan bebek tersebut. Disini anda dapat menemukan tips yang baik dan benar membuat kandang bagi ternak anda.

Upayakan kandang bebek petelur dibuat agar selalu kering. Tips tersebut bermakna bahwa sebaiknya anda membuat kandang dengan konsep selalu kering untuk mengurangi kadar kelembaban pada kandang. Dalam hal ini memang menjadi dilema bagi para peternak bahwa bebek juga merupakan unggas yang dapat hidup di darat dan di air. Sehingga biasanya peternak dominan membuatkan kandang sekaligus dengan kolamnya maupun kandang yang memiliki jarak tidak jauh dengan lokasi mata air. Biasanya bebek sering menggunakan air untuk berenang dan mencari makanan. Kelembaban kandang sangat signifikan dalam mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ternak bebek petelur. Apabila kandang terlalu lembab maka akan membuat ketahanan tubuh bebek melemah yang mengakibatkan kerontokan pada bulu dan menurunkan kualitas produksi telurnya. Usahakan membuat kandang dengan menggunakan semen agar lebih awet dan tidak lembab, meskipun perlu modal yang besar dalam membuatnya. Tapi anda juga dapat membuatnya dengan tanah liat agar lebih modal yang dikeluarkan lebih tidak besar.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon